14 January 2017

Cara Mengatasi Kejenuhan Berjualan Di Pasar Atau Mall Karena Sepi Pengunjung

Bisnis, Jualan Di Pasar, Jualan Di Mall, Cara Mengatasi Kejenuhan Jualan

Berjualan dan berdagang ada suatu tempat yang ramai seperti pasar tradisional atau mall memang membuat kita sebagai pedagang lebih cepat jenuh karena harus tetap betada di tempat penjualan untuk menunggu pembeli, kejenuhan yang dirasakan karena harus tetap berada ditempat berjualan adalah tantangan yang paling besar yang harus mampu dikalahkan oleh diri sendiri.

Bahkan kejenuhan semakin terasa jika situasi tempat berjualan sedang sepi pengunjung, berikut adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan agar anda terhindar dari rasa jenuh yang berlebihan.

  1. Jika bisa melakukan beberapa pekerjaan yang ada didalam toko atau tempat berjualan maka lakukanlah pekerjaan itu, walaupun hanya sekedar beres-beres dan merapihkan dagangan yang ada, intinya adalah membuat kesibukan sendiri agar jenuh tidak dalam pikiran.
  2. Jika tidak ada pekerjaan lagi atau semua sudah selesai di bereskan, maka bersosialitalah dengan pedagang di sebelah sambil memperhatikan dagangan atau tempat jualan milik anda itu, hal ini juga efektif untuk mengisi waktu kosong saat berjualan agar tidak jenuh.
  3. Atau waktu kosong juga dapat di gunakan untuk melakukan permainan kegemaran, seperti bermain catur atau permainan lain yang tidak terlalu memakan tempat dan dapat efektif menghilangkan jenuh saat berdagang.
  4. Mendengarkan musik dengan menggunakan gadget atau perangkat audio yang sengaja di persiapkan.
  5. Menonton TV sambil berjualan juga sangat efektif menghilangkan kejenuhan ketika berdagang.
Atau kegiatan lainnya yang dapat dilakukan di sekitar tempat berjualan anda, apapun itu tujuannya hanya untuk sekedar mengisi waktu luang yang ada agar tidak jenuh. 

Kejenuhan jika tidak diatasi dapat berakibat fatal, bahkan kejenuhan dapat meningkat menjadi malas dan enggan untuk berjualan, hal ini yang banyak membuat tumbang  atau berhenti tidak berdagang lagi. Berikut adalah cara antisipasi yang harus di lakukan agar hal ini tidak terjadi.

  1. Jangan tambahkan rasa jenuh yang memang sudah ada dengan masalah lain yang dapat mempercepat datangnya rasa malas dan enggan lagi berjualan, misalnya saat berdagang kita terlalu berani berhutang sehingga hutang milik kita sangat banyak dan sulit dibayarkan, karena berlebihan, penyebab ini selain dapat menimbulkan rasa malas dan beban yang lebih berat, keadaan ini juga dapat menjadi triger kebangkrutan usaha atau bisnis berdagang yang anda miliki, maka hindarilah dan jangan sampai terjadi.
  2. Ambil minimal satu hari saja untuk libur dan tidak berjualan dengan tujuan refresing bersama keluarga atau santai dirumah, langkah ini sangat efektif untuk menanggulangi jenuh, jangan takut merasa rugi kehilangan omset untuk mengambil libur satu hari, ada peribahasa "Takkan Lari Gunung di kejar", artinya walaupun anda berusaha dengan sekuat tenaga tanpa libur, rezeki itu sudah di atur Pencipta Yang Maha Tinggi, Allah SWT, yakinlah dan percayalah padaNya.
teman-teman pebisnis dan pedagang sekalian, ada hal utama yang dapat di lakukan untuk menghilangkan dengan sempurna rasa jenuh dan bosan ketika kita berjualan di pasar atau di Mall yang membuat kita tidak dapat kemana-mana, sehingga kita tidak dapat melakukan aktifitas lain di luar berdagang adalah "Bersyukur Yang Banyak". Besyukur akan mampu menghilangkan rasa jenuh yang paling mudah dan cepat, jika kita mau lebih mendalami apa yang telah diberikan Allah pada kita sebenarnya psti akan membuat kita lebih tenang dengan penuh syukur, salah satunya adalah karunia di beri kesempatan untuk menjadi seorang pengusaha, walaupun usaha yang di berikan Allah berupa sebuah toko atau tempat berjualan yang tidak terlalu besar, itu masih lebih baik jika kita bandingkan orang lain yang tidak seberuntung kita, di luar sana sangat banyak orang lain yang sulit untuk mencari pendaatan rutin untuk makan setiap hari, kita masih diberi dengan mudah, maka bersyukurlah dan terus jalankan aktifitas ini dengan Ikhlas.

Terima Kasih, semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.
Salam Sukses Selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment