28 December 2016

Apakah Marketing Plan Itu ?

Bisnis, Marketing Plan

Marketing Plan adalah Rencana Pengembangan Usaha sebuah perusahaan yang menjelaskan pembagian keuntungan dari hasil penjualan atau sales antara perusahaan tersebut dengan mitra usahanya, mitra usaha adalah bagian external dari perusahaan seperti rekanan, atau distributor diluar perusahaan.

Semua perusahaan profesional pasti memiliki Marketing plan yang jelas untuk semua mitra usaha atau rekanan bisnisnya, biasanya Marketing Plan berisi tentang keterangan lengkap perhitungan komisi dan bonus yang dapat diperoleh semua mitra usaha dan rekanan, besar kecilnya pembagian keuntungan dan bonus dalam Marketing Plan di tentukan oleh perusaan yang menerbitkannya, pastinya semua itu di buat berdasarkan perhitungan matang yang saling menguntungkan antara perusahaan dan mitra usahanya atau rekananya.

Istilah Marketing Plan lebih banyak di kenal dalam bisnis MLM atau DS (Multi Level Marketing / Direct Selling), sejak awal MLM / DS berkembang pesat di Indonesia Marketing Plan menjadi nilai jual perusahaan agar lebih diminati oleh masyarakat sehingga mereka berminat untuk bergabung dan menjalankan Marketing Plan tersebut.

Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin canggih dalam dunia Marketing, Marketing Plan juga banyak di gunakan oleh perusahaan-perusahaan konvensional, terutama perusahaan yang menerapkan strategi Marketing dengan melibatkan profesional marketing Independent Offline atau Online di luar perusahaan.

Berikut adalah beberapa bagian isi dari Marketing Plan secara Umum.
  1. Marketing Plan biasanya berisi Persentasi keuntungan langsung, keuntungan langsung adalah selisih antara harga perusahaan dengan harga jual kepada konsumen. Keuntungan langsung yang di berikan perusahaan sangat beragam yaitu antara 5% hingga 10%.
  2. Marketing Plan juga berisi bonus atau Komisi Rabat, Komisi Rabat adalah Komisi yang dibagikan oleh perusahaan kepada mitra usahanya berdasarkan omset penjualan selama satu minggu, satu bulan atau satu tahun, semua tergantung pada kebijakan perusahaan. Komisi Rabat yang di berikan juga tergantung pada nilai abat dari sebuah produk yang di patok  oleh perusahaan pemilik produk, misalnya jika sebuah produk kosmetik memiliki harga perusahaan 100.000, maka nilai rabat dari produk tersebut paling maksimal adalah 50% dari harga perusahaan yaitu 50.000, jika perusahaan membagikan tambahan komisi berupa komisi rabat sebesar 5% misalnya, maka mitra usaha berhak mendapatkan Komisi Rabat sebesar 5% X 50,000 yaitu 25.000.
  3. Ada juga beberapa perusahaan memasukkan Komisi Progresif di dalam Marketing Plannya, Komisi Progresif itu sendiri adalah Komisi yang di bagikan oleh perusahaan berdasarkan omset nasional yang di bagikan berdasarkan persyaratan khusus dari omset penjualan group dari mitra usahanya, yang mutlak berhak mendapatkan Komisi Progresif adalah Independent Marketing yang bukan hanya pandai menjual untuk sales pribadi tetapi juga pandai melakukan pengembangan pasar Melalui Network Pemasaran yang memberi kontribusi kepada perusahaan. Ketentuan pembagian besar atau kecilnya Komisi Progresif ini diatur oleh perusahaan yang membuatnya.
  4. Marketing Plan juga di isi dengan penjelasan Komisi Pengembangan Jaringan Atau Network atau Group, Komisi inilah yang banyak di gemari oleh para Marketing Profesional Independent sebab komisi ini adalah seperti pembagian komisi royalti dari pembagian keuntungan perusahaan dengan Mitra usahanya berdasarkan omset Nasional dan Omset penjualan Mitra Usaha secara pribadi dan group pemasaran yang dimiliki oleh Mitra usahanya tersebut.
  5. Marketing Plan Juga berisi Extra Bonus yang di tawarkan oleh perusahaan berupa kendaraan (Motor / Mobil), Rumah, Perjalanan Luar Negeri, Perjalanan Ibadah Dan lain-lain, Komisi extra bonus juga pasti berdasarkan omset pemasaran dalam pembagiannya, semua kembali lagi perusahaanlah yang menentukannya.
Marketing Plan dalam sebuah perusahaan saat ini sangat di perlukan sebagai daya tarik bagi semua tenaga marketing profesional independent, karena marketing plan ini menurut mereka merupakan penyemangat dalam bermitra dengan perusahaan, semakin menarik Marketing Plan maka semakin diminati pula perusahaannya.

Terima Kasih, semoga penjelasan singkat tentang Marketing Plan ini dapat bermanfaat dan salam sukses selalu.
Depok Bisnis Info.


0 komentar:

Post a comment