26 February 2017

Cara Menentukan Tempat Jualan Yang Tepat Pada Pasar Tradisional

Bisnis, Tempat Jualan, Pasar Tradisional, Tempat Jualan di Pasar, Jualan Di Pasar

Menentukan Tempat Berjualan yang Tepat dalam Pasar Tradisional sangat mudah sebenarnya, kita tidak perlu lagi mencari tempat mana yang strategis untuk berjualan, karena pasar tradisional pasti akan salalu ramai dari pembeli, yang penting pada lokasi yang akan di pilih harus memiliki akses jalan yang cukup untuk di lalui oleh calon pembeli yang datang dan para pedagang pada lokasi tersebut cukup banyak dan padat.

Untuk berjualan pada pasar tradisional, kita boleh memilih tempat sesuai selera dan Feeling kita saja, di mana lokasi yang paling tepat yang menurut kita untuk berjualan, jika memang harus melakukan pertimbangan dalam memilih tempat berjualan pada Pasar Tradisional itu semata hanya untuk menyesuaikan keuangan yang kita miliki dalam tujuan membeli atau menyewa tempat yang tepat untuk berjualan saja, jika keuangan kita tidak terlalu besar dan lebih mengutamakan stok barang dagangan maka pilihlah tempat berdagang dengan cara sewa, tapi jika modal yang dimiliki lebih banyak dan cukup lebih disarankan untuk langsung membeli saja, karena Toko atau los pada pasar juga sebuah properti yang memiliki nilai tinggi dengan perkembangan kenaikan harga yang sangat cepat.

Setiap Pasar Tradisional selalu memiliki dua bagian tempat penjualan yang jarang di analisa sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan tempat berdagang atau berjualan. kedua tempat ini harus menjadi pertimbangan penting karena sangat menentukan omset dan pendapatan bisnis berdagang ikan asin untuk jangka panjang. Dua bagian tempat berjualan pada sebuah pasar tradisional itu adalah tempat berdagang di bagian dalam dari pasar tradisional atau pada bagian luar pasar tradisional. Kedua tempat ini sebenarnya satu lokasi yang sama tetapi perbedaan kedua tempat berjualan ini sangat kontras dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Setiap pasar memiliki karakteristik yang berbeda, sebagai calon pedagang yang akan memutuskan untuk berdagang pada pasar tradisional kita harus melakukan survei dan pengamatan dengan seksama dengan cara datang ke lokasi saat jam ramai pembeli, waktu yang sangat ramai pada pasar tradisional biasanya antara jam 00.00 hingga menjelang subuh, atau antara jam 3.00 hingga 05.00, tetapi untuk lebih amannya kita dapat bertanya langsung kepada pedagang yang sudah lebih lama berdagang pada lokasi pasar tersebut kapan waktu ramainya pasar dengan lebih tepat.

Setelah mengetahui watu ramai yang tepat. lakukanlah pengamatan dengan baik bagian mana yang lebih ramai dari pembeli apakah bagian dalam dari pasar atau pada bagian luar dari pasar, dengan mengamatinya kita pasti akan mudah untuk menentukan tempat sesuai selera.

Sebagaai bahan tambahan untuk pertimbanga berikut adalah kelebihan dan kekurangan berdagang pada bagian dalam dan bagian luar dari pasar tradisional berdasarkan pengalaman penulis.

Berdagang di bagian Luar Pasar.
Kelebihannya :

  • Biaya uang sewa Lapak lebih murah.
  • Pengunjung dan pembeli lebih banyak saat pagi hari.
  • Dagangan cepat habis.
  • Image harga lebih murah di bandingkan dengan harga di dalam pasar.
Kekurangannya.
  • Kenyamanan berdagang sangat tergantung cuaca dan iklim, jika musim hujan sangat becek dan kadang pengunjung jadi enggan untuk belanja, mereka lebih memilih masuk ke bagian dalam pasar untuk belanja.
  • Jika hari telah siang sinar matahari yang terik juga dapat mengurangi jumlah pembeli yang datang, bahkan dagangan akan kurang segar karena terkena sinar matahari langsung atau terkena hawa panas langsung.
  • Rentan terjadinya tindakan kejahatan, terutama tindakan pencuurian barang dagangan yang di simpan pada lapak tersebut setelah selesai berdagang.
  • Pungli lebih banyak, sehingga pengeluaran dan operasional harian akan lebih besar, terutama pada pasar tradisional yang masih belum maksimal di kelola oleh pemerintah daerah setempat.
  • Persaingan ketat terutama dalam pemberian harga pada pembeli, semua pedagang menjual dengan harga murah agar dagangannya cepat habis, ini terjadi karena mereka mengejar waktu agar pagi hari semua dagangan laris terjual agar tiddak rusak terkena panas matahari.
Berdagang di bagian dalam Pasar Tradisional.
Kelebihannya :
  • Kenyamanan berdagang lebih baik, lebih bersih dan tidak tergantung pada iklim atau cuaca artinya jika hujan tidak becek dan jika panas tidak akan mempengaruhi barang dagangan sehingga kondisi barang dagangan juga akan tetap baik.
  • Keamanan lebih baik sebab pasar bagian dalam biasanya di jaga satpam pasar dari pihak pengelola pasar saat waktu berdagang selesa atau peluang terjadinya pencurian lebih kecil karena lokasinya ada di dalam pasar sehingga menyimpan barang dagangan setelah selesai berdagang juga akan lebih aman, jika lokasi berdagang berupa kios, maka pedagang dapat langsung menutup kiosnya setelah selesai berdagang dengan Rolling dor yang telah tersedia atau jika lapak adalah berbentuk Los maka pedagang dapat langsung menutup dagangannya dengan terpal dan diikat dengan tambang hingga rapih dan aman setelah selesai berdagang.
  • Retribusi atau pungutan biaya yang ada setiap hari juga resmi dari pengelola pasar seperti biaya listrik, biaya kebersihan dan biaya keamanan, selain itu tidak ada.
  • Pengunjung lumayan banyak dan akan lebih banyak lagi jika hujann turun karena banyak pembeli pada bagian luar dari pasar yang akan pindah untuk belanja kedalam.
  • Pembeli lebih banyak dari kalangan pemakai bukan pedagang lagi, sehingga patokan harga jual juga lebih tinggi, ini sangat bermanfaat dalam penambahan keuntungan langsung dari selisih harga modal dan harga jual.
  • Banyak pilihan untuk tempat berdagang, biasanya pilihannya dua macam yaitu Toko atau los. Toko memiliki penutup berupa rolling dor, sedangkan los hanya lapak tanpa dinding pembatas antara pedagang satu dengan lainnya.
Kekurangan.
  • Sering kalah saing dengan pedagang yang ada di luar area pasar yang sama. 
  • Image harga mahal di kalangan pembeli terutama para pembeli yang khusus belanja untuk berjualan di rumah (warung) atau tukang sayur.
  • Uang sewa tempat berdagang yang lebih mahal.
Demikianlah cara menentukan lokasi berdagang atau lokasi berjualan yang tepat pada pasar tradisional berdasarkan analisa terhadap kelabihan dan kekurangan dari dua lokasi strategis baik pada bagian luar maupun pada bagian dalam dari pasar.

Semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.
Terima Kasih.
Salam Sukses selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment