19 January 2017

Berikut Adalah Penjelasan Betapa Pentingnya Melakukan Pencatatan Pengeluaran Dalam Bisnis

Bisnis, Catatan Pengeluaran Bisnis, Catatan Bisnis, Mencatat Pengeluaran

Kesuksesan berbisnis lebih besar bertumpu pada pengaturan keuangan yang benar, sehebat apapun bisnis milik kita walaupun bisnis itu berjalan dengan baik, maka tinggal menunggu waktu jika catatan pengelolaan uang dalam bisnis tersebut tidak di lakukan dengan sempurna,  bisnis pasti akan mengalami kerugian dan kebangkrutan. 

Catatan pemasukan dan pengeluaran di dalam bisnis secara sederhana dapat di jadikan sebagai data akurat untuk menilai sebuah bisnis berjalan dengan baik atau tidak. Jika catatan pendapatan yang diraih lebih besar dengan jumlah catatan pengeluaran lebih kecil, maka bisnis itu mengalami keuntungan, tapi jika jumlah catatan pengeluaran lebih besar dari catatan pemasukan maka bisnis itu mengalami kerugian dan bila catatan pendapatan dengan catatan pengeluaran sama besar, maka bisnis tersebut tetap mengalami kerugian, kerugiannya ada pada waktu yang telah di habiskan untuk kegiatan beraktifitas dalam bisnis tersebut.

Kita dapat melakukan analisa dari bisnis milik kita secara tepat dan akurat dari kedua perputaran uang yang sangat mudah untuk dilihat apabila tercatat dengan baik, berapa besar keuntungan yang di dapatkan setelah melakukan perhitungan lengkap dari setiap pengeluaran yang di lakukan dengan rapi melalui pencatatan, pasti akan di dapatkan hasil catatan keuntungan yang juga jelas dan otentik.

Pentingnya catat-mencatat dari setiap urusan dalam bisnis terutama pada bisnis yang sederhana, merupakan cara mengatur keuangan yang simpel dalam bisnis milik kita, lakukan pencatatan apapun juga, baik dari pengeluaran yang besar maupun dari pengeluaran yang kecil dan jangan sepelekan catatan setiap pengeluaran walaupun jumlahnya tidak terlalu besar, semuanya tetap harus tercatat dengan rapih, walaupun kita kadang malas untuk melakukannya.

Kadang pengeluaran kecil yang sering kita keluarkan, sering di lupakan untuk mencatatnya, kebiasaan itulah yang dapat berakibat kerugian besar di dalam bisnis untuk jangka panjang, bayangkan jika kita malas melakukan pencatatan pada bagian ongkos parkir kendaraan dan tiket tol kendaraan yang kita gunakan sebagai operasional, silahkan di hitung lalu total semua itu dalam sehari, lalu kalikan sebulan, dan kalikan lagi selama satu tahun, pasti jumlahnya akan banyak.

Masih banyak lagi bagian kecil dari pengeluaran yang sering di lupakan oleh banyak pebisnis karena dinggap sebagai pengeluaran yang tidak terlalu berarti atau tidak terlalu penting, padahal semu itu tetap saja penting untuk di catat dan di kalkulasi sebagai biaya pengeluaran atau biaya modal yang harus tetap dihitung dengan baik.

Uang receh memang seakan tidak berharga, tapi jumlah uang satu juta akan menjadi berkurang jika hilang 500 IDR saja, dan ketika dalam keadaan terdesak pasti sangat sulit mencarai uang receh tersebut walau nominalnya kecil dan terlihat tidak berharga. Maka sekali lagi buatlah catatan pengeluaran dengan baik dan benar dan jangan pernah ada yang terlewat.

Secara materi pengaruh melupakan pencatatan pengeluaran yang kecil atau receh mungkin tidak terasa, tetapi imbas yang ditimbulkan karena kebiasaan mengabaikan pengeluaran kecil yang tidak berarti dengan tanpa mencatatnya, jauh lebih besar secara jangka panjang. Jika kebiasaan ini terus di biarkan, maka ada kemungkinan kebiasan  ini dapat berubah menjadi  kebiasaan merugikan, mungkin saja kebiasan malas mencatat akan semakin membuat diri sendiri semakin ceroboh dalam melakukan pengaturan uang, sehingga kebiasan menyepelekan catatan dalam melakukan pengeluaran modal berbisnis juda di lakukan pada setiap pengeluaran yang penting dan lebih besar, ini akan menjadi masalah yang sangat serius dan dapat membahayakan bisnis kita sendiri.

Teman-teman pencinta bisnis, sekali lagi dalam menjalankan bisnis jangan pernah remehkan setiap catatan dalam transaksi pengeluaran, karena itu adalah data kita yang sangat penting untuk mengetahui perputaran uang dalam bisnis kita.

Terima Kasih, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua, salam sukses selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment