4 January 2017

Cara Tepat Menjadikan Sosial Media sebagai Ajang Promosi Bisnis

Bisnis, Media Sosial Bisnis, Sosial Media Bisnis

Apakah Berbisnis melalui sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, Path dan media sosial lainnya apakah efektif dan dapat menghasilkan uang yang besar ?

Efektif atau tidak melakukan berbagai aktifitas promosi pada sosial media, tergantung dari upaya yang di lakukan, melakukan promosi bisnis melalui sosial media memang dinilai susah-susah gampang, padahal peluang promosi di dalam sosial media memang sangatlah besar, apapun yang akan di posting melalui sosial media pasti akan mudah dilihat orang banyak, yang menjadi pertanyaan adalah apakah setelah dilihat oleh orang banyak langsung akan meningkatkan omset dan pendapatan bisnis yang anda miliki ?

Jawabannya bisa, "Iya" bisa juga "Tidak".

Beberapa hal yang harus di ketahui bahwa sebuah promosi yang berhasil itu bukan hanya sekedar mudah dilihat dan disukai oleh banyak audien, tapi sebuah promosi yang sukses adalah apabila langkah promosi mempengaruhi peningkatan hasil dan pendapatan dari bisnis yang di promosikan tersebut. minimal upaya promosi yang dilakukan itu melahirkan beberapa transaksi yang signifikan.

Salah satu strategi untuk tercapainya tujuan promosi melalui sosial media, ada beberapa hal yang memang harus di persiapkan secara matang dan terencana, yaitu :

  • Apapun sosial media yang akan digunakan untuk berbisnis, maka akun anda juga harus berbentuk bisnis (bukan akun pribadi). Akun bisnis di setiap sosial media telah di sediakan oleh semua sosial media yang ada, daftarkan dan buatlah akun tersebut dan mulailah untuk mengikuti beberapa persyaratan yang di keluarkan oleh setiap sosial media yang ada.
  • Jika anda sebelumnya telah memiliki akun pribadi non bisnis pada sebuah sosial media, biarkan saja, sebab akun pribadi anda juga bermanfaat untuk penambahan audien dari bisnis yang sedang di promosikan melalui akun sosial media bisnis yang telah anda buat.
  • Akun sosial media berbentuk bisnis yang anda buat harus sebaik mungkin dan semua harus terintegrasi dengan sebuah pusat informasi berupa website resmi yang merupakan wadah atau central pemberi informasi secara lengkap tentang semua hal yang berhubungan dengan bisnis anda tersebut.
  • Hal yang harus anda ketahui, jika anda ingin besar dalam bisnis anda melalui internet,  maka semua bagian penting yang menjelaskan bisnis anda harus benar, otentik, tepat dan menarik, seperti website bisnis yang anda buat harus terhubung dengan semua sosial media bisnis yang anda miliki, begitu juga sebaliknya akun sosial media bisnis yang anda buat juga harus di tautkan dengan website bisnis anda. Tujuan hal ini adalah agar anda mendapatkan trafic organik yang lumayan banyak dari setiap postingan yang anda buat dan di share melalui semua media sosial bisnis milik anda.
  • Buatlah postingan yang menarik dengan perencanaan yang lebih detil dan profesional, tujuannya agar apa yang di posting menjadi sebuah langkah promosi yang tepat.
  • Banyak fasilitas tambahan berbayar yang berupa iklan di setiap sosial media yang cukup lumayan efektif sebagai alat promosi bisnis anda, anda bisa menggunakan fasilitas tersebut untuk tujuan menjangkau audien lebih banyak untuk bisnis kita.
  • Setelah berbisnis anda harus merubah kebiasaan yang tidak bermanfaat dalam aktifitas bersosialita. misal memposting status yang tidak bermanfaat dan tidak mencerminkan bisnis anda sama sekali, baik di akun pribadi maupun di akun bisnis yang telah dibuat. Langkah yang lebih tepat jika anda ingin memposting sesuatu melalui sosial media, upayakan selalu mengandung bisnis yang anda miliki, misalkan jika anda harus memposting aktifitas yang anda lakukan pada hari tertentu, maka gunakanlah sebagai ajang promosi bisnis anda yang tersamarkan di dalamnya, contoh jika anda memposting foto diri anda dengan beberapa teman, maka semua yang ada pada diri anda akan diperhatikan oleh audien, dari mulai pakaian, penampilan bahkan tempat, anda bisa memilih pada bagian mana yang dapat anda letakan bisnis anda pada foto tersebut yang dapat menjadi ajang promosi.
  • Jalin pertemanan yang luas dengan seleksi yang ketat, jangan asal menerima pertemanan dan jangan asal mengundang teman, teliti lebih jauh performa teman yang akan di ikuti oleh anda dalam sosial media. Tujuan hal ini agar anda memiliki audien yang tepat untuk setiap langkah promosi.
Demikianlah, beberapa hal yang harus sangat di perhatikan untuk tujuan tercapainya promosi di dalam sosial media sebagai penunjang langkah promosi.
Semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.
Salam sukses selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment