16 January 2017

Rumah Makan Padang : Setelah Mencoba Masakannya, Silahkan Pikirkan Untuk Menjalankan Bisnisnya.

Bisnis, Rumah Makan Padang, Nasi Padang

Masakan Padang, siapa yang tidak mengenal makanan khas Indonesia yang nikmat dan memiliki citra rasa yang sangat tinggi ini, dari mulai orang Sumatera Barat (Kota Padang) sendiri sebagai pembuat awal masakan ini, masyarakat lokal, hingga bule-bule manca negara sangat menggemari Masakan Padang, berbagai opini yang mereka katakan tentang Masakan Padang setelah mereka menikmatinya sangat beragam, ada yang mengatakan Masakan Padang itu pedas-pedas gurih, ada yang mengatakan Masakan Padang itu sangat kaya rasa, bahkan ada juga yang mengatakan Masakan Padang itu nikmat dan membuat ketagihan.

Dari segi harga, Masakan Padang juga sangat terjangkau, ini juga salah satu yang menjadi daya tarik tersendiri dari Masakan Padang, para penjual seakan memiliki patokan harga yang sama dalam menjual berbagai menu makanan yang di sajikan, harga jual yang sama ini ternyata juga menjadi daya tarik tambahan bagi sebagian orang, sebab banyak orang yang sedang berpergian untuk berbagai aktifitas dan ketika mereka merasa lapar, pasti yang di pilih sebagai tempat makan lebih banyak adalah Rumah Makan Padang, alasannya simpel, karena harganya sama, mau makan nasi padang di rumah makan dekat rumah atau di mana saja pasti haraga yang di patok tidak akan berbeda jauh, ternyata situasi ini juga menjadi daya tarik tersendiri untuk Rumah Makan Padang bagi masyarakat yang membutuhkan makanan cepat untuk di sajikan ketika mereka merasa lapar.

Masakan padang awalnya memang di populerkan oleh para pendatang yang berasal dari Kota Padang dan sekitarnya, mereka yang merantau di beberapa daerah di Indonesia lebih banyak memilih untuk membuka restoran masakan padang, perantau yang lebih banyak laki-laki ini memang memiliki keterampilan memasak yang hebat, sebab warisan memasak bagi laki-laki memang merupakan tradisi turun-temurun yang sudah ada sejak lama, karena itulah mengapa rumah makan padang hingga kini menjamur dan tersebar luas di seluruh kota di Indonesia dan semua kokinya adalah Laki-laki.

Seiring semakin poulernya masakan padang, saat ini banyak juga rumah makan padang yang di kelola oleh bukan orang Padang, mereka banyak berasal dari berbagai daerah lain seperti Jawa Timur, Jawa Tengah Dan Jawa Barat, walau rumah makan yang mereka buka bertajuk masakan padang, tetapi pengelolanya bukan asli orang Padang.

Rumah makan Padang yang di kelola oleh selain orang padang tetap memiliki ciri dan bentuk bangunan yang sama, bahkan makanannya juga sama, sampai rasa khas masakan padangnya juga tidak berbeda sama sekali. Kok Bisa yah ? 

Rumah Makan Padang yang di kelola oleh selain orang Padang juga ada sejarahnya, mereka yang bukan orang Padang asli (Orang Jawa) dahulunya bekerja pada rumah makan padang, mereka lama bekerja membantu dalam meracik segala masakan padang, disinilah mereka belajar. Penduplikasian Ilmu memasak tanpa di sengaja ini membuat para pekerja yang berasal selain dari Kota Padang ini menjadi mahir memasak, dari mulai membuat bumbu, cara memasak bahan makanan, hingga bagaimana cara menyajikan makanan yang telah jadi, semua di pelajari hingga mereka memiliki kemampuan memasak yang sama seperti orang Padang asli, setelah mereka merasa bisa dan mampu memasak sendiri, maka tercetuslah ide untuk membuka rumah makan padang sendiri, lalu mereka berhenti bekerja dan mulai mencoba peruntungan baru untuk mengelola sendiri rumah makan padang yang serupa. 

Itulah sejarahnya mengapa rumah makan padang banyak di kelola juga oleh orang Jawa sekarang, berikut adalah beberapa contoh dan jenis makanan Masakan Padang yang sangat di kenal banyak orang.

1. Rendang Daging Padang.
Bentuk olahan makanan yang terbuat dari Daging, lalu di beri bumbu rendang khas masakan padang, rasanya agak sedikit pedas dan berminyak, rasanya jangan di tanya, pasti akan katagihan dan langsung membuat ingin nambah nasi lagi. 

Rendang biasanya di makan bersama nasi putih, sebenarnya bisa saja di makan tanpa nasi tetapi, bumbu khas masakan padang yang memang sangat kental akan kurang nyaman terasa di lidah jika di makan tanpa nasi.

2. Tunjang.
Tunjang adalah masakan olahan khas rumah makan padang yang terbuat dari kaki sapi, cara memasaknya dengan memotong kaki sapi yang besar menjadi beberapa bagian lalu di masak bersama bumbu khas tunjang tersebut, proses pembuatan tunjang ini memang cukup lama, sebab bahan dasar kaki sapi yang di gunakan harus di godok bersama bumbu hingga lebih empuk dan siap di sajikan ketika semua bimbu menyerap dengan sempurna.

3. Ikan Tongkol Asam Pade.
Makanan khas padang ini juga tidak kalah nikmatnya, bahan dasarnya ikan tongkol besar yang di potong beberapa bagian, lalu tongkol yang telah di potong beberapa bagian itu di rebus bersama bumbu khas Asam Pade, rasa masakan padang yang satu ini sesuai namanya "Asem Pade" yang berarti "Asam Pedas". Silahkan di coba, makanan ini juga mantap dilidah.

4. Ayam Bakar.
Ayam bakar khas masakan padang juga sedap disantap, terbuat dari bahan dasar ayam yang di potong beberapa bagian, lalu di beri bumbu khas masakan padang, lalu bersama bumbu tersebut ayam di bakar dengan menggunakan arang kelapa, silahkan di coba, pasti ketagihan.

5. Gulai Ayam.
Masakan ini berbahan dasar ayam, setelah dipotong-potong dengan ukuran tertentu, lalu di masak bersama bumbu gulai, rasanya juga sedap, dengan bubu gulai yang sangat kental, menjadikan ayam gulai masakan padang sangat nikmat di samtap dengan sepiring nasi.

6. Ayam Goreng.
Ayam goreng masakan padang juga sangat enak, berbeda dengan berbagai olahan lain yang memiliki nama serupa, ayam goreng padang lebih kering dan sangat empuk ketika di makan, bubu pada ayam gorennya juga khas bumbu masakan padang, silahkan di coba saja supaya tidak penasaran.


7. Sambal Ijo.
Inilah makanan yang paling di cintai oleh banyak penikmat masakan padang, walaupun sambal ijo bukan merupakan hidangan utama pada rumah makan padang, tetapi sambal ijolah yang menjadi ciri sebuah rumah makan padang, rasanya sangat nikmat sebagai penambah selera makan, cara memakannya harus di campur dengan lauk dan nasi yang juga berasal dari rumah makan padang, terbuat dari campuran cabai yang berwarna hijau dengan di beri minyak khusus dan bumbu khusus, silahkan di coba.

8. Lalab Daun Singkong.
Lalab Daun singkong khas padang juga sangat diminati, walaupun namanya sama dengan berbagai makanan olahan lain "lalab daun singkong" khas padang berbeda rasanya, warna daun singkongnya tidak pudar walau setelah di masak dan rasanya juga tidak pahit, ini yang menjadi menarik, daun singkong juga sangat cocok jika di makan bersama sambal ijo.

Teman-teman pencinta bisnis, sebenarnya masih banyak masakan padang yang sangat nikamat rasanya, tetapi maaf,  saya tidak dapat menuliskan semua, bahkan resepnya dan cara memasak secara detilnya juga tidak saya tuliskan disini, tetapi minimal teman-teman yang belum pernah merasakan nikmatnya masakan rumah makan padang akan mau mencobanya dan setelah mencobanya mungkin langsung berminant untuk terjun di bisnis rumah makan padang yang sangat populer ini.

Omsetnya lumayan jika di kelola dengan baik, dan yang juga tidak kalah penting adalah rasa masakan tidak boleh berbeda, harus sama dengan rumah makan padang lainnya, siapapun yang mengelolanya, tetap rasa dan harganya harus persis sama sebagai ciri dari Rumah Makan Padang.

Selamat berbisnis dan salam sukses selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment