18 February 2017

Cara Antisipasi Turunnya Omset Bisnis Karena Cuaca Dan Iklim Yang Tidak Menentu

Bisnis, Antisipasi Bisnis, Cuaca Dan Iklim, Tantangan Bisnis

Salah satu yang sangat mempengaruhi pendapatan dan omset dalam bisnis adalah cuaca dan iklim yang tidak menentu, misalnya hujan yang terus turun dari pagi hari hingga sore hari atau salju yang datang secara terus menerus bukan pada saat musimnya. Tantangan ini tidak dapat di cegah, tetapi dapat di sikapi dengan melakukan beberapa langkah antisipasi dan strategi agar penurunan omset yang di sebabkan oleh cuaca dan iklim yang kurang bersahabat dapat di minimalisir.

Berikut adalah beberapa upaya penyesuaian yang dapat di terapkan dalam bisnis ketika menghadapi tantangan cuaca dan iklim yang kurang bersahabat.

1. Hindari kepanikan. 
Panik karena cuaca yang tidak menentu salah satu penyebab yang sangat membahayakan bagi pebisnis itu sendiri, ketakutan yang di rasakan dalam diri akan menjadi sugesti dan sugesti itu akhirnya menjadi sebuah kenyataan. 

Sebanarnya bukan cuaca atau iklim yang harus di salahkan ketika omset bisnis mengalami penurunan, sikap dan perilaku panik yang menyebabkan rasa malas dan lebih banyak menunda semua aktifitas sebagai penyebab utama terjadinya penururnan omset dan pendapatan. Rasa malas membuka usaha ketika cuaca yang tidak bersahabat atau penurunan aktifitas saat cuaca yang datang tidak menentu sangat jelas sebagai penyebab utama yang berakibat pada pendapatan dan omset dalam bisnis itu sendiri.

Iklim dan Cuaca yang tidak menentu bukan sebuah tantangan yang berarti, sikapilah dengan biasa saja dan jangan terlalu di besar-besarkan, jika hujan terus datang maka bawalah payung atau jas hujan untuk beraktifitas, bukan malas menunggu hujan reda baru memulai aktifitas,  ketika salju turun bukan pada musimnya, maka tetaplah beraktifitas dengan normal, gunakanlah pakaian tebal yang dapat mencegah rasa dingin ketika beraktifitas, bukan menunggu salju yang turun reda baru beraktifitas.

2. Mengutamakan pelayanan Pesan Antar.
Cuaca dan Iklin yang kurang bersahabat dapat di siasati dengan memaksimalkan pelayanan pesan antar, pesan antar sangat efektif dalam upaya mendapatkan pelanggan dan pesanan, layanan ini jelas sangat mempermudah setiap pembeli yang melakukan pesanan dan order melalui bisnis kita. Kadang sebagian masyarakat atau pelanggan yang malas untuk keluar rumah karena cuaca dan iklim yang kurang bersahabat banyak memilih untuk di layani dengan cara seperti ini.

3. Waktu Tutup Lebih Panjang Dari Biasanya.
Strategi membuka tempat bisnis dan usaha lebih panjang dari waktu biasanya juga sangat efektif dalam mensikapi terjadinya turunnya pendapatan dan omset karena cuaca dan iklim yang kurang bersahabat, tetapi tetap harus mengutamakan keamanan ketika menerapkan startegi ini, melihat situasi dan kondisi lingkungan sekitar harus benar-benar di lakukan dengan teliti untuk memastikan apakah strategi ini aman untuk di terapkan ataulkah tidak, semua harus di sesuaikan dengan letak lokasi dari bisnis kita itu sendiri. Melakukan koordinasi dengan pihak kemanan setempat juga boleh di lakukan sebelum menerapkan strategi ini.

4. Menerapkan Penjualan Langsung Pada Konsumen.
Cara ini juga efektif untuk menarik minat pembeli, penjualan dapat di lakukan menggunakan kendaraan operasional bisnis yang telah di design sebelumnya dengan berbagai kelengkapan promosi dalam tujuan penjualan, kendaraan yang dapat di gunakan bebas, kita boleh menggunakan motor ataupun mobil berkeliling kesetiap tempat yang berpotensi terjadinya pesanan atau transaksi, jangan lupa untuk melengkapi kendaraan penjualan dengan semua perlengkapan penjualan dan pesanan, seperti brosur, sampel produk dan beberapa mesin pesanan yang langsung terhubung dengan tempat tenaga pengantar yang telah siap mengantar pesanan dengan cepat. Intinya adalah layanan ini menambah kemudahan untuk pelanggan dan konsumen dalam melakukan berbagai pesanan yang mereka inginkan.

5. Menyediakan Fasilitas Antar Jemput Pelanggan.
Fasilitas antar jemput juga sangat baik untuk diterapkan sebagai bagian pelayanan kepada pelanggan ketika cuaca dan iklim yang kurang bersahabat, kadang minat untuk berbelanja dari beberapa pelanggan untuk datang ketempat bisnis yang kita buka dapat teratasi dengan menrapkan pelayanan ini, tujuan tambahan pelayanan ini sederhana sebenarnya, yaitu membangkitkan gairah dan semangat berbelanja konsumen ketika iklim dan cuaca kurang bersahabat.

6. Lebih Memaksimalkan Pejualan Melalui Intenet.
Internat kembali lagi menjadi solusi terbaik untuk tetap memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan saat cuaca dan iklim yang kurang bersahabat. Dengan memaksimalkan penjualan internet maka penurunan omset dapat di cegah dan di minimalisir sehingga cuaca dan iklim yang kurang bersahabat tidak terlalu mempengaruhi pendapatan dan omset.

Internet marketing adalah bagian penjualan penting yang harus ada sejak awal karena dengan cara penjualan seperti ini semua tantangan yang biasa di temukan ketika melakukan transaksi bisnis secara offline dapat di hindari sehingga bisnis tetap dapat berjalan dengan baik.

Demikianlah beberap upaya yang dapat di lakukan dalam mengantisipasi cuaca dan iklim yang kurang bersahabat dalam bisnis, semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.

Terima Kasih.
Salam Sukses Selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment