6 December 2016

Panduan Lengkap Bisnis Kuliner

Bisnis, Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner adalah bisnis yang memiliki prospek sangat hebat dengan keuntungan cukup menggiurkan, bahkan bisnis kuliner jarang sekali mengalami penurunan omset walupun di tengah krisis, alasannya simpel dan sederhana, walaupun krisis kebutuhan akan makanan tetap menjadi kebutuhan pokok. Bisnis kuliner juga tidak terlalu sulit untuk di mulai, jika anda memiliki beberapa modal walaupun anda tidak memiliki keahlian untuk meracik makanan, anda tetap bisa menjalankan bisnis kuliner, caranya adalah lakukanlah kerja sama dengan beberapa orang yang memiliki kepandaian meracik makanan untuk bisnis kuliner anda (Chef). Bentuk kerja sama dapat anda lakukan dengan seorang chef berpengalaman dengan sistem pembagian keuntungan atau sistem gaji yang layak sesuai kesepakatan.

Berikut adalah beberapa langkah yang harus di lakukan ketika akan membuka bisnis kuliner.

1. Temukan Chef Yang Tepat.
Memilih Chef untuk bisnis kuliner anda saat ini menurut saya tidak terlalu sulit, jika anda benar-benar mau memberikan pembagian keuntungan yang sesuai dengan keahlian yang mereka miliki, lakukanlah beberapa seleksi ketat dalam memilik chef yang akan anda andalkan, setelah berhasil mendapatkan chef yang sesuai kebutuhan untuk bisnis kuliner anda, lalu lakukanlaah sinkronisasi konsep bisnis kuliner yang akan anda buat tersebut, pada langkah ini lakukanlah dengan sangat teliti agar chef anda paham betul konsep bisnis kuliner yang anda inginkan, lalu mintalah beberapa saran dari chef tersebut makanan apa yang paling cocok dengan konsep bisnis kuliner yang akan anda buat, setelah semua selesai barulah anda melanjutkan langkah berikutnya.

2. Tentukan Lokasi yang tepat.
Lokasi yang tepat bukan hanya berada pada sebuah keramaian saja, tetapi anda juga harus memperhatikan situasi jalan dan transportasi menuju lokasi target yang akan di jadikan tempat bisnis kuliner anda tersebut. Lokasi yang ramai tetapi sulit untuk di jangkau pasti akan merugikan di kemudian hari atau lokasi strategis tetapi jarang transportasi yang melewati lokasi itu (sepi) juga akan sangat merugikan untuk jangka panjang.

Dalam menentukan lokasi yang tepat untuk bisnis kuliner, pertimbangan yang boleh juga menjadi perhatian adalah lokasi yang dekat dengan beberapa perkantoran, perumahan atau apartement.

Setelah menemukan lokasi yang tepat, lalu lakukanlah sinkronisasi dengan konsep bisnis kuliner yang akan anda buka, langkah sinkronisasi tempat juga penting, tujuannya adalah agar makanan dan tempat bisnis kuliner anda benar-benar sesuai dengan konsep yang di inginkan.

Bisnis, Bisnis Kuliner

Dekorasi untuk interior dan exterior untuk bisnis kuliner yang akan dibuka juga harus anda lakukan, tetapi ada beberapa tips yang harus anda ketahui dalam melakukan langkah dekorasi pada tempat bisnis kuliner milik anda itu, yaitu janganlah membuat dekorasi terlalu rumit, apalagi dekorasi yang terlihat atau menimbulkan image atau kesan bisnis kuliner tersebut terlihat mahal, kadang dekorasi yang terlalu elegan cukup mempengaruhi konsumen yang melihatnya ketika melintas melewati tempat bisnis kuliner anda, karena itu hindarilah membangun atau mendekorasi tempat bisnis kuliner yang menimbulkan image mahal atau terlalu exlusif.

Masyarakat sekarang lebih menyukai sesuatu yang berbau natural dan sederhana tetapi tetap elegan, saya yakin anda mengerti gambaran yang saya berikan melalui tulisan ini bagaimana cara membuat dekorasi yang baik sehingga merangsang mereka yang melihatnya untuk mampir ke tempat bisnis kuliner anda.

3. Tempat makan yang nyaman.

Bisnis, Bisnis Kuliner

Setelah melakukan dekorasi pada exterior yang menarik dan sederhana tetapi tetap elegan, yang tidak kalah penting untuk di benahi adalah design interior, pada bagian ini juga harus di buat dengan perhatian penuh, sebab penataan yang benar dan sesuai dengan konsep pasti akan membuat betah konsumen untuk berlama-lama nongkrong di tempat anda.

4. Miliki Fasilitas lengkap penunjang kenyamanan.

Bisnis, Bisnis Kuliner

Saat ini konsumen yang datang ke sebuah bisnis kuliner kadang bukan hanya semata-mata bertujuan mencari makanan enak saja, kadang fasilitas yang lengkap juga menjadi pilihan konsumen untuk datang ketempat anda, maka untuk memaksimalkan tujuan itu lengkapilah berbagai fasilitas tambahan yang membuat nyaman pengunjung atau konsumen yang akan makan di tempat anda itu, dengan menambahkan hiburan di dalam tempat bisnis kuliner anda atau tempat berkumpul santai dan tempat berkumpul resmi yang terpisah.


Fasilitas tempat bermain anak juga harus di pikirkan untuk dibuat, sebab biasanya konsumen yang datang untuk makan juga akan membawa semua anggota keluarganya, memanjakan anak-anak pelangan dengan berbagai fasilitas bermain juga langkah jitu dalam menggaet konsumen lebih banyak.

5. Miliki menu makanan lezat, unik dan menggugah selera.
Makanan dalam bisnis kuliner adalah bagian utama yang sangat penting, walaupun anda memiliki tempat yang nyaman dan menarik dengan fasilitas yang lengkap, tetap pelanggan atau konsumen tidak akan datang kembali, jika makanan yang disajika tidak memiliki kelezatan dan menggugah selera, mereka akan kapok dan akhirnya tidak akan kembali lagi, jika ini terjadi maka anda akan mengalami kebangkrutan dalam waktu singkat, sekali lagi makanan yang unik, lezat dan menggugah selera adalah ujung tombak dalam memberikan kesan bahwa bisnis kuliner yang anda miliki benar-benar sempurna.

6. Miliki staf waiters atau pelayan yang sigap, cekatan dan ramah.
Bagian ini juga sangat penting dalam menunjang sukses bisnis kuliner yang akan anda buka, karena itu lakukanlah seleksi yang ketat dalam menerima tenaga pekerja atau staf untuk bisnis kuliner anda, utamakanlah mereka yang memiliki kepribadian yang baik, berpengalaman, setelah anda berhasil memiliki staf yang sesuai dengan kriteria, berikanlah gaji yang sesuai, sebab gaji yang sesuai juga sangat mempengaruhi kinerja dari staf yang anda miliki dalam bisnis kuliner tersebut.

Demikianlah panduan lengkap bisnis kuliner yang dapat saya bagikan melalui artikel ini, semoga bermanfaat dan silahkan berkreasi lebih luas lagi untuk bisnis kuliner yang akan anda buka, semoga bermanfaat dan salam sukses selalu.

Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment