14 March 2017

Kunci Sukses Dalam Menjual Produk (Hukum Rata-rata, Pengetahuan produk, Self Consumetion Dan Demo Produk)

Bisnis, Kunci Sukses Menjual, Menjual Produk, Hukum Rata-rata Menjual, Pengetahuan Produk, Self Consumetion, Demo Produk

Menjual Sebuah Produk adalah bagian dari Tugas dalam bisnis yang harus sempurna di lakukan, sebab besarnya pendapatan dan omset dalam bisnis sangat tergantung pada omset penjualan dari sebuah produk yang di jual. Banyak cara yang dapat di lakukan sebagai upaya penjualan yang dapat di lakukan agar produk laris terjual diantaranya adalah dengan mempelajari, mamahami dan menerapkan beberapa cara berikut sebelum melakukan penawaran atau penjualan kepada Konsumen.

1. Ilmu Hukum Rata-rata.
Hukum Rata-rata adalah wawasan ilmu penting tentang pemahaman sebuah tindakan dengan akibatnya. Hukum Rata-rata adalah sebuah keseimbangan kehidupan yang dapat di gunakan sebagai ukuran keberhasilan dalam sebuah penjualan. Dalam hidup semua di ciptakan seimbang dan berpasangan, seperti adanya siang dan adanya malam, adanya gelap dan adanya terang, adanya bagian sebelah kiri dan adanya bagian sebelah kanan. Itu semua adalah bagian keseimbangan dalam kehidupan yang telah ada sejak awal kehidupan di Ciptakan Tuhan dalam Dunia.

Keseimbangan inilah yang di sebut sebagai Hukum Rata-rata yang menunjang terjadinya sebab-akibat dalam kehidupan. Dalam Dunia Marketing Hukum Rata-rata telah banyak di gunakan sebagai panduan terciptanya kesuksesan dalam pemasaran atau Marketing.

Hukum Rata-rata dalam Dunia pemasaran atau Marketing banyak di terapkan sebagai berikut.
  • Sedikit menawarkan maka sedikit pula yang menolak, sehingga yang menerimapun akan sedikit.
  • Tidak menawarkan maka tidak akan ada tolakan, sehingga yang membelipun tidak akan ada.
  • Banyak menawarkan maka akan banyak tolakan, sehingga yang akan menerima juga akan sangat banyak.
Contoh ke-3 aktifitas dalam menerapkan hukum Rata-rata di atas adalah rumus mutlak yang pasti akan terjadi dalam bisnis, sehingga ini dapat di jadikan sebagai ukuran dalam melakukan evaluasi terhadap kesuksesan atau kegagalan dalam berbagai tindakan menjual atau upaya promosi.

2. Pengetahuan Produk.
Seorang penjual yang hebat pasti memiliki produk knowledge yang sangat hebat, dengan menguasai pengetahuan produk yang maksimal dapat menjadi daya tarik utama saat penawaran berlangsung, perbedaan kualitas dan keunggulan produk yang sedang di jual dapat di terangkan dengan baik jika seorang penjual mengetahui dengan pasti produk yang di jualnya. Pengetahuan produk yang di miliki oleh seorang penjual 99% menjadi penentu suksesnya penjualan, sedangkan skil marketing dan faktor penunjang lainnya hanya 1% sebagai penyebab suksesnya penjualan.

3. Self Consumetion.
Self Consumetion adalah upaya untuk mencicipi atau merasakan produk yang akan di jual terlebih dahulu, tujuannya adalah agar keunggulan dari produk yang berupa Rasa, Manfaat dan hasiat dapat di ketahui dengan pasti, merasakan semua manfaat dan hasiat dengan cara Self Consumetion juga dapat memberikan tambahan keyakinan dalam penjualan.

Seorang penjual baju anti peluru pasti akan sulit menceritakan kelebihan dan manfaat dari baju anti peluru jika belum pernah merasakan sensasi di tembak saat menggunakan baju ati peluru yang di jualnya, tetapi dia akan lebih mudah dalam menjual jika pernah di tembak saat mengenakan baju anti peluru yang di jualnya.

Seorang penjual makanan kesehatan akan lebih mudah menjual produknya jika dia telah merasakan manfaat kesehatan dari produk kesehatan yang di jualnya itu. Inilah sebabnya mengapa Self Consumetion menjadi sangat penting untuk di lakukan dalam tujuan sukses dalam menjual kepada konsumen.

4. Demo Produk.
Demo Produk adalah bagian penting yang juga harus di pelajari dan diterapkan dalam tujuan menciptakan sukses penjualan. Semua Produk yang akan di jual akan lebih mudah terjual jika di awali dengan sebuah peragaan atau Demo Produk dihadapan konsumen.

Demo produk juga sebagai upaya maksimal dalam membangun keinginan konsumen agar lebih tertarik dengan produk yang akan di jual, jika kita menjual produk kecantikan maka buktikan keunggulan produk tersebut secara langsung melalui demo kepada calon konsumen, jika kita menjual alat memasak, maka demokanlah di hadapan konsumen sambil memasak dengan menggunakan produk yang akan di jual, jika kita menjual mobil mewah maka buatlah acara test drive dan undang calon konsumen secara resmi untuk datang dan berkunjung pada sebuah event yang sengaja kita buat, atau beberapa cara lainnya yang di sesuaikan dengan produk yang di jual. 

Inti dari pelaksanaan Demo Produk adalah menjalin kedekatan langsung dengan konsumen yang di tunjang dengan kelebihan dan keunggulan dari produk yang akan di jual dari hasil peragaan atau Demo produk.

Demikianlah bagaimana cara sukses menjual produk, semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.
Terima Kasih.
Salam Sukses Selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment