17 February 2017

Menggunakan Hak Konsumen Sebagai Acuan Dalam Memberikan Pelayanan Bisnis

Bisnis, Konsumen, Hak Konsumen, Palayanan Konsumen, Melayani Konsumen

Hak Konsumen adalah kebebasan yang di miliki konsumen untuk tujuan mendapatkan pelayanan dan produk yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah Hak Konsumen yang berhak untuk di dapatkan.

  1. Memilih pelayanan dan produk berkualitas.
  2. Mendapatkan Jaminan Kepuasan.
  3. Memilih harga terbaik.
  4. Melakukan penawaran harga atau negosiasi harga.
  5. Mendapatkan pelayanan after sales.
Berikut ini adalah penjelasnnya yang lebih detil.

1. Memilih pelayanan dan produk berkualitas.
Hak Konsumen yang pling banyak di gunakan adalah diperbolehkannya untuk memilih jenis pelayanan atau produk sesuai kebutuhan yang paling pas dengan berbagai pertimbangan, petimbangan itu diantaranya :
  1. Pertimbangan Harga. Harga yang termurah pasti akan menjadi pertimbangan utama dalam menentukan sebuah keputusan yang di lakukan oleh konsumen, murahnya harga yang di tawarkan tentu lebih di sukai jika diiringi dengan kulitas yang baik.
  2. Lokasi Bisnis Terdekat atau Lokasi Bisnis mudah di temukan melalui Internet. Pilihan konsumen ketika memilih sebuah pelayanan tentu lokasi juga menjadi pilihan utama, lokasi terdekat dengan konsumen itu sendiri sangat diutamakan konsumen untuk menggunakan hak memilih yang di milikinya.
  3. Quick Response. Sebelum menjatuhkan pilihan pada sebuah layanan, seorang konsumen pasti akan bertanya berapa lama pelayanan yang dapat di berikan untuk menjawab tantangan kebutuhan mereka, response yang cepat dalam memberikan pelayanan pasti akan menjadi pilihan dan pertimbangan utama bagi konsumen.
Pilihan yang juga menjadi pertimbangan penting Konsumen adalah produk berkualitas, jika harga yang ditawarkan lebih murah di pasaran dengan kualitas yang cukup memuaskan mereka, maka itu juga akan menjadi pertimbangan utama untuk menjatuhkan pilihan.

2. Mendapatkan Jaminan Kepuasan.
Hak Konsumen yang juga sangat penting sebagai pertimbangan dalam menjatuhkan pilihan adalah mendapatkan jaminan kepuasan, kepuasan akan produk yang sesuai dan tidak over claim atau kepuasan dalam pelayanan yang sesuai dengan kesepakatan. Hak konsumen dalam memilih untuk mendapatkan hak jaminan kepuasan pasti akan di lakukannya dengan sangat hati-hati, mereka akan membuat daftar calon pilihan yang sangat banyak dari berbagai sumber, tujuannya hanya satu yaitu mendapatkan jaminan kepuasan yang sangat baik dari kebutuhan mereka.

3. Hak memilih Harga Terbaik.
Sebagai pebisnis jangan tersinggung jika konsumen bertanya secara detil tentang harga, karena ini adalah bagian dari Hak mereka untuk mengetahui sebelum memilih, maka berikanlah setiap jawaban harga yang tepat. Bagaimanakah cara memberikan harga yang tepat itu ?

Dalam memberikan harga yang tepat yang paling di sukai konsumen adalah pemberian harga yang sesuai dengan kualitasnya. Jika harga tidak sesuai dengan kualitasnya maka konsumen pasti akan beralih untuk memilih kepada yang lain. Sebagai penjual kita harus pandai memberikan beberapa pilihan yang beragam, agar semua yang ditawarkan akan menjadi pertimbangan untuk konsumen.

4. Melakukan Negosiasi Harga atau Menawar.
Ini jug bagian dari Hak Konsumen yang sangat wajar untuk di gunakan, ketika di berikan harga oelh penjual konsumen pasti akan menawar, sebagai penjual harus paham dengan situasi ini, penjual yang fleksibel dalam menentukan harga jual pasti akan lebih di sukai.

5. Mendapatkan pelayanan after sales.
Hak Konsumen yang juga sering di gunakan adalah Hak untuk mendapatkan pelayanan after sales yang baik, hak pelayanan ini berupa jaminan setelah pembelian dalam waktu tertentu yang ditentukan sebelum terjadi transaksi antara penjual dan konsumen atau jaminan after sales bisa juga berbentuk jaminan tambahan perlindungan dan service berupa perbaikan kerusakan dan maintenance.

Sebagai penjual atau pebisnis yang hebat kita dapat menjadikan semua Hak Konsumen di atas sebagai acuan dalam tujuan memberikan pelayanan terbaik, sehingga konsumen yang sangat banyak akan menjatuhkan pilihannya kepada layanan dalam bisnis yang kita miliki.

Terima Kasih, Selamat Berbisnis dan semoga bermanfaat untuk kita semua.
Salam Sukses Selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment