19 March 2017

Cara Menentukan Harga Jual Kompetitif Dalam Bisnis

Bisnis, Cara Menentukan Harga Jual Kompetitif, Harga Jual Kompetitif, Harga Kompetitif

Semakin beratnya persaingan dalam bisnis tentu harus di sikapi dengan tetap menerapkan strategi penyeimbang yang benar sehingga pebisnis dapat tetap bersaing secara sehat hingga mampu bertahan dan bisnis berjalan dengan baik. Salah satu strategi dalam bisnis dalam memenangkan persaingan yang semakin ketat adalah mampu melahirkan harga yang kompetitif di pasaran terhadap harga produk atau harga layanan bisnis tersebut.

Apapun bisnisnya tentu akan lebih diminati oleh konsumen dan calon kosumen bila harga yang di bandrol dalam layanan bisnis masuk akal dan terjangkau dengan back up kualitas dari spesifikasi atau pelayanan yang memuaskan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi penunjang penetuan harga yang harus menjadi acuan dalam melahirkan harga kompetitif.

1. Spesifikasi lengkap dari layanan yang di berikan.
Spek adalah bagian penting dalam menentukan harga jual pasar atau market untuk konsumen atau calon konsumen, jika bisnis kita telah mampu untuk melakukan produksi sendiri maka berikanlah harga jual dengan mengambil keuntungan berdasarkan jumlah kuantitas dari produk yang di jual. Walaupun keuntungan per item sedikit tetapi akan terkejar dan terasa lebih besar (maksimal) jika produk terjual dengan jumlah lebih banyak.

Tetapi jika bisnis kita belum bisa menghasilkan produk dengan memproduksinya sendiri secara langsung,  maka kita dapat memilih suplaier atau vendor dengan melakukan seleksi ketat terutama pada perbedaan harga beli dengan memperhatikan jumlah pembelian dalam jumlah banyak, biasanya jumlah pembelian dlam jumlah banyak akan lebih murah sehingga akan memudahkan kita dalam menentukan harga jual untuk tujuan mengambil keuntungan yang lebih lumayan.

Bila bisnis kita adalah bisnis jasa, maka spesifikasi dari berbagai hardware harus lebih banyak literaturnya untuk di miliki tujuannya adalah agar lebih memudahkan kita dalam memberikan beberapa alternatif harga atau kita akan lebih mudah meramu berbagai spek berkualitas dengan harga paling murah dengan tetap mengedepankan kualitas spek yang bagus dan banyak  di cari konsumen atau calon konsumen.

2. Lamanya pengerjaan pesanan dalam pekerjaan.
Permintaan konsumen dengan berbagai tipe dan jenis pekerjaan sebaiknya dapat di penuhi dengan baik, sebab ini sangat penting dalm menciptakan image atau kesan untuk melahirkan penilaian profesional kerja dari bisnis yang kita kelola.

Memiliki kemampuan dan keahlian yang maksimal akan menjadi nilai jual yang sangat tinggi untuk konsumen, karena imbas hasil pekerjaan yang sesuai keinginan konsumen akan menciptakan efek domino repeat order atau iklan langsung lewat konsumen yang telah terlayani dengan baik.

Menghitung waktu yang tepat dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan sesuai permintaan konsumen juga harus di lakukan dengan sempurna dan lamanya pekerjaan dari pesanan yang di berikan untuk konsumen juga boleh di jadikan sebagai patokan dalam penentu pemberian harga layanan yang sesuai.

3. Bahan Produksi.
Bahan produksi juga sangat menentukan pemberian harga jual dari sebuah produk dan layanan dalam sebuah bisnis, semakin berkualitas bahan untuk produksi yang di gunakan maka harga jual dari produk hasil produksi tentunya juga semakin mahal, begitu juga sebaliknya tetap menjual dengan harga yang murah jika produksi menggunakan bahan yang lebih murah, kedua langkah produksi ini tetap harus di lakukan agar konsumen dapat memilih dua unggulan produk hasil produksi dengan kualitas berbeda dan harga yang sesuai.

4. Tingkat Kesulitan Dan Detil Produksi.
Semakin sulit dalam proses sebuah produksi dalam membuat sebuah produk  atau layanan dalam bisnis,  maka harga jualnya juga harus di sesuaikan, semakin mudah produksi sebuah produk atau layanan dalam bisnis maka harga jualnya juga harus lebih murah.

Perbedaan ini harus di miliki dalam tujuan penguasaan pasar dari titik penjualan dengan menggunakan harga teratas dan harga terbawah, langkah ini juga merupakan strategi penguasaan pasar berdasarkan kemampuan daya beli dari konsumen yang sangat beragam.

Terima Kasih Semoga Bermanfaat.
Salam Sukses Selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment