14 February 2017

Peluang Besar Dalam Bisnis Yang Muncul Di Hari Spesial Valentine

Bisnis, Momen Bisnis, Hari Valentine, Peluang Valentine, Peluang Bisnis

Peluang yang sangat besar di hari Valentine sangat bermanfaat jika di jadikan momen dalam pengembangan bisnis terutama yang berhubungan dengan pendapatan dan omset (Moment Opportunity). Saat hari Valentine perilaku konsumen tidak berbeda dengan hari-hari spesial lainnya ketika mereka berbelanja, apa sajakah perilaku tersebut ?

  1. Tidak berfikir terlalu berat untuk mengeluarkan uang saat hari spesial, karena memang moment saat mereka datang ke berbagai pusat perbelanjaan adalah untuk berbelanja, sejumlah uang yang akan di gunakan oleh semua pelanggan dan konsumen yang datang memang telah di persiapkan sebelumnya untuk di belanjakan berbagai keperluan mereka.
  2. Di hari special,  konsumen yang datang untuk berbelanja juga memiliki tujuan untuk memberikan kebahagiaan kepada orang-orang spesial dan itu membutuhkan uang yang sangat banyak untuk mewujudkannya. Konsumen yang memiliki pola berfikir seperti ini telah menyiapkan uang sebelumnya ketika mereka datang dan berkunjung ke berbagai pusat perbelanjaan.
Agar perilaku konsumen saat berbelanja seperti ini dapat bermanfaat untuk bisnis kita, maka sebagai pebisnis hebat, kita juga harus menerapkan beberapa strategi penunjang untuk menjadikan hari Valentine sebagai momen spesial yang dapat memberikan dampak positif untuk bisnis yang kita kelola.
  1. Menerapkan berbagai promosi dan discount spesial kepada pelanggan setia. Discount merupakan strategi umum yang sering di terapkan oleh beberapa pebisnis, tapi kadang upaya discount dengan tujuan menarik minat pembeli lebih banyak yang datang juga kurang efektif tanpa di tunjang dengan momen hari spesial yang tepat, di harapkan momen valentine dapat  mendukung berbagai discount yang diterapkan sehingga hasil yang di dapatkan sesuai dengan tujuan yang ingin di capai. 
  2. Memberikan pelayanan berbeda dan khusus dalam menyambut hari Velantine. Pelayanan yang sangat baik yang di terapkan pada hari biasa sangat banyak memberikan manfaat besar dalam bisnis, apalagi jika pelayanan ini juga di terapkan lebih maksimal saat momen spesial seperti Hari Valentine, hasil yang akan di dapatkan pasti akan lebih baik dari hari biasa.
  3. Memberikan berbagai Reward dan hadiah spesial. Pemberian berbagai hadiah dan Reward tentu akan sangat menjadi daya tarik untuk semua pelanggan, dengan di terapkannya strategi ini pada hari yang tepat seperti Valentine, konsumen akan merasakan sebuah bentuk kualitas pelayanan dan kualitas kepedulian yang berbeda dan spesial sehngga perbedaan ini diharapkan menjadi daya tarik tambahan untuk semua pelanggan yang datang.
  4. Meningkatkan mutu dan kualitas dalam pelayanan dan kualitas produk serta pelayanan lainnya. Menjadi pebisnis yang selalu lebih baik setiap hari adalah cara mengembangkan bisnis untuk juga ikut berkembang dan lebih baik, salah satu strategi pengembangan bisnis yang sangat penting untuk terus di tingkatkan adalah meningkatkan mutu dan kuaitas dalam pelayanan serta kualitas produk yang di hasilkan dari bisnis yang kita kelola.
  5. Menyediakan berbagai Produk Sesional yang erat kaitannya dengan Hari Valentine, seperti coklat, bunga dan perlngkapan lainnya. Meningkatkan omset menggunakan momen hari spesial sebagai pemicunya, harus di dukung oleh produk yang sesuai dengan momen yang akan di gunakan sebagai pemicu terjadinya peningkatan hasil, di harapkan strategi ini juga tepat untuk diterapkan sebagai pemberi daya tarik tambahan kepada semua pelanggan dan konsumen setia.
  6. Menempatkan berbagai hiasan dan aksesoris bernuansa Valentine pada tempat bisnis milik kita. Bagian ini juga penting agar momen hari spesial Valentine semakin memberikan nuansa kenyamanan yang lebih sempurna kepada semua pelanggan dan konsumen yang datang.
  7. Memberikan ucapan selamat Hari Valentine kepada setiap pengunjung yang datang oleh semua karyawan dan staf yang bekerja pada bisnis milik kita. Langkah ini juga dapat membuat suasana spesial yang sangat baik dan bermanfaat jika di terapkan, terutama dalam penghargaan dan kepedulian lebih kepada semua pelanggan yang datang, terutama untuk mereka yang merayakan hari spesial Valentine.
Ini yang menarik, seorang pebisnis harus memiliki cara pengembangan bisnis yang lebih luas, berbagai keputusan penting dalam menerapkan strategi yang sangat tepat untuk tujuan kemajuan dan kesuksesan di perlukan wawasan dan cara berfikir yang lebih modern dan update.

Walaupun budaya Valentine bukan merupakan sebuah budaya yang menjadi jati diri kita sebagai pebisnis, beberapa langkah di atas akan sangat efektif jika di terapkan, semua tergantung cara memandang momen ini sebagai peluang atau tidak, yang terpenting adalah "Dalam berbisnis jangan terlalu kaku dan berusahalah untuk lebih fleksibel, karena sebuh bisnis yang akan bertumbuh lebih cepat dan besar adalah bisnis yang di kelola dengan menerapkan metoda pengembangan secara Universal bukan dengan cara kekhususan, karena metode Kekhususan akan semakin mempersempit pangsa pasar yang akan di capai."

Semua strategi hebat ini adalah bentuk penyesuaian agar setiap momen spesial dapat menjadi peluang yang menghasilkan, walaupun momen itu belum tentu sesuai dengan budaya dan keyakinan yang di anut oleh kita sebagai pemilik bisnis tersebut. Pemanfaatan momen spesial ini juga di harapkan bermanfaat untuk meningkatkan jalinan kedekatan lebih antara bisnis milik kita dengan semua konsumen dan pelanggan setia dari berbagai latar belakang, status sosial dan budaya yang sangat luas dan beragam, sehingga mereka akan berminat dan terus datang untuk berbelanja atau melakukan beberapa kesepakatan penting dalam bisnis milik kita tersebut.

Terima kasih, semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua. 
Salam Sukses Selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment