9 February 2017

Memilih Dagangan Makanan Tradisional sederhana Adalah Strategi Paling Aman Dalam Berbisnis

Bisnis, Strategi Bisnis, Menjual Makanan Tradisional

Menjatuhkan pilihan untuk menjual dan berdagang berbagai makanan tradisional sederhana seperti Ketoprak, Gado-gado, Soto Mie, Soto Daging, Bakso Dan makanan tradisionl lainnya, dinilai oleh banyak pebisnis sebagai strategi berbisnis simpel dan aman untuk menghindari resiko kebangkrutan atau resiko bisnis tidak berjalan.

Makanan tradisional sebagai pilihan dagangan, bertujuan agar bisnis lebih mudah untuk di kembangkan dan di harapkan dapat lebih cepat untuk meraih keuntungan besar, karena mengandalkan nama besar dari semua makanan tradisional sederhana yang sangat familiar di telinga masyarakat tersebut, dinilai lebih memiliki peluang besar untuk lebih banyak terjual.

Makanan tradional tersebut, juga dinilai telah memiliki pasar atau market sendiri yang cukup luas. Pasar yang sangat luas itu terbentuk secara alamiah karena Rasa dan harga dari berbagai makanan tradisional sederhana itu enak dan sangat terjangkau, makanan tradisional tersebut juga telah menjadi bagian dalam kebutuhan utama sebagai pengganti makanan pokok atau pengganti hidangan yang dapat di siapkan untuk keluarga di rumah secara dadakan.

Tetapi diantara berbagai kelebihan tersebut di atas, memilih makanan tradisional sebagai dagangan pilihan ketika berbisnis, juga harus memperhatikan persaingan ketat diantara para pedagangnya yang selalu berlomba untuk mendapatkan perhatian lebih dari semua konsumen dan pembeli yang sangat banyak, karena semakin banyak peminat pasti akan banyak yang berdagang dan semin banyak yang berdagang maka persaingannya juga semakin ketat.

Karena itu penting untuk melakukan beberapa strategi yang dapat menjadikan dagangan milik kita tetap berbeda dan lebih di minati oleh konsumen.

1. Rasa.  
Memiliki rasa makanan yang lezat dan pas di lidah adalah sebuah strategi yang harus diterapkan agar dapat memenangkan persaingan, rasa yang nikmat dengan bumbu yang pas juga akan menjadikan dagangan makanan tradisional milik kita lebih laku dan banyak diminati. Langkah ini juga dapat memicu iklan dari mulut kemulut dalam waktu yang sangat cepat dari konsumen yang pernah merasakan makanan yang kita jual.

2. Tempat Strategis, Bersih dan Nyaman. 
Dengan menerapkan strategi ini konsumen juga akan memberikan nilai lebih ketika berkunjung dan datang untuk memesan makanan, tempat yang strategis, nyaman dan bersih juga menjadi daya tarik paling besar saat berdagang makanan tradisional, maka sebelum menjual makanan tradisional pebisnis harus berfikir lebih detil dalam memilih tempat berdagang yang sesuai dengan kriteria tersebut.

3. Penyajian. 
Cara Penyajian makanan ketika di pesan, juga masuk dalam strategi penting yang harus di perhatikan, yang termasuk dalam cara penyajian ketika berdagang makanan tradisional adalah : 
  • Pemilihan Perabot untuk penyajian makanan yang bersih dengan kondisi perabot yang baik.
  • Memilih perabot optional yang unik sebagai penambah daya tarik dalam penyajian makanan. Langkah ini juga boleh di terapkan agar dagangan makanan tradisional milik kita terllihat unik dan berbeda.
  • Memberikan Kemasan simpel yang bersih dan lebih terlihat profesional ketika makanan di pesan untuk di bawa pulang oleh konsumen.
4. Pelayanan.
Pelayanan yang cepat dan ramah ketika di kunjungi oleh konsumen juga strategi utama yang harus di terapkan dengan baik, karena kesan berikutnya yang harus di dapatkan oleh konsumen ada pada bagian ini. Ketika kesan itu di dapatkan konsumen dengan sempurna , maka kepuasan itu akan berubah menjadi sebuah iklan dan promosi yang sangat cepat, sehingga bisnis kita mungkin akan lebih di kenal luas karena promosi ini.

Demikianlah salah satu cara menerapkan strategi sederhana dalam bisnis dengan berdagang makanan tradisional sebagai pilihan aman berdagang agar terhindar dari kebangkrutan dan sepinya pelanggan.

Semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.
Terima Kasih.
Salam Sukses Selalu.

0 komentar:

Post a comment