4 December 2016

Apakah Spekulasi Dalam Bisnis Di Benarkan ?

Bisnis, Spekulasi, Spekulasi Bisnis

Apakah spekulasi dalam bisnis ? spekulasi dalam bisnis adalah sebuah tindakan yang mengandalkan intuisi seorang pebisnis dalam pengambilan keputusan untuk melakukan sebuah terobosan yang beresiko. Dalam berbisnis kita sering dihadapkan pada sebuah keadaan yang mengharuskan kita untuk melakukan spekulasi, sebenarnya langkah spekulasi boleh-boleh saja asalkan, spekulasi yang akan di lakukan harus jelas resikonya jika spekulasi yang akan di lakukan ternyata tidak memuaskan hasilnya.

Dalam melakukan bisnis ada 2 cara yang menjadi acuan dalam mengambil sebuah keputusan diantaranya adalah :
  1. Keputusan yang di ambil berdasarkan pengetahuan dan teori dalam bisnis. 
  2. Keputusan yang di ambil berdasarkan spekulasi.
Mari kita bahas lebih dalam tentang cara pengambilan keputusan diatas.
1. Keputusan berdasarkan pengetahuan dan teori dalam bisnis.
Adalah sebuah keputusan yang diambil berdasarkan pengetahuan dan literatur berdasarkan pengalaman yang di bukukan atau wawasan bisnis yang di bakukan oleh para ahli dalam mengambil keputusaan penting untuk sebuah terobosan.

2. Keputusan berdasarkan spekulasi.
Adalah keputusan yang diambil di luar dari pada teori berbisnis dan pengalaman seorang pebisnis sukses yang di bukukan sebagai acuan pengambillan keputusan, langkah pengambilan keputusan spekulasi lebih mendekati dengan pengambilan keputusan Gambling (mempertaruhkan sesuatu untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik atau lebih besar) dalam konotasi positif.


Beberapa langkah penting yang harus di perhatikan untuk mengambil langkah spekulasi dalam bisnis adalah :

  1. Lakukanlah kajian lebih dalam peluang keberhasilan dari langkah spekulasi yang akan di ambil.
  2. Buatlah Team khusus untuk memaksimalkan langkah spekulasi yang dinilai lebih banyak mengandung resiko tinggi.
  3. Jangan ragu untuk mengambil langkah spekulasi, sebab keraguan akan membuat pengaruh terhadap tindakan yang akan di ambil dalam menerapkan spekulasi yang akan di jalankan.
  4. Buat sebuah rencana recovery yang benar terhadap resiko kegagalan dari langkah spekulasi yang akan dilakukan.
Sebuah keputusan untuk melakukan langkah spekulasi sebenarnya sering di lakukan jika kita berbisnis, hampir semua bagian dari bisnis merupakan sebuah tindakan yang masih samar apa yang akan di hasilkan dan itu adalah spekulasi, itulah bisnis, resiko dalam bisnis adalah akibat dari keputusan untuk melakukan spekulasi, walaupun demikian  banyak juga spekulasi dalam bisnis menciptakan keberhasilan, maka janganlah takut untuk melakukan spekulasi yang dinilai perlu untuk kemajuan dan perkembangan bisnis yang sedang kita jalankan. 

Berikut adalah beberapa jenis spekulasi yang sering di lakukan oleh banyak pebisnis dengan berbagai tujuan.

1. Spekulasi Uang.
Langkah spekulasi uang adalah sebuah langkah beresiko yang di lakukan oleh seorang pelaku bisnis dengan menjadikan uang sebagai baggian dari langkah spekulasi dalam langkah bisnis, seperti contoh meminjam uang di Bank untuk membantu membiayai sebuah proyek dengan nilai yang cukup besar.

2. Spekulasi Aset.
Langkah spekulasi aset adalah sebuah langkah spekulasi yang di lakukan dengan mempertaruhkan aset perusahaan dalam melakukan langkah spekulasi. Contoh menjual aset perusahaan sebagai tambahan modal dalam mendukung upaya spekulasi dalam bisnis yang di jalankan.

Apapun jenis spekulasi yang di rasa perlu untuk di lakukan dalam menjalankan bisnis dengan tujuan sebuah kemajuan maka, lakukanlah dengan penuh keyakinan dan keberanian serta pahami betul segala resiko yang akan di akibatkan dari langkah spekulasi yang akan di lakukan, karena dengan memahami resiko yang akan ditanggung dari langkah spekulasi itu, kita akan membuat sebuah langkah untuk meminimalkan resiko yang akan di alami jika spekulasi tidak berjalan sesuai harapan.

Terima kasih.
Semoga bermanfaat dan salam sukses untuk kita semua.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment