15 February 2017

Proses Dan Tahapan Untuk Menjadi Seorang Penjual Handal

Bisnis, Penjual, Penjual Handal, Bisnis Menjual, Proses Menjual, Proses Menjadi Penjual Handal

Menjual masih banyak ditakuti oleh sebagian orang untuk di lakukan, berbagai alasan yang mereka keluarkan semakin memperkuat rasa takut sehingga semakin memupuk rasa tidak mampu untuk menjual, padahal menjual itu sangat mungkin untuk di lakukan jika di mulai dengan cara berani mencoba.

Seperti ketika kita ditawari untuk mencoba sebuah makanan baru yang belum pernah di rasakan sebelumnya, pasti yang akan lebih dahulu di lihat adalah bentuk dan tampilan dari makanan yang di tawarkan, jika makanan itu terlihat menarik maka keberanian untuk mencoba makanan itu pasti ada, tetapi jika tampilan makanan baru itu mencurigakan dan tidak meyakinkan, maka rasa takut untuk mencoba akan lebih besar jika di bandingkan keberanian untuk mencoba makanan baru tersebut.

Menjual juga demikian, jika dalam pikiran lebih besar rasa takut karena belum pernah melakukan aktifitas menjual, pasti semua resiko menjual seperti rasa malu, rasa gengsi dan takut di tolak akan lebih dominan muncul sebelum mencobanya.

Menjual yang paling mudah ada beberapa tahap, berikut adalah penjelannya.

1. Mulailah Menjual Kepada beberapa orang yang sudah kita kenal Sebelumnya.
Menjual kepada Keluarga, saudara dan teman adalah cara belajar menjual di awal yang paling efektif, karena menjual kepada mereka itu "Nothing to Lose". Di terima baik tidak di terima juga tetap baik, semua orang yang kita kenal itu jika di tawari sesuatu dan menolak tidak akan melukai perasaan kita terlalu mendalam, semua itu karena kita mengenal mereka dengan baik begitu juga sebaliknya.

Proses belajar menjual kepada semua orang yang kita kenal selain sebagai latihan agar terbiasa dengan penolakan juga sebagai latihan mental agar lebih kuat menerima konsekwensi sebagai penjual, yaitu "DITOLAK".

2. Melakukan penjualan pada ruang lingkup yang lebih kecil.
Jika kita memutuskan untuk menjadi seorang penjual, maka semua orang yang ada pada lingkungan kecil di sekitar kita harus mengetahuinya terlebih dahulu, tujuannya adalah agar lingkungan kecil di sekitar kita mengetahui bahwa kita menjual sesuatu walaupun tidak semua dari mereka itu membeli, langkah menjual dengan cara ini juga bertujuan untuk membuka langkah pemasaran yang di mulai dari lingkungan terkecil di sekitar kita. 

Upaya menjual pada lingkungan kecil juga bertujuan mencegah terjadinya Goal transaksi penjualan yang di lakukan orang lain karena kita melupakan untuk menawarkan terlebih dahulu, hal ini bisa saja terjadi karena kita mungkin merasa belum siap untuk menawarkan lingkungan kecil di sekitar kita dengan berbagai alasan. Untuk mencegahnya terjadinya hal ini maka segeralah lakukan penawaran kepada mereka lebih dahulu sebelum menawarkan pada lingkungan dengan ruang lingkup yang lebih luas.

Manfaat kedua dari melakukan promosi dengan menawarkan pada lingkungan sekitar merupakan langkah promosi awal yang sangat bermanfaat. selain bertujuan mencari pembeli yang berminat langsung dari apa yang kita tawarkan, langkah ini juga merupakan sebuah iklan dan promosi agar lingkungan sekitar yang terdekat mengetahui kita menjual sesuatu. Jika suatu saat mereka membutuhkan apa yang pernah kita tawarkan maka mereka akan mencari kita terlebih dahulu.

3. Menjual saat kapan saja, di mana saja, pada aktifitas apa saja, pada hari apa saja.
Untuk mampu mencapai tahapan dalam menjual seperti ini semua sangat tergantung dari kesiapan mental diri sendiri, kapan keinginan kita untuk segera memulai penjualan dengan cara seperti ini. Jika diri sendiri sudah siap untuk menerapkan sistem penjualan dengan cara ini, maka semakin cepat di lakukan akan semakin baik. 

Salah satu hal yang juga dapat menambah kekuatan mental dalam menjual adalah hasil yang sesuai, jika hasil dari menjual cukup menggembirakan, secara langsung mental dan keberanian juga ikut terpupuk menjadi lebih baik, maka boleh juga kita jadikan hasil yang besar dari menjual sebagai tujuan utama di saat awal ketika akan melakukan penjualan tujuannya agar kita semakin menyukai untuk melakukan aktifitas menjual dan menawarkan sesuatu kapada orang lain.

Karena inti dari seorang penjual  yang hebat adalah memahami hukum rata-rata dari seorang penjual, yaitu "Banyak menawarkan maka akan banyak yang menolak dan pasti banyak yang akan membeli, sedikit menawarkan maka sedikit juga yang akan menolak, maka yang membeli juga akan sedikit dan jika tidak mau menawarkan maka tidak akan ada tolakan dan yang akan membeli juga tidak ada". 

Itulah bagian dari hukum rata-rata yang harus di ketahui dalam proses menjadi seorang penjual yang handal.

Terima Kasih, semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.
Salam Sukses Selalu.
Depok Bisnis Info

0 komentar:

Post a comment