11 February 2017

Cara Memulai Bisnis Bengkel Mobil Lengkap Dengan Strategi Penting Yang Dapat Menarik Minat Konsumen Untuk Datang

Bisnis, Bengkel Mobil, Cara Membuka Bengkel Mobil, Bisnis Service Mobil

Membuka bengkel Mobil saat ini masih sangat prospektif dan menjanjikan, omset bengkel mobil juga masih lumayan jika di kelola dengan baik, walaupun modal untuk membuka bengkel mobil cukup besar, tetapi dengan modal semangat dan keterampilan atau ilmu perbengkelan yang lengkap, sudah sangat cukup untuk segera memulai bisnis hebat dan menjanjikan ini. 

Berikut adalah persiapan dasar yang sangat penting sebagai penunjang kesuksesan ketika membuka bengkel mobil.

1. Tempat.
Tempat sangat menentukan ramainya konsumen yang datang, usahakan lokasi bengkel mobil yang akan kita buka berada pada lokasi pinggir jalan raya yang cukup ramai, tempat juga harus luas, minimal dapat menampung mobil yang akan service lebih banyak, bentuk bangunan boleh permanen boleh juga semi permanen, tetapi untuk menghemat biaya di awal, boleh kita buat dengan bangunan semi permanen, tetapi tetap nyaman, rapih dan tertutup dengan aman.

Pada lokasi bengkel kita dapat membagi tempat menjadi beberapa bagian yang berhubungan dengan kegiatan service yang berbeda, terutama bagian service dan pergantian Spare Part, Ganti Oli, Tune Up, Spooring dan Balancing. Buatlah bagian terpisah dengan adanya spare yang cukup agar konsumen lebih mudah dan merasa nyaman ketika datang untuk memenuhi kebutuhan service yang di inginkan.

2. Legalitas.
Membuka bengkel harus lengkap surat ijinnya, sebab kebisingan yang di akibatan suara kendaraan dan berbagai alat bengkel pasti akan menimbulkan kebisingan untuk lingkungan sekitar, karena itu lengkapilah semua perijinan dan legalitas penting ketika akan membuka bengkel mobil. Selain untuk mendapatkan ijin dari lingkungan setempat, legalitas bengkel berbentuk badan hukum yang jelas juga penting untuk di miliki, kadang beberapa kerja sama dari supplier penunjang kebutuhan bengkel seperti spare part , oli , ban dan beberapa spare part lainnya memerlukan persyaratan kelengkapaan legalitas dari bengkel milik kita.

3. Alat dan perlengkapan bengkel.
Tools yang lengkap juga menjadi persyaratan yang harus terpenuhi dengan baik, seperti Kompresor, kunci-kunci yang lengkap, dongkrak, perlengkapan Hidrolik untuk cuci mobil dan hidrolik untuk pengecekan kerusakan dan service lainnya, alat sporing dan balancing, dan perlengkapan lainnya. semua perlengkapan itu harus ada dan dapat berfungsi dengan baik.

4. Montir terampil.
Montir yang terampil serta piawai dalam menangani berbagai kerusakan mobil pada berbagai merek mobil, juga harus kita miliki, karena ujung tombak dari sebuah bengkel 100% ada pada bagian ini, oleh karena itu,  lakukan seleksi yang ketat dalam perekrutan tenaga ahli harus di lakukan lebih dahulu sebelum membuka bengkel mobil, jangan lupa untuk memberikan gaji yang sesuai untuk seorang montir yang terampil, karena pemberian gaji yang sesuai akan meningkatkan kinerja mereka.

5. Pelayanan.
Pelayanan yang cepat dan tepat juga bagian penting ketika membuka bengkel yang harus menjadi perhatian, keramahan karyawan, cepatnya pelayanan dan tepatnya pelayanan yang di berikan kepada setiap konsumen dan pelanggan yang datang, akan membuat bengkel semakin ramai. Biasanya bengkel akan sangat ramai pada akhir pekan dan hari libur.

6. Ruang Tunggu.
Ruang tunggu juga dapat menjadi daya tarik utama konsumen untuk datang pada sebuah bengkel, ruang tunggu yang nyaman dan luas dengan fasilitas AC dan fasilitas hiburan yang memadai. Tujuan dari menyediakan fasilitas lengkap pada ruang tunggu dalam bengkel dapat sangat membantu mengurangi kejenuhan konsumen yang datang ketika mereka harus menunggu kendaraannya selesai di perbaiki. Biasanya pada ruang tunggu sebuah bengkel sengaja di buat dengan bentuk dan design yang unik dan tetap membangkitkan kesan santai seperti di rumah. 

7. Kebersihan dan kenyamanan.
Kebersihan dan kenyamanan dalam bengkel juga harus dapat diciptakan dengan baik, pengaturan ini harus sempurna pada setiap bagian dalam bengkel kita, bengkel juga harus memiliki pengaturan limbah yang sempurna agar semua bagian sisa service kendaraan tidak berantakan dan tetap tertata dengan baik. Untuk lebih memaksimalkan kebersihan dengan tujuan menciptakan suasana nyaman, kita juga harus memiliki karyawan yang mengerjakan tugas ini secara khusus.

8. Jujur Dalam Memberikan Solusi Yang Tepat.
Membuka bengkel harus jujur ketika konsumen bertanya apa kerusakan pada mobil mereka, jika harus ganti sparepart maka katakanlah, tetapi jika memang tidak perlu menggantinya, maka berikanlah  solusinya dengan tepat. Cara mengelola bengkel mobil seperti ini akan menjadi daya tarik lebih untuk konsumen, sebab mereka akan merasakan pelayanan yang berbeda ketika datang ke bengkel kita.

9. Miliki Spesialisasi Khusus.
Jika bengkel kita memiiliki sebuah spesialisasi dalam perbaikan atau service khusus yang tidak ada pada pelayanan bengkel lain, maka terapkan dan kelolalah dengan baik, strategi ini dapat sangat membantu dalam bisnis bengkel yang kita kelola. Membuat sesuatu yang special dalam bengkel yang kita kelola walaupun hanya satu macam jenis pelayanan atau service saja, sudah sangat cukup untuk membuat kemungkinan bengkel semakin ramai, apalagi spesialisasi khusus yang dimiliki berhubungan dengan sebuah komunitas dan club Mobil yang memiliki anggota yang cukup banyak, ini akan sangat bermanfaat dalam pencapaian target omset yang sangat cepat.

Teman-teman pencinta bisnis, demikianlah beberapa perlengkapan dan strategi dasar untuk memulai bisnis bengkel mobil. Semoga bermanfaat sebagai pemberi inspirasi dan semangat untuk kita semua. Teman-teman juga boleh menambahkan ide dan gagasan sendiri untuk lebih melengkapi dari apa yang telah dituliskan dalam artikel singkat ini, sehingga bengkel mobil yang akan di buka nanti, akan menjadi bengkel mobil yang sangat hebat, ramai dan memiliki omset yang lumayan sehingga kita cepat kembali modal dan untung besar.

Terima Kasih.
Salam Sukses Selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment