18 December 2016

Produk Branded Dan Efek Yang Ditimbulkannya Terhadap Konsumen

Bisnis, Brand, Branded, Produk Branded

Apakah Produk Brandit itu ? Produk Branded adalah produk yang memiliki kualitas dan mutu terbaik, sehingga produk tersebut disukai oleh masyarakat luas, bahkan beberapa produk branded sengaja di buat secara exlusive dengan jumlah terbatas, inilah yang berakibat pada harga yang ditawarkan untuk memiliki sebuah produk branded harus merogoh kocek lebih dalam.Sistem pemasaran beberapa perusahaan besar di Dunia telah banyak menerapkannya dan ternyata memproduksi produk branded dengan jumlah exlisive masih dapat diandalkan dalam mendongkrak omset dan brand perusahaan itu sendiri.

Produk Branded yang dibandrol dengan harga selangit oleh perusahaan yang memproduksinya seperti : D & G, GUCCI, ARMANI, CalvinKlein, Vercase, CHANEL, BOSS, PRADA dan lainnya ternyata memberikan dorongan kuat untuk masyarakat dalam memiliki Brand yang sangat exlisive itu, terbukti banyak masyarakat yang tidak mampu sekalipun untuk membeli produk yang asli tetap ingin memiliki produk branded tersebut dengan berbagai macam cara, ada yang berusaha menabung hingga keinginannya dapat terpenuhi ada juga  beberapa masyarakat yang membeli beberapa produk Branded aspal atau KW.

Keinginan dan minat yang besar terhadap produk branded sebenarnya lebih condong pada tujuan gaya hidup ketimbang kebutuhan, walaupun produk merk terkenal atau branded memiliki kualitas yang sangat memuaskan, tetap masyarakat lebih mengutamakan menukai merk atau brandnya ketimbang kualitas dari produk itu sendiri.

Hal inilah yang menjadi terbukanya sebuah peluang yang besar untuk beberapa produsen dalam mengeruk keuntungan besar, mereka banyak membuat produk dengan brand ternama dan terjangkau masyarakay luas, sehingga produk yang mereka buat walaupun aspal dan memiliki kualitas jauh dari produk aslinya tetap bisa mendapat keuntungan besar dengan mendompleng ketenaran dari sebuah brand ternama.

Apakah langkah ini legal ?
Tentu saja langkah ini adalah Ilegal dan di larang, sebab UU hak cipta dan UU perdagangan telah mengatur beberapa aturan tentanng ini. Tapi praktek ini tetap sulit untuk di berantas, karena antara konsumen yang meminati produk KW dengan produsen masih sangat terkait dengan kuat, produsen tetap memproduksi produk Ilegal tersebut karena permintaan dari konsumen masih sangat tinggi.

Siapa sajakah yang akan di rugikan jika praktek ini terus berlangsung ?

  • Produsen Asli dari produk branded lebih banyak di rugikan, mereka akan kehilangan kesan exlusive yang telah susah payang di bangun oleh produsen sendiri, walapun kerugian yang akan di alami oleh produsen asli tidak terlalu besar, tetapi pengaruh image yang dihasilkan dari munculnya produk KW serupa dapat menurunkan minat pembeli, pembeli produk branded enggan untuk membeli karena produk KW sangat banyak di pasaran dengan harga yang jauh lebih murah sehingga mereka tidak melihat lagi kesan exclusive yang ditawarkan oleh produsen asli pembuat produk branded tersebut.
  • Konsumen atau pembeli secara umum juga dapat dirugikan, sebab mereka yang tidak mengetahui mana produk asli dan mana produk palsu dapat tertipu oleh beberrapa oknum penjual yang menjual barang palsu dengan harga seperti barang asli, ini juga sangat berbahaya.
Saran :
  • Untuk konsumen, belilah produk branded asli pada tempat penjualan resmi dari produsen asli pembuatnya.
  • Hindari membeli produk yang mengedepankan hanya brand saja, sebab masih banyak produk serupa walaupun tidak branded memiliki kualitas yang sangat baik dan terjangkau.
  • Cintailah produk lokal, langkah ini juga sangat membantu untuk menciptakan persaingan positif di kalangan produsen lokal dalam meningkatkan kualitas dan mutu produksi.
  • Hindari gaya hidup yang berlebihan.
Terima Kasih, Salam sukses selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment