26 January 2017

Inovasi Bisnis : "Melakukan Modifikasi Pada Makanan Tradisional"

Bisnis, Inovasi Bisnis, Modifikasi Makanan, Bisnis Makanan Tradisional, Combro, Surabi, Singkong Goreng

Makanan tradisional masih  dapat bertahan dan digemari walau ditengah persaingan munculnya berbagi inovasi makanan modern, keunikan rasa dan kandungan nilai gizi alami yang terkandung di dalam berbagai makanan tradisional, merupakan salah satu alasan mengapa makanan tradisional masih memiliki nilai ekonomis.

Walaupun bisnis menjual makanan tradisional sudah mulai tidak menarik lagi bagi sebagian orang, tetapi ada saja para pebisnis masa kini yang tetap menggunakan makanan tradisional untuk membuat kreasi dan inovasi baru dalam membuat makanan unik, sehingga makanan tradisional menjadi lebih diminati dan membuat penasaran.


Berikut adalah beberapa makanan tradisional hasil kreasi dan inovasi yang sangat di gemari.

1. Singkok Goreng Aneka Rasa.
Makanan ini berbahan dasar singkong, dahulu singkong goreng langsung di sajikan tanpa bahan tambahan lain yang berarti, cukup dengan merendam singkong yang telah dikupas dan di bersihkan dengan garam, lalu singkong langsung di goreng, di rebus atau di potong tipis-tipis untuk di jadikan keripik singkong.

Tetapi kini singkong goreng di buat dengan menambahkan berbagai rasa unik, seperti singkong goreng coklat, singkong goreng keju, singkong goreng nanas dan singkong goreng dengan berbagai rasa unik lainnya..

Inovasi makanan yang di lakukan pada singkong goreng ini menjadi peluang bisnis yang menjanjikan, hingga sempat booming dengan cepat dan menjamur di mana-mana. Omset para penjual dengan berjualan singkong goreng aneka rasa juga cukup lumayan bahkan ada yang memiliki pendapatan perhari hingga jutaan rupiah.

2. Surabi Aneka Rasa.
Makanan tradisional yang di masak menggunakan arang dengan bahan dasarnya terbuat dari campuran tepung beras, vanila, pandan, santan kelapa, gula dan garam ini masih sangat di gemari, bahkan banyak para pebisnis masa kini yang melakukan kreasi dan inovasi yang akhirnya berhasil membuat makanan surabi lebih memiliki aneka rasa yang menggugah selera.



Ketika di jual surabi dengan varian rasa baru dan unik ini sangat diminati banyak orang, keadaan ini akhirnya menjadikan surabi menjadi makanan tradisional yang bangkit kembali dan dapat bersaing kembali dengan makanan moderen masa kini.

3. Combro Varian Isi Baru.
Combro adalah makanan tradisional yang terbuat dari singkong yang di haluskan lalu diisi dengan oncom pada bagian dalamnya, setelah itu agar dapat segera di santap sebagai kudapan lezat tinggal menggorengnya, rasanya yang sedap dan gurih menyebabkan combro hingga kini tetap sebagai makanan tradisional yang abadi di lidah masyarakat baik yang tinggal di desa maupun masyarakat yang tinggal di kota besar.

Seiring waktu berjalan dengan banyaknya inovasi dan kreasi di bidang makanan tradisional, combro juga merupakan sasaran empuk yang banyak dilirik oleh para motivator makanan, dengan membuat isi combro yang bukan hanya dari oncom saja, ternyata hasil inovasi yang sangat kreatif ini juga menyebabkan combro kembali laku keras dan menjadi primadona baru.

Isi oncom ada yang di modifikasi dengan ditambahkan rasa pedas yang sangat kuat atau isi oncom ditambahkan dengan daging atau ayam dan isi lainnya, perubahan dan kreasi ini menyebabkan combro kembali digemari oleh banyak orang sehingga omset penjual combro dengan kreasi baru ini memiliki omset hingga puluhan juta rupiah dalam satu bulan.

Teman-teman, ternyata sebuah inovasi dan kreasi tidak harus membuat sesuatu yang baru saja,  untuk melahirkan makanan yang memiliki keunikan, kita juga dapat melakukannya pada makanan tradisional yang sudah sangat di kenal oleh masyarakat luas sejak lama.

Dan ternyata, langkah kreasi dan inovasi pada makanan tradisional yang di lakukan oleh beberapa pebisnis kreatif ini berhasil, sehingga inovasi pada makanan yang telah mereka buat dapat menghantarkan kesuksesan mereka sendiri dalam berbisnis makanan tradisional yang telah di modifikasi.

Demikianlah artikel singkat kali ini tentang bisnis menjual makanan tradisional yang telah dimodifikasi, semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.
Terima Kasih.
Salam Sukses Selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment