25 February 2017

Pengetahuan Dasar Internet Dan Bisnis Internet

Bisnis, Internet, Bisnis Internet

Menjalankan Bisnis Melalui Internet memang sangat menarik untuk di lakukan, selain itu menjalankan Bisnis lewat Internet sangat mudah untuk di jalankan, hasil yang di dapatkan juga tidak kalah menarik jika di bandingkan dengan bisnis yang dijalankan secara Offline.

Menjalankan Bisnis melalui internet saat ini sangat tepat untuk di jadikan pilihan, karena mengembangkan bisnis melalui internet 100%  lebih murah jika di bandingkan dengan mengembangkan dan menjalankan Bisnis secara Offline.

Silahkan lakukan perhitungan sendiri jika masih belum meyakini teori saya diatas. Berapa Modal yang di perlukan untuk membuat sebuah Toko pada tempat strategis. Berapa uang sewa pertahun yang harus di bayarkan dan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan beberapa renovasi kecil sebelum Toko di Gunakan, dan berapa biaya yang harus di keluarkan untuk mengisi barang dagangan dengan lengkap agar Toko terlihat lebih menarik. Semua itu pasti akan menghabiskan uang yang sangat banyak.



Sekarang kita bandingkan dengan membuka Toko Melalui Internet. Kita cukup membuat Website atau Blog lalu kita hiasi dengan berbagai Foto dan Artikel tentang bisnis yang kita miliki agar menarik, lalu melakukan optimasi website dan blog tersebut dengan Teknik SEO simpel, malakukan Update dengan menambahkan posting terbaru setiap hari di dalam website dan Blog bisnis milik kita, setelah semua sistem bekerja maka tunggu saja, semua pelanggan dan calon konsumen akan berdatangan melalui semua Kontak yang telah di publikasikan melalui website atau Blog Bisnis milik kita itu. Sangat simpel bukan ?

Kendala awal yang banyak di keluhkan oleh sebagian masyarakat ketika dianjurkan berbisnis melalalui internet, kebanyakan dari mereka mengatakan, "Saya tidak mengerti internet dan saya tidak tahu sama sekali mengenai komputer atau Laptop", "Apakah saya juga bisa berhasil berbisnis melalui internet ?"

Jika ada pertanyaan semacam ini, saya sendiri secara pribadi akan menjawabnya untuk mereka.
Jawaban saya adalah Kita semua sangat bisa dan sangat mungkin untuk melakukan Bisnis melalui Internet. Yang penting jangan takut dengan apa yang tidak kita ketahui tentang internet, karena jika takut lebih dominan ada dalam pikiran kita, maka kita akan malas untuk mempelajari lebih dalam apa itu internet dan bagaimana cara berbisnis melalui internet.

Sangat banyak orang yang hari ini sukses berbisnis melalui Internet berawal sama seperti kita. Mereka tidak mengerti bahkan ada yang lebih "Gaptek" lagi. Sekarang mereka telah berubah menjadi orang hebat. Belajar dari mereka tentu sangatlah bagus tujuannya adalah agar kita juga Termotivasi untuk bisa melakukan dan sukses yang sama seperti mereka. Apa bedanya kita dengan mereka, yang membedakan hanya sedikit, yaitu mereka kebetulan sudah lebih lama mengenal internet dan mereka lebih dulu berkiprah dalam bisnis melalui internet. Karena itu sangat wajar jika mereka sukses lebih dahulu dibandingkan kita. 



satu pembelajaran yang dapat di petik dari mereka yang telah berhasil menjalankan semua bisnis mereka melalui internet adalah mereka mau belajar dan mau melakukannya dengan penuh ketekunan dan kesabaran hingga saat ini.

Sekarang lupakan apa yang tidak kita pahami tentang internet dan lupakan semua alasan yang selalu membuat kita semakin takut untuk mencoba dan belajar lewat internet.

Jangan menunggu saat yang tepat untuk belajar, karena jika kita selalu menunda waktu untuk menunggu waktu yang tepat, maka dia tidak akan pernah datang, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai.

Beberapa hal yang paling dasar untuk mengenal Internet adalah kita harus persiapkan beberapa perlengkapan pendukung untuk menganal internet atau berbisnis melalui internet. Diantaranya adalah :
  1. Siapkan Komputer dan laptop yang telah terhubung dengan internet, jika komputer dan jaringan koneksi internet belum ada di rumah kita, maka siapkanlah uang receh untuk pergi ke warnet.
  2. Duduklah dengan santai dan tatap komputer atau laptop yang ada di hadapan kita lalu mulailah hidupkan komputer atau Laptop tersebut.
  3. Setelah komputer dan laptop hidup, masuklah ke dalam browser. Apakah browser itu Browser secara sederhana adalah software atau program yang telah di buat oleh beberapa orang pintar melalui bahasa program yang dapat kita gunakan untuk mecari berbagai data dan informasi melalui internet, baik data berupa gambar, teks dan dokumen atau video. Setiap komputer dan laptop pasti memiliki Browser yang langsung dapat di gunakan dengan cara melakukan klik pada Icon atau gambar kecil dari Icon Browser itu sendiri.
  4. Untuk mempermudah kita agar dapat mengenal lebih banyak tentang Browser, saya akan memberikan beberapa jenis browser yang dapat kita gunakan untuk mencari berbagai informasi melalui internet, seperti Google Crome, Mozilla Fire Fox, Internet Explorel, Opera dan masih banyak yang lainnya. Silahkan gunakan yang mana saja terutama browser yang telah tersedia dalam komputer yang ada di hadapan kita.
  5. Setelah kita membuka browser dengan cara melakukan klik pada icon browser tersebut sehingga terbuka, maka kita sudah siap untuk memulai belajar untuk mengetahui apa saja, terutama menyangkut tentang semua hal yang kita tidak tahu sehingga semua itu selalu menjadi keraguan dalam diri sendiri ketika akan melakukan bisnis lewat internet.
  6. Ketikan beberapa kata tentang pertanyaan itu melalui browser yang telah terbuka. Apa saja tanyakan pada browser tersebut, maka setiap pertanyaan pasti akan terjawab, semua jawaban itu ada pada hasil pencarian otomatis pada layar baru dalam komputer atau laptop, silahkan pilih salah satu dari tampilan itu dan klik mana yang kita suka. setelah melakukan klik maka kita akan di bawa pada tampilan dari website atau blog dan silahkan baca dengan baik dari isi tulisan itu, jika informasi yang kita cari belum kita temukan, kembali lagi lakukan hal yang sama berulang-ulang.
  7. Jika aktifitas seperti ini kita dapat lakukan setiap hari dalam waktu 2 jam dengan rutin, maka dapat di pastikan kita akan semakin pandai dan cerdas, sehingga secara perlahan semua pertanyaan bagaimana cara berbisnis melalui internet dapat terjawab dengan sempurna.
Intinya adalah kemauan, kita harus memiliki kemauan untuk mencari tahu serta belajar tanpa henti, cara mencari tahu yang juga di lakukan melalui internet pasti akan lebih mudah dan lebih cepat karena kita dapat langsung belajar sekaligus praktek,  hanya dengan internet semua informasi itu ada, dan semua jawaban yang kita butuhkan pasti akan diterangkan baik melalui tulisan, gambar dan foto maupun melalui Video.

Setelah mempelajari Internet dengan melakukan percobaan untuk menggali berbagai Informasi dari internet maka langkah berikutnya kita dapat langsung memulai bisnis melalui internet.

saat kita menggali berbagai informasi melalui internet yang telah kita lakukan melalui browser, maka seperti itulah cara kerja bisnis internet itu, ketika seseorang mencari informasi maka search engine akan membawa ke Lokasi website atau blog melalui penelusuran berdasarkan kata kunci yang di Input melalui kolom pencarian pada kolom pencarian  search engine, langkah ini persis sama seperti langkah latihan pada saat kita mencari informasi melalui internet.

Jika kemarin kita mencari informasi melalui internet sekarang saatnya kita menyiapkan konten yang berupa informasi bisnis milik kita dengan upaya optimasi agar mudah untuk di temukan oleh pengguna yang mencari.

Berikut adalah langkah, tahapan dan persiapan yang harus di lakukan untuk dapat membuat konten bisnis.


1. Membuat wadah dari konten.
Wadah dari konten adalah sebuah website atau Blog, sebelum membuat konten atau materi yang berisi informasi bisnis yang akan kita promosikan lewat Internet terlebih dahulu kita harus membuat Blog atau Website.

Cobalah membuat blog melalui www.blogger.com, selain mudah penggunaan fiturnya, Blogger juga memiliki kelengkapan fitur yang sangat banyak sebagai penunjang bisnis lewat Internet.

saya anggap semua teman-teman telah mengerti bagaimana cara membuat sebuah blog atau website, jadi pada kesempatan ini saya tidak akan membahas cara membuat website atau Blog.

Blog atau website bisnis harus di buat dengan kelengkapan :
  • Produk dan informasi jasa yang lengkap dengan keterangan dan harga.
  • Company Profile dari Bisnis milik kita.
  • Lokasi Bisnis kita beserta Foto Suasana Toko atau kantor (Jika ada), jika tidak ada maka kita boleh memasukkan alamat workshop pada alamat rumah kita. Intinya alamat yang di cantumkan pada blog atau website selain bermanfaat dalam membangun Trust juga bermanfaat untuk hasil pencarian melalui search engine berdasarkan wilayah terdekat dari pencari yang ingin berinteraksi dengan bisnis kita tersebut, baik ingin melakukan pembelian, memesan barang dan sekedar bertanya semua informasi.
  • Melakukan optimasi sederhana pada semua bagian dari website atau blog bisni kita agar mudah ditemukan.
  • Optimasi dapat di lakukan pada pembuatan Judul Blog atau website, pada deskripsi dari blog atau website, optimasi melalui keyword atau kata kunci.
2. Melakukan Promosi Konten.
Yang di maksud dengan promosi konten adalah upaya promosi yang di lakukan pada setiap konten pada blog dan wesite bisnis milik kita, caranya kita bisa promosikan konten melalui semua sosial media dengan melakukan Copas pada link url untuk di sematkan pada semua sosial media yang ada dalam internet,

Miliki semua akun sosial media yang mengatasnamakan Bisnis milik kita, baik Google+, Facebook, teitter, Instagram danlainnya. Setelah itu lakukan copas pada ling dan sebarkan dengan cara paste pada setiap sosial media. Langkah ini adalah bagian untuk memaksimalkan trafic organik dari konten bisnis dari website dan blog bisnis kita.
Terima kasih teman-teman.
nanti kita lanjutkan lagi pengenalan dasar internet dengan tujuan mencari wawasan dan pengetahuan dasar bagaimana cara berbisnis melalui internet.

Kedua langkah di atas adalah cara membentuk sebuah sistem pemasaran paling dasar dalam bisnis menggunakan website dan Blog Bisnis yang berisi Konten menarik dari semua bagian dalam bisnis kita.

Yang lebih hebatnya lagi jika sistem marketing ini telah berjalan dan memiliki trafik yang cukup baik maka sistem pemasaran otomatis telah bekerja dan tugas kita hanya tinggal melalukan update dari konten dan pemeliharaan atau maintenence dari semua konten yang ada dalam blog dan website dan pastinya menunggu pembeli atau klien yang akan memesan pelayanan atau produk melalui bisnis milik kita tersebut.

Sebagai tambahan wawasan ilmu dalam bisnis lewat Internet yang sangat memegang peranan untuk hasil pencarian sempurna adalah melalui trafik organik, tidak usah bingung harus melakukan apa, perlahan nanti semua akan kita ketahui dengan baik, tetapi saya akan mencoba menggambarkannya apa itu trafik organik. 

Untuk mudah memahaminya apa itu Trafik organik, saya akan berikan ilustrasi pada contoh berikut.

Sebuah sungai pasti memiliki saluran ait yang sangat deras dan saluran ait yang deras itu sangat mungkin untuk menjadi daya dorong untuk sebuah perahu yang terbuat dari batang bambu untuk berjalan diatasnya sesuai dengan kecepatan aliran sungai itu.

Apa maksudnya semua ini ?

Alran sungai adalah trafik organik yang memang telah ada secara alami seperti Google membuat trafik melalui search engine dan perahu yang terbuat dari batang bambu adalah Konten bisnis yang berada pada website dan blog yang telah kita buat, jadi website kita harus mengalir dengan deras dalam trafik organik yang telah di buat oleh Google melalui seach engine.

Faktor apa saja yang sangat mempengaruhi kecepatan sebuah blog atau website untuk terus mengalir dengan deras pada trafik oganik ?

  • Template yang SEO Friendly. Template SEO Friendly mengandung program yang sangat menunjang trafic organik.
  • Menautkan Website atau Blog dengan Google Webmaster Tools (Google Search Console, Google Analytics dan Google Tag Manager).
  • Membuat Konten bisnis yang menarik sehingga membuat betah pengunjung yang membacanya. Semakin baik konten bisnis yang kita buat maka trafik akan semakin besar.
  • Jumlah Konten yang cukup banyak dan selalu update dalam website atau Blog bisnis milik kita ( pada konten harus berisi semua bagian keterangan bisnis milik kita yang lengkap).
Demikianlah teman-teman keterangan singkat mengenai pengetahuan dasar Internet dan Cara Berbisnis melalui internet semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi kita semua.
Terima Kasih.
Salam sukses selalu dan Selamat berbisnis lewat internet.
Kita akan lanjutkan kembali dengan artikel lainnya.
See U.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment