29 March 2017

Cara Melakukan Presentasi Bisnis Paling Mudah Dan Tepat

Bisnis, Presentasi, Presentasi Bisnis, Cara Presentasi, Susunan Acara Presentasi

Presentasi adalah upaya pengenalan peluang Bisnis dan peluang usaha atau pengenalan sistem dari Market Plane sebuah Bisnis atau usaha yang di lakukan dihadapan calon prospek atau klien dengan cara one on one (presentase satu persatu) atau jumlah peserta yang sengaja diundang lebih dari satu orang.

Persiapan yang matang sebelum melakukan presentasi harus di lakukan dengan baik agar presentasi bisnis dapat berjalan dengan lancar sesuai harapan, berikut adalah persiapan yang harus di lakukan sebelum melakukan presentasi Bisnis.



1. Memilih tempat yang tepat.
Tempat yang tepat menjadi penentu dalam keberhasilan presentasi, mengingat presentasi memerlukan tempat yang nyaman maka tempat yang representatif harus menjadi pilihan yang tepat agar calon prospek atau klien yang akan di presentasikan dapat fokus untuk menyimak apa yang di sampaikan. Tempat untuk presentasi dapat disesuaikan dengan :

  • Kesiapan keuangan. jika kita memiliki kecukupan uang maka presentasi boleh menyewa sebuah tempat yang nyaman untuk melakukan presentasi, seperti auditorium atau hotel yang dapat di sesuaikan dengan budget yang ada atau juga presentasi sederhana juga dapat di lakukan di rumah dengan menatanya sedemikian rupa agar lebih nyaman.
  • Menyesuaikan jumlah undangan. Jika jumlah peserta atau calon prospek yang diundang lebih banyak, maka presentasi dapat di lakukan pada sebuah tempat yang sesuai dengan jumlah calon prospek atau klien yang hadir, tetapi jika jumlah calon prospek yang akan di presentasi lebih sedikit maka tempat dapat dipilih dimana saja (bebas), yang terpenting sesuai dan nyaman.
2. Persiapan perlengkapan.
Presentasi yang profesional dapat dinilai dari penggunaan alat peraga yang memadai, selain itu penggunaan alat peraga yang akan di gunakan juga membantu memberi nilai tambah profesionalnya sebuah acara presentasi, alat peraga yang sering digunakan dalam presentasi adalah : Laptop (komputer), Infocus, White Board (beserta perlengkapannya), alat demo dan perlengkapan penujang presentasi lainnya yang diperlukan sesuai dengan tema presentasi.

3. Persipan pembicara.
Pembicara yang telah ditentukan sebelumnya sangat menunjang kelancaran acara presentasi, maka penting pada bagian ini ditentukan sejak jauh-jauh hari, tujuannya adalah agar pembicara yang akan membawakan materi presentasi lebih siap dan menguasai acara presentasi tersebut. 

Sangat di anjurkan bila pembicara pada acara presentasi bisnis adalah orang yang biasa menjadi pembicara, jangan mengambil resiko dengan menugaskan bagian ini pada orang yang belum terbiasa untuk berbicara di hadapan orang banyak.

3. Persiapan Materi Presentasi.
Materi prsentasi yang akan di bawakan harus di susun dengan baik dan dipersiapkan jauh hari sebelumnya, tujuannya adalah agar acara presentasi tersusun dengan rapih dan setiap pembicara mengusai materi yang akan di sampaikannya masing-masing sehingga perserta atau calon prospek memahami dan mendapatkan informasi yang di sampaikan dengan jelas.

Berikut adalah susunan acara saat presentasi berlangsung.
3.1. Pembukaan acara.
Pembukaan acara biasanya di lakukan oleh MC sebelum memulai acara, setelah acara di buka barulah MC menampilkan pembicara bergantian sesuai dengan materi masing-masing yang akan di bawakan.

3.2. Acara pembukaan wawasan.
Sebelum memasuki inti dari presentasi, sangat dianjurkan untuk menyampaikan pembukaan wawasan kepada peserta presentasi, pembukaan wawasan adalah sebuah cara yang sering di lakukan untuk tujuan membuka wawasan tentang bisnis, seperti contoh jika presentasi yang akan di sampaikan adalah mengandung ajakan untuk bergabung dalam sebuah bisnis, maka pembukaan wawasan dapat di lakukan dengan materi yang sesuai tentang "Mengapa berbisnis itu penting dan apa manfaatnya jika terjun dalam bisnis di saat sekarang" untuk pengembangan materi tersebut dapat di sesuaikan dengan presentasi bisnis inti yang akan di sampaikan.



3.3. Acara Inti Presentasi.
Setelah membuka wawasan calon prospek atau klien,  maka barulah masuk ke inti acara yaitu acara penyampaian materi inti atau presentasi bisnis inti yang akan di sampaikan, pada bagian inti, penyampaian presentasi bisnis yang di lakukan harus jelas dan masuk akal serta penyapaian yang di lakukan oleh pembicara juga harus sempurna, hal ini sangat penting sebab presentasi atau materi presentasi inti yang mudah dipahami dan jelas sangat menentukan hasil yang maksimal sesuai yang di harapkan.

3.4. Selingi dengan Demo atau Simulasi alat peraga dari bisnis yang di sampaikan.
Jika pada acara presentasi bisnis yang di buat ada beberapa produk atau sistem yang dapat di demokan dihadapan peserta presentasi atau klien maka lakukanlah, karena acara demo atau simulasi juga memegang peranan penting dalam penambah daya tarik peserta presentasi atau klien yang hadir dalam acara tersebut.

3.5. Acara Penutup dan Ramah-tamah.
Setelah semua acara inti presentasi maka acara dapat di lanjutkan dengan acara Ramah-tamah, pada acara ini biasanya di sertakan juga acara perkenalan lebih mendalam tentang sistem dan produk unggulan dengan lebih santai sambil menyantap hidangan yang tersedia, kedekatan yang akan terjalin pada bagian akhir dari acara presentasi ini akan lebih menguatkan acara inti presentasi yang telah di sampaikan.

Demikianlah artikel singkat tentang cara melakukan presentasi bisnis, semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.
Terima Kasih dan salam sukses selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment