14 December 2016

Cara Bisnis Warung Sembako

Warung sembako adalah bisnis yang dapat di lakukan di rumah atau pada suatu tempat di sebuah lokasi strategis, biasanya warung sembako sesuai dengan namanya menjual segala kebutuhan penting rumah tangga atau kebutuhan sehari-hari, semabako adalah singkatan dari sembilan bahan pokok, yang termasuk kategori sembako adalah : Beras/sagu/jagung, Gula pasir, Sayuran dan Buah-buahan, Daging Sapi, Ayam Dan Ikan, Minyak Goreng dan Margarin, Susu, Telur, Minyak Tanah Dan Gas Elpiji, Garam.

Semua kebutuhan utama tersebut harus ada dan lengkap pada sebuah warung sembako, sedangkan produk dan barang lainnya yang di jual pada sebuah warung sembako adalah kebutuhan pelengkap yang juga tidak boleh terlupakan untuk di sediakan, semakin banyak dan lengkap sebuah warung dalam menyediakan segala kebutuhan sehari-hari, maka warung tersebut akan mungkin lebih ramai di kunjungi pembeli.

Memulai berjualan sembako modal yang diperlukan sangat fleksibel, tidak diharuskan memulai berjualan dengan modal yang terlalu besar, tetapi jika anda memiliki kemampuan modal yang lebih besar itu lebih baik.

Modal yang diperlukan untuk memulai warung sembako berkisar antara 5.000.000 IDR hingga 10.000.000 IDR ke atas. Modal tersebut diperlukan untuk beberapa keperluan, diantaranya adalah :
  • Untuk membeli peralatan warung sembako, seperti : Etalase, Meja, showcase minuman dingin, freezer ice cream, tempat dan wadah beras, Tabung Gas Elpiji 3 KG, Botol Galon air minum, timbangan dan peralatan pelengkap warung lainnya yang sangat di butuhkan.
  • Untuk melengkapi stok barang sembako yang akan di jual.
  • Asesoris warung tambahan seperti, penerangan dan kanopi atau penutup warung agar warung terlindung dari cuaca panas dan hujan.
Membuat perencanaan yang matang dalam memulai warung sembako harus tetap di lakukan, sebab walaupun warung sembako mudah untuk di jalankan, tetapi persiapan yang matang merupakan penunjang sukses dalam menjalankan bisnis warung sembako, berikut adalah beberapa tips dalam merencanakan membuka warung sembako agar memberikan hasil yang sesuai harapan.

1. Menentukan lokasi warung.
Warung harus berada pada lokasi yang strategis atau minimal berada dekat dengan keramaian, peluang warung yang akan ramai dan diminati pembeli adalah warung yang memiliki lokasi strategis dan ramai, seperti berada pada pinggir jalan, berada dalam komplek perumahan atau warung berada pada pemukiman padat, warung yang dibuka dekat perkantoran atau pertokoan yang ramai. 

Jika anda memiliki kelebihan dana awal atau modal awal, maka anda dapat sewa tempat pada lokasi yang strategis sesuai pilihan untuk warung yang akan di buka, tapi jika modal awal yang dimiliki terbatas, maka anda harus memilih tempat jualan yang tepat dengan harga terjangkau dan tetap representatif.


2. Dekorasi Pada Warung.
Melakukan beberapa persiapan pada bangunan di lokasi yang telah ditentukan juga penting sebelum memulai berjualan, tempat yang nyaman walupun sederhana dapat menjadi magnet untuk pembeli, maka lakukanlah beberapa renovasi yang sesuai.

Bangunan harus terlihat dan tidak terhalang dari sisi manapun, artinya lokasi berjualan harus bebas dan dapat dilihat dari semua arah, tujuannya adalah agar barang dagangan yang akan dipajang pada warung tersebut dapat terlihat dengan mudah oleh pembeli.

Untuk menambah kenyamanan berbelanja, anda juga dapat membuat warung milik anda itu sejuk dan nyaman, hal ini dapat dilakukan dengan menambahkan kanopi atau penutup terpal pada bagian atas agar warung lebih sejuk dan terhindar dari matahari langsung dan hujan.

Lakukanlah pembenahan dengan baik pada bagunan warung milik anda itu, buatlah beberapa gantungan untuk meletakkan beberapa contoh produk yang memang biasa di gantung dalam memajangnya dan beberapa tempat produk lain yang biasanya disediakan dalam warung sembako.

3. Stok Barang atau produk Yang akan di jual.
Untuk berbelanja stok produk yang akan di jual, anda dapat membeli di beberapa grosir besar yang memang menyediakan berbagai produk kebutuhan berjualan sembako, Mengapa harus belanja di Grosir Besar ? 

Karena harga yang diberikan oleh Grosir besar adalah harga pembelian untuk para pedagang (harga untuk di jual kembali) bukan harga ecer untuk konsumen. Grosir besar akan memberikan beberapa harga yang berbeda untuk para pedagang, yaitu pembelian per buah dan pembelian per karton atau perkardus, maksudnya harga suatu barang yang dibeli perkarton pasti akan jauh lebih murah dibandingkan membeli satuan, ini adalah perbedaan yang wajar dan sudah biasa di lakukan oleh para agen besar.

Penyediaan stok dagangan yang lengkap juga sangat penting untuk warung agar ramai di kunjungi pembeli, maka stoklah produk yang lengkap untuk warung anda, sediakan semua barang yang sangat diminati dan dicari pembeli, pada bagian ini anda dapat bertanya pada grosir yang akan anda kunjungi untuk berbelanja stok barang, atau anda juga dapat membuat daftar produk yang akan dibeli sebelumnya di rumah.

4. Menjual produk dengan harga yang tepat.
Harga jual produk sembako adalah harga jual yang standar, artinya semua harga memiliki patokan harga jual yang seragam, jangan jual produk dengan harga yang terlalu mahal atau terlalu murah, ikuti saja harga pasaran yang ada. Harga jual produk yang benar bisa anda tanyakan di grosir tempat anda berbelanja.

5. Mengolah keuntungan sedikit dengan matematika sederhana.
Keuntungan menjual sembako tidaklah terlalu besar, karena itu kuantitas pembeli sangat di perlukan demi kelancaran usaha warung sembako, setiap produk yang di jual biasanya memberikan keuntungan antara 500 IDR hingga maksimal 2.000 IDR saja. Karena keuntungan yang kecil seperti ini, penting untuk melakukan pengaturan keuangan pendapatan dengan benar agar warung berjalan semestinya.

Bagi anda yang akan memulai bisnis warung sembako dan belum memiliki beberapa perlengkapan warung untuk memulai, berikut ada beberapa rekomendasi perlengkapan warung sembako murah yang mungkin bermanfaat untuk anda.

1. Etalase Bekas Murah.

Bisnis, Warung, Bisnis Warung, Warung sembako

Etalase ini adalah etalase bekas warung yang d jual pemiliknya, ukuran dari etalse ini adalah 2.5 m x 1.5 m, bahan dari alumunium dan kaca (bahan umum etalase). Kondisi sangat bagus karena tidak ada sedikitpun kaca yang pecah (90 %), semua pintu geser pada etalase bekerja dengan baik, jika anda berminat etalase ini di bandrol dengan harga 700.000 IDR. Harga baru di pasaran untuk ukuran etalase yang sama berkisar 900.000 hingga 1.000.000 IDR, maka anda dapat berhemat.

2. Lang Rokok atau Etalase Khusus Rokok.

Bisnis, Warung, Bisnis Warung, Warung sembako

Etalase Rokok atau lang rokok adalah tempat untuk memajang rokok, tujuannya agar lebih mudah terlihat oleh pembeli, di dalam lang rokok anda dapat menyimpan berbagai merek dagangan rokok yang umum di beli oleh pembeli, ukuran lang rokok ini yaitu 0.5 m x 0.5 m (kurang lebih), lang rokok pada gambar di jual dengan harga 150.000 saja, kondisi masih bagus, kaca pada bagian depan tidak ada yang pecah, cuma pada bagian pintu geser belakang pecah satu dan telah dilepas.

3. Freezer.

Bisnis, Warung, Bisnis Warung, Warung sembako

Freezer adalah perlengkapan warung yang sangat berguna untuk menyimpan eskrim atau beberapa produk lainnya seperti nuget, daging, ikan dan ayam, freezer di atas di jual dengan harga 1.250.000 IDR saja, kondisi sangat bagus dan dingin, hanya cat pada bagian atas yang telah terkupas, pada bagian dan fungsi penting lainnya tidak ada masalah, freezer jenis ini jika anda membeli baru harganya kisaran 1.800.000 IDR hingga 2.000.000 IDR.

4. Show Case Minuman Dingin.


Bisnis, Warung, Bisnis Warung, Warung sembako

Show Case minuman dingi adalah kelengkapan warung berikutnya yang juga sangat penting, biasanya show case banyak digunakan untuk memajang berbagai minuman yang akan dijual dalam kondisi dingin (tidak beku), beberapa pembeli lebih berminat untuk membeli minuman dalam kondisi dingin, itulah sebabnya show case menjadi penting untuk di miliki, jika anda berminat untuk membeli, show case sesuai gambar di atas di jual dengan harga 2.500.000, konsisi sangat bagus, semua fungsi pendinginan berjalan dengan baik, pintu kaca pada show case sangat rapat dan menempel dengan kuat, sehingga udara pendingin di dalam show case maksimal.

Show case tersebut bermerk Toshiba Glacio, dengan jumlah rak dalam show case sebanyak 3 buah rak, harga baru dari show case dengan tipe ini adalah 3.500.000 IDR, jika anda berminat maka anda dapat menghemat.

5. Botol Galon Aqua.

Bisnis, Warung, Bisnis Warung, Warung sembako

Galon aqua juga peralatan penting yang harus ada dalam warung sembako, sebab kebutuhan akan air minum yang cepat dan sehat banyak di butuhkan oleh pelanggan warung, jika anda belum memiliki stok botol aqua galon, anda dapat membelinya seperti pada gambar, ada 9 botol aqua galon yang di jual, harganya 30.000 IDR perbuah, total ada 9 botol.

6. Tabung Gas Elpiji 3 Kg.

Bisnis, Warung, Bisnis Warung, Warung sembako

Tbung Gas Elpiji 3 Kg adalah perlengkapan penting warung yang harus di miliki, sebab kebutuhan akan Gas elpiji 3kg semakin meningkat, juga menjual Gas Elpiji 3 Kg pada warung sembako dapat memberikan untung yang lumayan, setiap tabung isi yang di jual keuntungan yang di peroleh dari setiap tabung adalah 2000 hingga 3000 IDR.

Jika anda belum memiliki tagung Gas elpiji 3 KG, gambar di atas adalah contoh tabung gas elpiji 3kg yang di jual, kondisi bagus dan tidak bocor, jumlahnya ada 9 tabung, dijual dengan harga 135.000 pertabung, jika membeli baru dengan isi biasanya harga berkisar 150.000 hingga 165.000 pertabung.

6. Kanopi Spandek Untuk Warung.

Bisnis, Warung, Bisnis Warung, Warung sembako

Kanopi yang berfungsi melindungi warung dari panas dan hujan juga harus di miliki sebagai kelengkapan warung, kanopi seperti gambar diatas di jual murah, mungkin anda berminat untuk membelinya, terbuat dari bahan spandek berkualitas dan tiang menggunakan besi kuat dengan diameter tebal, ukuran 4 m x 6 m, harga yang di tawarkan penjualnya adalah 2.500.000 IDR, diluar harga bongkar dan ongkos angkut, harga baru untuk kanopi tipe seperti gambar di atas adalah 400.000 hingga 450.000 IDR per meternya, jika anda berminat maka anda banyak menghemat dengan membeli kanopi ini. Kanopi ini bekas tapi kondisinya masih sangat bagus dan tidak ada yang bocor.

Jika anda berminat untuk membeli maka anda dapat langsung menghubungi no telp di bawah ini 087875145940.

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu untuk anda.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment