18 January 2017

Cara Menarik Minat Konsumen Dan Pelanggan Dalam Bisnis

Bisnis, Konsumen, Pelanggan, Konsumen Bisnis, Pelanggan Bisnis

Berbagai cara dapat di lakukan untuk menarik minat konsumen dalam berbelanja produk atau barang pada bisnis kita, sesuatu yang menarik harus di masukan kedalam strategi promosi yang dapat menarik minat konsumen lebih besar, berikut adalah beberapa strategi yang dapat di terapkan untuk menunjang langkah promosi agar lebih terlihat menarik.

1. Memanfaatkan Yang Sedang Menjadi Trend.
Belum lama kita masih ingat fenomena "Om Telolet Om" di Indonesia, bahkan fenomena ini sampai booming di seluruh dunia malalui Internet, fenomena ini banyak di gunakan oleh beberapa pebisnis sebagai daya tarik untuk bisnis mereka, ada yang menjadikan "Om Telolet Om" sebagai bagian dari judul Iklan produk, hingga menjadikan sebagai kalimat promosi dan diskon dalam pembelian beberapa produk andalan para pebisnis.

Ini adalah langkah aji mumpung yang positif, memanfaatkan sesuatu yang di kenal luas oleh masyarakat sebagai triger yang mampu menjadi daya tarik terutama dalam strategi pemasaran.

Kejadian yang juga belum lama terjadi, yang juga tidak kalah hebohnya dengan fenomena "Om Telolet Om" yaitu "Kopi Bersianida, Jesica" juga ikut dimanfaatkan oleh beberapa orang yang berusaha mendompleng popularitasnya.

Memanfaatkan sebuah fenomena dan kejadian yang banyak di ketahui orang secara luas dinilai sangat efektif dalam mendongkrak omset sebuah bisnis, tetapi tentunya upaya yang di lakukan dalam pemanfaatan situasi dan fenomena tersebut harus dalam konteks yang benar.

2. Menarapkan Strategi Pemasaran Jemput Bola.
Seperti layaknya pemain sepak bola yang selalu mengejar bola dan berusaha memasukkan bola itu ke gawang lawan, juga bisa menjadi contoh untuk diterapkan dalam upaya menciptakan sale yang besar, cara pemasaran yang proaktif dapat di lahirkan dari contoh yang di berikan oleh seorang pemain sepak bola. 

Strategi Pemasaran dengan sistem jemput bola juga efektif jika di terapkan, seorang tenaga marketing akan lebih leluasa untuk memberikan penjelasan dari kelebihan produk miliknya dengan leluasa ketika berhadapan langsung dengan konsumennya, bahkan mereka dapat dengan leluasa memanfaatkan waktu itu untuk lebih menguatkan cara pemasaran dengan melakukan beberapa Demo secara langsung kepada calon konsumen.

3. Fokus Melihat Sasaran Dan Adu Kecepatan Dalam Mendapatkan Pelanggan.
Siapa cepat maka dia dapat, peribahasa ini sangat benar dan sangat terbukti akurasinya, dalam menerapkan strategi dengan maksud untuk mendapatkan konsumen menerapkan strategi siapa cepat maka dia akan dapat banyak di terapkan oleh pengemudi ojek dan taksi online, mereka fokus pada sati titik dan beradu kecepatan mendapatkan pelanggan dari pemberitahuan yang muncul pada gadget milik mereka.

Begitu pula kita yang ingin menang dalam kompetisi adu cepat dalam upaya menarik minat belanja konsumen, fokus dengan beberapa sasaran yang telah di tentukan sebelumnya, baik melalui daftar nama atau dari beberapa data konsumen yang telah di persiapkan, maka hasil atau tidaknya tergantung kecepatan kita dalam melakukan upaya klosing kepada mereka. Maka setelah data terkumpul dan ada di tangan anda, mulailah untuk melakukan aktifitas pemasaran dengan cepat, karena siapa cepat, maka dia akan dapat.

4. Memberikan Solusi Atas Kebutuhan.
Kita akan lebih diminati jika penawaran yang kita lakukan adalah sebuah solusi atas kebutuhan pelanggan dan konsumen, jika konsumen hendak mencuci pakaian maka mesin cuci dan sabun cuci adalah solusi untuk mereka, atau kita juga dapat menawarkan jasa laundry atau jasa asisten rumah tangga sebagai jawaban terhadap kebutuhan pelanggan dan konsumen seperti ini.

Ini adalah sebuah contoh saja dalam menerapkan strategi memberikan solusi yang tepat terhadap kebutuhan konsumen dan pelanggan, silahkan anda bereksplorasi dengan bisnis anda berdasarkan contoh yang telah saya berikan yang intinya sama, bahwa anda adalah pemberi solusi terhadap kebutuhan pelanggan dan konsumen.

5. Memberikan Kenyamanan Dalam Pelayanan Memuaskan.
Strategi pemasaran seperti ini kita harus banyak belajar dari beberapa maskapai penerbangan dunia, mereka sangat mengutamakan keselamatan penumpang bahkan service dan pelayanan semua kru pesawat kepada penumpang sangat dirasakan secara nyata, keramahan dan profesional dalam memberikan pelayanan menjadi ciri utama dari layanan yang mereka berikan. Tujuan yang ingin di capai dalam penerappan sistem ppelayanan seperti ini adalah agar konsumen merasa aman dan nyaman, sehingga kesan mendalam terhada pelayanan yang diberikan maskapai penerbangan tersebut lebih lama teringat dan terngiang oleh semua penumpang, jika hal ini terjadi kemungkinan terbentuknya konsumen loyal akan lebih besar.

Seperti inilah yang juga harus kita lakukan dalam memberikan pelayanan memuaskan kepada pelanggan dan konsumen di dalam bisnis kita, agar tujuan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dan konsumen dapat sampai dan dirasakan mereka.

Demikianlah beberapa contoh strategi yang di lakukan dan diterapkan oleh beberapa jenis bisnis dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan dan konsumen mereka yang juga dapat diterapkan dalam bisnis apa saja, termasuk bisnis milik kita yang sedang kita kembangkan, semoga tujuan menarik lebih banyak pelanggan dan konsumen dalam bisnis dapat tercapai dengan maksimal setelah beberapa strategi ini kita terapkan bersama.

Terima Kasih Dan Salam Sukses Selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment