28 December 2016

Berikut Adalah Arti Follow Up Dan Cara Melakukannya

Bisnis, Follow Up

Buat temen-temen yang belum tahu apa itu Follow Up, berikut adalah arti simpel dari Follow Up, Follow Up artinya tindak lanjut, sebuah langkah yang di lakukan setelah presentasi, setelah mengenalkan bisnis atau produk kepada orang lain biasanya langkah selanjutnya yang harus di lakuan adalah Follow Up.

Praktek Follow Up sederhana adalah menanyakan kembali kepada klien atau calon pembeli tentang presentasi atau pengenalan bisnis atau produk yang telah di lakukan, tujuannya adalah agar kita mendapat jawaban langsung dari calon prospek atau pelanggan bisnis kita dari apa yang di tawarkan kepada mereka, apa jawaban dan tanggapan mereka dari peluang atau produk yang telah kita presentasikan tersebut.


Diharapkan hasil dari Follow Up langsung terjawab, apa yang di inginkan oleh calon prospek setelah presentasi, apakah jawaban mereka "Iya" atau "Tidak".

Langkah Follow Up itu sendiri dapat di lakukan dengan beberapa cara diantaranya adalah:
  1. Melalui Telepon.
  2. Melalui SMS atau Email.
  3. Melalui Pertemuan Langsung.
Dari ketiga cara Follow Up Diatas yang paling efektif dalam melakukan Follow Up adalah dengan pertemuan langsung, sebab berkunjung dan bertemu langsung memiliki nuansa berbeda, lebih akrab dan lebih santai, saat bertemu secara langsung dengan calon prospek akan terjalin pembicaraan yang lebih menarik dan peluang untuk diterima jauh lebih besar.


Jadi sekarang kita tahu mengapa Follow Up itu penting, tujuannya adalah agar kita segera mendapat jawaban pasti dari apa yang kita tawarkan, melakukan Follow Up harus cepat setelah pelaksanaan presentasi, minimal 2 atau 3 hari setelah presentasi.


Dalam melakukan langkah Follow Up buanglah perasaan tidak enak pada calon prospek, sebab perasaan seperti itu sebuah kerugian, kita akan mengalami rasa malas untuk melakukan langkah Follow  Up dengan banyak alasan yang sebenarnya merupakan perasaan kita sendiri, seperti takut di katakan cerewet atau perasaan lainnya.

Closing yang sukses lebih banyak terjadi karena Follow Up, rajinnya kita selalu melakukan Follow Up kepada calon prospek menjadi penyebab utamanya.

Dalam Berbisnis, jika Follow Up tidak di lakukan maka ada kemungkinan presentasi yang telah kita kerjakan akan di manfaatkan oleh orang lain, dan akhirnya calon prospek kita akan memilih orang lain karena sulit mencari kita setelah presentasi. Ini adalah sebuah kerugian untuk kita, maka ingatlah Follow Up penting untuk segera di lakukan, sebab yang memiliki bisnis seperti kita itu banyak dan semua bersaing.

Teman-teman bisnis yang luar biasa, Follow Up dapat menghasilkan jawaban yang memuaskan jika di lakukan melaui cara yang tepat, karena itu mengatur jadwal untuk bertemu kembali dengan calon prospek setelah presentasi untuk tujuan melakukan Follow Up.

Dalam melakukan Follow Up, kita tidak harus menerangkan secara detil lagi seperti presentasi, cukup tanyakan dengan sopan baik secara lisan atau tertulis dengan bahasa yang ringan dan menyenangkan, jangan gunakan bahasa yang agak memaksa pada saat Follow Up, lakukanlah pembicaraan yang santai terlebih dahulu sebelum masuk pada topik inti yaitu Follow Up.


Timing yang tepat dalam melakukan Follow Up juga berpengaruh terhadap hasil yang akan di dapatkan, maka pilihlah waktu santai yang tepat untuk calon prospek anda untuk di Follow Up.

Saat mendengar jawaban dari calon prospek saat Follow Up kita harus cerdas dalam memberi jawaban yang masih dianggap kendala oleh mereka, saat itulah anda harus mampu memberikan solusi yang tepat kepada mereka, kadang keraguan calon prospek untuk mengatakan "Iya" pasti memiliki alasan tersendiri, karena itu cobala kita gali lebih dalam agar kita dapat memberikan solusi dari keraguan mereka itu.

Nah... teman-teman demikian langkah Follow Up dan pentingnya manfaat Follow Up Dalam Bisnis, semoga bermanfaat dan salam sukses selalu.

Depok Bisnis Info.





0 komentar:

Post a comment