14 February 2017

Manfaat Besar Dari Persaingan Bisnis Yang Semakin Ketat

Bisnis, Persaingan Bisnis, Persaingan Ketat

Peluang saat ini untuk memulai sebuah bisnis masih sangat luas, bisnis apa saja masih sangat memungkinkan untuk di kembangkan, memulai sebuah bisnis bukan berarti harus mencari sebuah ide bisnis baru yang belum ada dan masih sedikit pesaingnya saja. Membuat rencana untuk memulai sebuah bisnis dengan cara tersebut boleh saja, jika memang bukan karena alasan takut bersaing atau belum terlalu banyak pesaing untuk menciptakan sebuah bisnis yang baru, karena jika kita berhasil membuka bisnis yang belum sama sekali memiliki saingan atau sedikit memiliki pesaing, tetap saja lambat laun bisnis yang kita baru buka itu akan di contoh dan ditiru orang lain yang akhirnya mereka juga akan menjadi pesaing dan kompetitor kita.



Persaingan dalam bisnis bukan untuk dihindari apalagi di cegah, itu tidak mungkin di lakukan, yang masih mungkin untuk di lakukan adalah bagaimana sikap kita dalam menyikapi sebuah persaingan dan strategi apa yang harus di persiapan dalam menghadapi persaingan, langkah itulah yang sangat mungkin untuk di lakukan.

Kita boleh mencontoh dari beberapa persaingan bisnis yang sangat ketat yang ada di sekeliling kita, seperti contoh persaingan ketat antara Indomart dan alfamart, keduanya selalu bersaing dengan ketat, bahkan setiap Indomart membuka gerai baru di sebuah lokasi, Alfamart juga langsung sibuk untuk membuka gerai yang sama pada lokasi yang sangat berdekatan. Ini adalah bukti bahwa sebuah persaingan bisnis itu sangatlah menarik dan memang harus selalu ada dalam menciptakan suasana berbisnis yang semakin menarik.

Persaingan yang semakin ketat sebenarnya sangat bermanfaat untuk kita dalam mengembangkan bisnis, berikut adalah beberapa manfaat dari sebuah persaingan bisnis. 

1. Persaingan adalah sebuah tantangan.
Bisnis yang akan menjadi besar adalah bisnis yang selalu berada dalam Zona persaingan yang ketat, mengapa demikian ? 
Meningkatnya kualitas bisnis dapat muncul karena adanya usaha dan upaya untuk menjadi yang terdepan, keinginan untuk menjadi yang terdepan ini muncul karena adanya persaingan yang sangat ketat. Bisa di bayangkan apa yang akan terjadi bila bisnis tidak memiliki pesaing yang berarti, maka mungkin saja bisnis itu akan di gerakkan dengan cara yang biasa saja, bahkan langkah evaluasi dan penggagasan untuk membuat ide baru yang lebih kreatif yang bertujuan memicu kualitas pelayanan (service) dan kualitas hasil produksi tidak akan di di dapatkan oleh masyarakat dan konsumen.

2. Persaingan mendorong kreatifitas.
Seperti pada uraian di atas persaingan akan memberikan dorongan semangat yang berbeda untuk para pebisnis dalam usaha memberikan pelayanan terbaik kepada semua pelanggan dan  konsumen mereka, baik dalam upaya mempertahankan loyalitas konsumen yang sudah ada maupun dalam usaha memperluas pangsa pasar baru dengan tujuan meraih peminat dan konsumen yang lebih banyak dan lebih luas. 

Di sinilah peranan ide dan kreatifitas yang selalu update sangat di perlukan, karena jika tidak maka persaingan akan mampu mengalahkan pebisnis yang seakan acuh dan tidak memiliki keinginan untuk berkembang melalui ide dan kreatifitas yang update.

3. Persaingan memunculkan keinginan untuk lebih baik.
Persaingan juga sangat memiliki efek waspada yang sangat tinggi dari setiap pebisnis, ini sangat bermanfaat untuk selalu memunculkan keinginan pribadi para pebisnis dalam upaya membuat beberapa langkah yang dianggap sangat penting dalam segala hal, baik pelayanan maupun kualitas dari hasil produksi dalam bisnis mereka. 


Menjalankan bisnis dengan selalu memiliki keinginan untuk lebih baik akan melahirkan sebuah performa bisnis yang modern dan profesional, aktifitas pebisnis seperti ini dapat memberikan efek sangat positif untuk konsumen. Konsumen akan di berikan pada pilihan pelayanan dan kualitas hasil produksi yang sangat sempurna, semua ini muncul ketika seorang pebisnis selalu bergerak dan berfikir secara dinamis dalam menjalankan bisnis mereka agar tetap dapat bersaing dengan baik.

4. Persangan Membuat Lebih Fokus dalam mengelola usaha dan bisnis.
Fokus dalam bisnis juga akan melahirkan pelayanan dan kualitas produksi yang semakin sempurna, semua itu muncul karena adanya persaingan yang semakin ketat, langkah proteksi dan berbagai strategi pengembangan yang selalu di lakukan oleh pebisnis dalam melindungi dan menjaga bisnis milik mereka dari berbagai kompetitor dan pesaing yang dapat membahayakan masa depan bisnis, terutama karena kekalahan dalam persaingan yang semakin ketat dapat dihindari, sehingga para pebisnis selalu terfokus pada satu titik ketika mendrive bisnis mereka, yaitu harus menang dalam persaingan dengan berbagai cara positif yang dapat diterapkan. 

Upaya paling sederhana yang sering di lakukan dan di terapkan oleh banyak pebisnis adalah dengan semakin fokus, komitmen dan konsisten dalam mengatur dan mengembangkan bisnis milik mereka, sehingga langkah sederhana ini dapat menghasilkan kualitas dan performa bisnis yang sempurna.

5. Persaingan melahirkan pemenang dan mental sang juara.
Hasil dari sebuah kemenangan dalam persaingan bisnis yang sangat ketat bukan hanya sebuah kepuasan diri saja, tetapi juga dapat membentuk mental positif secara pribadi untuk diri seorang pebisnis, mental positif dan sikap positif yang di hasilkan karena sebuah persaingan bisnis yang ketat dapat melahirkan sebuah bisnis hebat yang sangat di butuhkan oleh masyarakat dalam memenuhi kebutuhan akan pelayanan yang profesional dan memuaskan, sehingga terciptalah simbiosis mutualisme yang sangat baik antara pebisnis dengan masyarakat yang membutuhkan pelayanan.

Ternyata persaingan dalam bisnis yang semakin ketat dapat menjadikan seorang pebisnis lebih memiliki tujuan yang jelas dalam menjalankan bisnisnya, itu semua sekali lagi karena persaingan ketat dalam bisnis yang harus selalu di menangkan oleh siapa saja yang memiliki kemauan untuk memenangkannya.

Segala usaha yang di lakukan oleh para pebisnis untuk meningkatkan pelayanan dengan menggunakan segala kemampuan yang dimiliki untuk tujuan sukses juga akan menjadi pilihan satu-satunya dari para pebisnis ketika persaingan dalam bisnis harus di alami oleh mereka. 

Keadaan ini akan melahirkan kualitas bisnis yang sangat di butuhkan oleh konsumen dan pelanggan dalam kesempurnaan perolehan hak mereka yang paling utama yaitu "Kepuasan".

Terima Kasih, selamat bersaing secara positif dalam bisnis dan semoga siapapun yang berhasil memenangkannya adalah pebisnis dengan kualitas terbaik hasil penilaian konsumen secara langsung ketika menerima dan merasakan sebuah pelayanan, tetaplah selalu kreatif dan inovatif dalam setiap langkah berbisnis, karena itu adalah sarat mutlak untuk terus dapat bersaing dengan baik.

Salam Sukses selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment