14 January 2017

Mengapa Omset Bisnis Mengalami Penurunan ???, Ini Mungkin Penyebabnya.

Bisnis, Omset Turun, Omset Bisnis Turun

Terjadinya penurunan omset kadang belum tentu juga di karenakan upaya dalam mencari omset yang di lakukan tidak maksimal, jika anda telah melakukan evaluasi dari tindakan dan aktifitas dalam mendapatkan omset yang besar, lalu anda tidak menemukan masalah yang mengakibatkan omset tetap turun, maka permasalahan ini bukan karena upaya dan usaha anda yang tidak benar.

Semua ini terjadi karena ada beberapa waktu tertetu omset bisnis kita akan mengalami pengaruh penurunan yang cukup signifikan, berikut adalah beberapa waktu yang sering memberikan pengaruh turunnya omset dalam bisnis.

1. Masuk Tanggal Tua.
Istilah tanggal tua itu antara tanggal 15 pada setiap bulan hingga menjelang tanggal Gajian atau sekitar tanggal 25 atau 27, biasanya pada tanggal-tanggal tersebut banyak orang yang menyebutnya sebagai "Tanggal Tua", sehingga penghematan biasanya di lakukan pada tanggal tersebut, bahkan ada sebagian masyarakat saat masuk tanggal tersebut benar-benar sudah tidak memiliki uang lagi untuk membeli sesuatu, hal ini tentunya sangat mempengaruhi daya beli masyarakat itu sendiri, maka wajar jika bisnis kita juga ikut terpengaruh dengan turunnya omset.

2. Masuk tahun Ajaran Baru Pendidikan Anak.
Omset bisnis juga sangat berpengaruh ketika waktu anak sekolah dimulai setelah liburan panjang dalam istilah dunia pendidikan disebut "Tahun Ajaran Baru", Mengapa omset cenderung turun saat seperti ini ?, sebabnya adalah banyak orang tua yang lebih fokus untuk mengurus keperluan sekolah anak mereka, sehingga uang pendapatan mereka lebih banyak mengalir untuk persiapan anak sekolah.


3. Saat Bulan Ramadhan dan Menjelang Lebaran.
Bulan Ramadhan juga akan terjadi kecendrungan omset turun, sebab negara kita yang mayoritas muslim sangat mempengaruhi masyarakat dalam beraktifitas keduniaan saat bulan Ramadhan tiba, ketika itu omset bisnis sedikit berpengaruh. Menjelang lebaran banyak mereka yang menjalankan ibadah puasa bersiap untuk menyambut datangnya lebaran, pada saat seperti ini juga omset bisnis akan mendapat pengaruh penurunan, kecuali bisnis yang anda miliki berhubungan dengan bulan Ramadhan dan Lebaran, maka anda akan aman dari terjadinya omset turun.

4. Bencana Alam.
Omset juga sangat terpengaruh untuk turun jika terjadi bencana alam, biasanya bencana alam yang cukup besar seperti banjir yang pernah menggenangi berbagai daerah dan ibukota beberapa waktu lalu, bancana alam ini menyebabkan malasnya masyarakat untuk beraktifitas karena banjir yang besar dan merata, hal ini juga dapat memengaruhi omset dan pendapatan, bencana banjir besar dan merata yang menyebabkan lumpuhnya jalur transportasi juga memungkinkan omset mengalami penurunan.

5. Keadaan Kemanan yang Kurang kondusif.
Keadaan keamanan yang kurang kondusif juga dapat berakibat turunnya omset dan pendapatan dalam bisnis, kurangnya rasa aman dapat berimbas pada rasa khawatir berlebihan sehingga pilihan untuk menutup tempat usaha seakan lebih baik dari pada beresiko tinggi.

Teman-teman pencinta bisnis, walaupun beberapa sebab diatas memang sering memberikan pengaruh terhadap omset dan pendapatan dalam bisnis, tetapi jangan lantas kita jadikan ini sebagai alibi ketika omset dan pendapatan dalam bisnis kita mengalami penurunan, tetaplah berupaya dengan maksimal, dan jangan juga menjadikan beberapa situasi di atas sebagai sugesti turunnya omset, sebab sugesti tersebut akan memengaruhi daya juang dan kesemangatan ketika keadaan dan situasi seperti diatas datang menghampiri bisnis milik kita.

Terima Kasih, tetaplah semangat dalam berkarya, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.
Salam Sukses Selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment