15 February 2017

Cara Mendapatkan Modal Bisnis Dengan Pertimbangan Tepat

Bisnis, Modal Bisnis, Modal Usaha, Pinjaman Modal

Modal memang bagian terpenting saat akan memulai bisnis atau usaha, tetapi modal bukan menjadi penentu kesuksesan dalam bisnis dan usaha, hal ini banyak di buktikan oleh pebisnis yang sukses tanpa memiliki modal besar dan banyak juga pebisnis yang gagal karena memiliki modal yang besar. Jadi modal memang bagian penting dalam memulai usaha dan bisnis tetapi bukan sebagai penentu kesuksesan.


Dua pendapat yang berbeda tentang pentingnya modal ketika hendak memulai bisnis tergantung dari cara pandang diri pebisnis masing-masing saat akan memulai bisnis dan usaha.

Jika menurut kita modal bukanlah kendala yang berarti untuk segera memulai bisnis, maka dengan semangat tinggi saat akan memulai usaha dan bisnis sudah sangat cukup sebagai modal untuk tetap bisa berhasil, tapi jika modal tetap menjadi bagian penting yang akan menjadi sebuah kendala besar untuk memulai bisnis dan usaha, berikut ini beberapa cara untuk memperoleh modal usaha dan bisnis yang bisa di jadikan sebagai panduan.

1. Modal Bisnis dari menjual aset.
Aset yang berupa kendaraan, Tanah dan Properti yang dapat di jual dengan harga yang menguntungkan boleh di lakukan, jika setelah melalui proses pertimbangan yang sangat matang menjual aset di nilai lebih menguntungkan untuk di putar dalam modal usaha atau bisnis, maka aset tersebut boleh di gunakan sebagai modal usaha dengan cara menjualnya. Jika aset tersebut masih bisa di pertahankan dan tidak ingin di jual, maka aset itu dapat di jaminkan pada Bank.

2. Modal Bisnis dari Keluarga.
Meminjam modal usaha kepada keluarga yang memiliki uang banyak juga sebuah solusi yang harus di pertimbangkan, karena meminjam kepada keluarga lebih meringankan dalam pengembalian modal yang di pinjam, karena keluarga pasti akan lebih memberikan keringanan ketika memberikan pinjaman modal usaha.

3. Modal Bisnis dari Investor.
Bekerja sama dengan investor dengan pembagian keuntungan yang adil juga boleh di jadikan solusi untuk mendapatkan modal usaha dan bisnis, asalkan pembagian keuntungan yang di berikan bukan presentasi keuntungan yang akan di bagi dari besarnya modal yang di pinjamkan, tetapi murni dari keuntungan yang di dapat setelah bisnis dan usaha berjalan, untuk mendukung cara ini, buatlah pembukuan yang tersusun dengan baik semua pengeluaran dan pendapatan bisnis dan usaha yang akan di kelola. Mengelola usaha secara bersama dengan investor juga sangat baik untuk di terapkan, pembagian keuntungan dapat di bagi sesuai kesepakatan yang di buat sebelumnya.


Konsep bisnis yang akan ditawarkan kepada investor juga harus di buat dengan baik sebelum mengajukan pinjaman atau saat akan mengajukan kerja sama, ini bagian paling penting agar investor tertarik dengan peluang usaha yang akan di kelola bersama atau di biayai permodalannya.

4. Modal Bisnis dari Pemerintah.
Pemerintah juga telah mempersiapkan dana bantuan yang sangat bermanfaat untuk pebisnis kecil dan menengah, kemudahan ini juga dapat di manfaatkan dengan baik jika usaha dan bisnis yang akan di mulai memerlukan modal di awal. Untuk mendapatkan bantuan pemerintah dari segi permodalan di sarankan langsung mencari informasi ke instansi terkait, lengkapi semua persyaratan yang di berikan segera, karena biasanya dana pemerintah untuk modal usaha masyarakat sangat diminati, maka bergegaslah untuk mengajukan dengan melengkapi semua persyaratan yang di berikan dengan cepat.

6. Modal Bisnis dari Bank.
Mendapatkan modal dengan cara meminjam pada Bank juga merupakan solusi yang baik untuk di pertimbangkan, saat ini banyak program pembiayaan Bank yang juga ikut mendukung pengusaha dan pebisnis UKM dalam memulai usahanya, menyesuaikan kebutuhan pinjaman dengn kemampuan diri untuk mengembalikan pinjaman juga harus menjadi perhatian paling utama sebelum mengajukan pinjaman, perhatikan juga besarnya bunga pinjaman yang akan di berikan oleh Bank, jangan terlalu berani untuk meminjam modal dengan bunga yang terlalu tinggi, maka sesuaikanlah agar usaha dan bisnis yang akan di buka berjalan sesuai harapan dan keinginan.

7. Modal Bisnis dari  Kartu Kredit / KTA.
Meminjam modal dengan memanfaatkan kartu kredit atau KTA juga boleh di lakukan asalkan sesuai dengan kemampuan, karena bunga pinjaman kartu kredit dan KTA lebih tinggi di bandingkan dengan beberapa pinjaman dana untuk kebutuhan modal lainnya.

Apapun keputusan yang akan di ambil untuk mendapatkan modal usaha, manfaatkanlah modal yang telah di dapatkan untuk benar-benar di gulirkan dalam usaha yang akan di buka atau di mulai, jangan gunakan uang pinjaman sebagai modal itu untuk keperluan lain di luar keperluan bisnis dan usaha. 100% uang modal hasil meminjam harus 100% di gulirkan dalam modal usaha, tujuannya adalah agar bisnis dapat berjalan dengan baik sehingga modal akan dapat di kembalikan dengan baik.

Terimakasih, semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua, salam sukses selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment