20 January 2017

Berikut Adalah Hikmah Yang Dapat Di Petik Dari Peristiwa Kebakaran Pasar Senen Untuk Semua Pedagang

Bisnis, Pasar Senen, Hikmah Bisnis, Hikmah Musibah, Hikmah Kebakaran

Kebakaran Pasar Senen kemarin pasti membawa luka yang mendalam untuk semua pemilik toko yang terkena musibah tersebut, kerugian yang sangat banyak bahkan bisa di bilang tidak lagi terhitung merupakan resiko yang terpaksa harus di terima dengan baik.

Peristiwa ini adalah Takdir yang tidak dapat dirubah, tenggelam dalam kesedihan karena mengalami kerugian yang besar juga bukan solusi yang tepat, apalagi jika sampai harus menyalahkan berbagai pihak terkait sebagai kambing hitam dari musibah ini, itu lebih keliru lagi.

Mungkin terdengar klise jika saya mengatakan bahasa motivasi untuk bangkit kepada semua pedagang yang mengalami musibah kemarin, tetapi memang hanya itu jalan satu-satunya yang lebih bermanfaat ketimbang yang lain.

Semoga kejadian ini menjadi pembelajaran berharga bagi kita semua, bagian dari resiko yang tidak terduga ketika menjalankan bisnis cepat atau lambat pasti akan di alami oleh siapapun yang memiliki impian untuk sukses dan maju.

Musibah yang terjadi bukan hanya sebuah tantangan, tetapi juga bentuk pertanyaan Tuhan secara langsung melalui musibah yang terjadi, apakah kita memang benar-benar ingin menjadi manusia yang bermanfaat dalam hidup ini ?, jika jawabannya adalah "Iya" maka bangkit dan memulai lagi dari awal adalah satu-satunya jalan yang bisa di lalui.

Untuk lebih memperingan beban karena musibah ini "Ikhlas" adalah sikap yang harus di kedepankan dalam memilih langkah untuk terus maju, sehingga kesadaran kita akan sampai pada titik pemahaman tentang kepemilikan semua yang ada di Bumi ini, Innalillahi waina ilaihi rojiun, semua berasal dari Allah dan kembali hanya kepadaNya. Semua yang hangus terbakar itu hanya titipan, maka jika Dia yang memilikiNya ingin mengambilnya kembali, pasti mudah dengan cara apa saja.

Sekali lagi bersedih bukan solusi, menata kembali dengan apa yang masih ada mungkin akan lebih bermanfaat, jadikan semuanya hikmah, lakukan beberapa perbaikan terhadap semua yang telah kita lakukan yang menurut kita sudah sempurna.

Agar peristiwa serupa tidak terjadi lagi, Berikut adalah beberapa langkah yang harus di perhatikan untuk menjaga aset kita yang berupa toko atau counter agar aman ketika terjadi musibah kebakaran terjadi.

  1. Memasang alat keamanan yang memadai pada toko milik kita, seperti alat pemadam kebakaran sederhana yang efektif dan berfungsi, Sensor api pada tempat-tempat tertentu di dalam toko, memasang camera CCTV di dalam toko yang dapat dipantau secara online mellui gadget kita atau langkah lainnya yang juga dapat memberikan tambahan rasa aman dan nyaman pada toko milik kita. Langkah ini bertujuan agar ketika gejala musibah datang semua alat itu dapat bekerja dan akan memberikan peringatan dini untuk kita, sehingga kita masih dapat menyelamatkan barang-barang dagangan sebelum musibah menjadi besar dan sulit untuk di kendalikan.
  2. Lakukan pengecekan terhadap semua fasilitas toko yang dapat menjadi penyebab musibah kebakaran, seperti melakukan pengecekan berkala terhadap instalasi kabel listrik dan lainnya, lakukan koordinasi dalam setiap melakukan langkah ini dengan pihak pengelola, karena menjaga keamanan dan kenyaanan toko atau counter tempat usaha kita bukan hanya tugas pengelola saja.
  3. Menjaga kebersihan dan kemanan terpadu pada lokasi toko tempat berjualan, pada bagian ini juga harus berkordinasi dengan seluruh masyarakat penghuni toko dengan pihak pengelola toko.
  4. Ikuti prograam asuransi yang akan mencover toko dan isinya ketika terkena musibah, tujuannya agar jika terjadi sesuatu yang tidak terduga maka kerugian yang anda alami akan diganti oleh perusahaan asuransi tersebut, sehingga langkah untuk bangkit akan mudah di lakukan.
  5. Lengkapi semua legalitas pada usaha anda, tujuannya adalah agar semua surat penting tersebut berguna ketika anda mengalami musibah, sebab anda akan dapat gunakan legalitas peruahaan anda itu untuk membuat pernyataan pailit, sehingga semua hutang yang masih tersisa dapat selesai karena alasan yang dapat di pahami.
Demikianlah hikmah yang dapat kita petik dari musibah kebakaran Pasar Senin Kemarin, semoga semua pedagang yang mengalamimusibah itu di beri kekuatan untuk bersabar dan bangkit kembali memulai usahanya yang baru.

Terima Kasih.
Salam Sukses selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment