6 March 2017

Cara Sukses Bisnis "Menjual French Fries" Dengan Modal Kecil

Bisnis, French Fries, Bisnis Modal Kecil

Salah satu bisnis yang sangat mudah untuk di jalankan dan murah modalnya adalah bisnis menjual french fries (kentang goreng ala KFC). Bisnis ini prospektif karena penggemar French Fries di masyarakat cukup tinggi selain itu,  French Fries juga hidangan yang sangat mudah untuk di sajikan dengan cepat, penggemar makanan ini dari mulai anak-anak hingga orang dewasa.

Modal Yang Di butuhkan.
Untuk melakukan produksi French Fries kita dapat menyesuaikan dengan kemampuan modal yang di miliki. Kita bisa memulai dengan produksi French Fries dalam jumlah yang sedikit terlebih dahulu, kecuali sebelum memulai roduksi ita sudah mendapatkn pesanan yang banyak maka boleh peroduksi dalam jumlah banyak. 

Bahan utama pembuatan makanan ini juga sangat mudah di dapat dan harganya juga sangat terjangkau yaitu kentang ukuran besar baik kentang Import ataupun kentang lokal, biasanya kentang lokal yang memiliki ukuran besar adalah kentang Dieng (Bali).

Alat penunjang produksi untuk membuat French Fries kita bisa menggunakan semua alat rumah tangga di rumah yang telah kita miliki sebelumnya, seperti : Panci ukuran sedang atau besar, Pisau untuk memotong dan mengupas kentang dan loyang saringan dan peralatan rumah tangga lainnya.

Berikut adalah rincian modal dasar untuk produksi French Fries sebanyak 1 Kg.

  • Kentang 1 Kg (Kentang Dieng atau kentang ukuran besar) kisaran harga di pasar tradisional antara 13.000 hingga 15.000 IDR /Kg.
  • Garam 1 bungkus kecil, 1.000 IDR  /bungkus. (untuk pembuatan lebih dari 5 Kg).
  • Bawang Putih 1 siung, 2.000 IDR. (untuk pembuatan lebih dari 3 Kg)
  • Tepung Maizena 1 Pak sedang 7.000 IDR. (untuk pembuatan 2 Kg)
  • Wadah atau packing 1 Buah 1.500 IDR.
Total modal dasar Produksi French Fries 1 Kg kurang lebih sebesar 18.000 /Kg.

Cara Pembuatan.
Membuat French Fries sangatlah mudah, siapapun bisa melakukannya, kuncinya telaten dan memiliki kemauan serta semangat, berikut adalah cara membuat French Fries ala KFC yang sangat di gemari.
  1. Kupas Kentang dan bersihkan dari semua kotoran yang menempel.
  2. Potong Memanjang dengan ukuran standar atau mirip French Fries pada umumnya.
  3. Rebus air dalam panci dengan jumlah air sedang dan tidak terlalu banyak, kira-kira saja jumlah airnya yang penting cukup untuk membuat kentang yang telah dipotong tadi terendam saat di masukkan. Rebus air tersebut hingga mendidih dan jngan lupa masukkan garam sebanyak 2 sendok makan dan bawang putih yang di keprek pada air yang di rebus tersebut, biarkan hingga air mendidih dan semua bumbu tercampur.
  4. Setelah air mendidih masukkan potongan kentang kedalam panci tersebur, jangan terlalu lama merebus kentang potong tersebut, cukup 1 menit saja lalu angkat dan tiriskan.
  5. Setelah kentang di tiriskan lalu masukkan semua kentang kedalam air es dan diamkan selama 5 menit. setelah itu tiriskan kembali.
  6. Siapkan tepung Maizena dalam sebuah wadah yang cukup besar lalu masukkan potongan kentang dan campurkan dengan perlahan kentang dengan tepung Maizena tersebut hingga rata. Jangan mengaduk kentang karena kentang akan hancur jika di aduk terlalu keras, cukup goyangkan wadah tepung Maizena atau di Shake saja hingga tercampur rata.
  7. Setelah semua kentang terlapisi dengan tepung maizena lalu pindahkan dalam kemasan dan masukkan kedallam wadah sesuai ukuran untuk di jual.
  8. Setelah di kemas masukkan kembali kedalam Frezer atau kulkas dan kentang siap untuk di jual.
Menentukan harga jual.
Dalam menentukan berapa harga jual /Kilogram dari French Fries hasil produksi, kita dapat melakukannya dengan cara berikut, yaitu :
  1. Melakukan survei sebelumnya berapa harga jual di pasar atau mall harga dari French Fries serupa, setelah tahu berapa harganya maka kita juga boleh menjual dengan harga yang sama, biasanya di beberapa minimarket atau mall harga French Fries curah siap goreng /Kg di bandrol antara 26.000 hingga 40.000 IDR tergantung dan kualitas dari French Fries itu sendiri.
  2. Harga jual juga boleh kita tentukan dengan melakukan perbandingan pada harga beli kentang mentah /Kg, jika harga beli kentang metah sebesar 14.000 /Kg maka kita boleh menjual French Fries dengan harga 28.000 /Kg paling minimal. 
Cara Pemasaran.
Memasarkan French Fries hasil produksi kita sangatlah mudah, sangat Familiarnya makanan cepat saji ini dalam masyarakat juga sebagai alasan utama yang sangat kuat sehingga menjual French fries menjadi mudah. 

Berikut adalah beberapa cara pemasaran French Fries yang dapat di lakukan.
  1. Menjual secara langsung dengan membuat tempat jajanan sederhana di tempat tinggal sendiri (di depan rumah) atau dengan menjualnya langsung pada lokasi sekolah atau tempat sederhana lainnya. Menjual French Fries dengan cara ini harus dalam keadaan matang.
  2. Menjual langsung kepada tetangga, keluarga atau berjulana pada tempat sederhana tetapi strategis lainnya, seperti contoh pada pasar kaget di hari minggu atau hari lain, atau berdagang langsung di pinggir jalan (yang tidak mengganggu ketertiban umum).
  3. Menitipkan hasil produksi French Fries pada warung kecil di sekitar lokasi rumah kita.
  4. Menjual langsung pada pedagang rumahan yang banyak menjual jajanan anak-anak di sekitar tempat tinggal kita.
  5. Sangat di anjurkan menjual Hasil produksi French Fries melalui internet, dengan membuat website sederhana atau melalui PlatForm Bisnis digital gratisan yang sangat banyak tersedia, seperti Toko Pedia, Buka Lapak, Lazada dan memalui sosial media atau cara lainnya. Apapaun cara penjualannya yang terpenting produk hasil produksi harus bagus, lezat, sehat dan aman.  Hasil produksi yang berkualitas pasti akan mudah untuk di pasarkan (ini adalah kuncinya).
Demikianlah cara menjalankan bisnis Menjual Frech Fries dengan modal murah yang sangat prospektif untuk di jalankan, semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.

Terima Kasih.
Salam Sukses Selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment