25 January 2017

Respon Cepat Adalah Cara Menarik Perhatian Konsumen Yang Tepat

Bisnis, Respon Cepat, Pelayanan Cepat, Bisnis Respon Cepat, Layanan Cepat

Ketika kita di hubungi oleh konsumen baik melalui telpon, sms, wahtasapp, BBM dan Email, maka kita harus meresponnya dengan cepat, walaupun permintaan itu masih berupa informasi yang di butuhkan konsumen. Melayani dan merespon permintaan mereka dengan cepat selain bentuk pelayanan cepat juga merupakan bentuk keseriusan kita dalam menjalankan bisnis.

Konsumen yang meminta informasi memang belum tentu membeli dan tertarik dengan di informasikan, tetapi minimal dengan memberi respon yang cepat, konsumen akan langsung menilai kita dengan kesan pertama yang baik, itu adalah bagian dari upaya dengan tujuan terjadinya transaksi.

Agar informasi yang kita berikan tepat kepada konsumen, maka semua informasi yang akan kita berikan harus di buat sesuai dengan kemauan konsumen secara umum. Apa sajakah itu ?

  1. Informasi yang di berikan harus sesuai dengan spesifikasi yang di inginkan konsumen.
  2. Informasi yang di berikan harus memiliki harga yang kompetititf, minimal sama dengan harga di pasaran, sangat baik jika kita masih bisa mengaturnya dengan lebih efesien spesifikasi yang di inginkan, sehingga harga yang di kirimkan melalui informasi yang kita akan berikan lebih murah. 
  3. Informasi harus menyertakan jaminan kepuasan dari pelayanan yang akan kita berikan kepada konsumen.
  4. Informasi juga harus menyertakan jaminan dan garansi dari pelayanan yang kita berikan.
  5. Informasi bukan  hanya mengandung sesuatu yang membuat konsumen tertarik saja, tetapi bentuk pernyataan dari sebuah komitment kerja yang profesional dari kita kepada konsumen.
Apabila langkah ini sudah kita lakukan dengan benar lalu lakukanlah langkah follow up. Follow Up adalah sebuah langkah bertanya kembali kepada konsumen bagaimana hasil dari keputusan mereka ketika mendapat informasi yang di butuhkan.

Bagaimana cara melakukan Follow Up Yang tepat silahkan baca artikelnya Disini.

Setelah melakukan Follow Up dan hasilnya adalah "Janji", maka kita harus terus menghubungi konsumen sesuai janjinya, jangan langsung kita putuskan janji itu sebagai penolakan, langkah ini adalah upaya menerapkan pikiran positif untuk diri kita agar jangan salah menyimpulkan sesuatu.

Selama menunggu keputusan konsumen yang masih memberikan "Janji", kita harus terus mencari peluang baru dari konsumen yang baru, jangan hanya terpaku pada hasil jawaban konsumen yang masih hanya memberikan janji saja, sehingga kita akan membuang waktu sia-sia, peluang baru yang kita buat itu mungkin saja lebih cepat memberikan jawaban pasti, maka teruslah berusaha menciptakan peluang lebih besar dengan berbagai cara dan tetap fokus pada tujuan, yaitu menemukan konsumen yang setuju dengan apa yang kita tawarkan.

Terima Kasih.
Salam Sukses Selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment