13 April 2017

Cara Sukses Bisnis Percetakan

Bisnis, Sukses Bisnis, Bisnis Percetakan, Sukses Bisnis Percetakan

Bisnis percetakan adalah salah satu bisnis yang sangat prospektif dan dapat di jalankan oleh siapa saja, baik mereka yang memiliki modal besar maupun mereka yang bermodal kecil. Menjalankan bisnis percetakan dengan modal yang besar memang memiliki kelebihan tersendiri diantaranya adalah :
  • Dapat membuka usaha percetakan pada lokasi strategis, baik dengan cara menyewa atau membelinya secara langsung, lokasi strategis masih menjadi faktor sangat penting penunjang sukses dalam memulai bisnis percetakan dengan modal yang besar.
  • Dapat membeli berbagai alat penting percetakan digital sebagai penunjang kelancaran bisnis percetakan, dalam bisnis percetakan semakin lengkap peralatan penunjang operasional, maka peluang untuk mendapatkan order besar dan banyak pasti lebih maksimal.
  • Dapat menangani berbagai proyek besar yang sangat membutuhkan modal awal yang juga sangat besar dari  pekerjaan yang di dapatkan melalui tender atau penunjukkan langsung dari rekanan atau klien.
Bagi pebisnis percetakan bermodal kecil, peluang untuk sukses dalam bisnis ini juga masih sangat memungkinkan, kuncinya adalah rajin dan memiliki kemauan untuk bekerja keras. Dalam bisnis percetakan jika modal yang dimiliki tidak banyak, maka semangat menjalankannya yang harus banyak, itu yang terpenting.

Sebab walaupun tidak memiliki mesin cetak digital dan peralatan cetak yang memadai, pebisnis percetakan dengan modal yang minim tetap dapat berjalan. Kuncinya adalah dapatkan order baik order perorangan maupun order yang di dapat dari pihak ke-3 lalu kerjakan dengan baik pekerjaan yang telah di dapat tersebut.

Cara membangun relasi dalam bisnis percetakan bermodal kecil tentu sangat penting, komitmet terhadap bisnis percetakan sangat menentukan semakin di kenal luas bisnis percetakan yang di jalankan.

Berikut adalah cara mendapatkan klien atau order bisnis percetakan bermodal kecil.

I. Order Melalui Teman.
Memperbanyak teman, terutama beberapa teman yang memiliki bisnis atau bekerja pada sebuah perusahaan yang sangat tergantung pada percetakkan, dengan banyak bergaul dan selalu menambahkan teman baru dalam pergaulan sehari-hari adalah salah satu cara yang paling mudah untuk mendapatkan order, semakin banyak teman, maka peluang semakin terbuka lebar, percetakan saat ini merupakan kebutuhan penting yang banyak di cari, banyak kebutuhan masyarakat secara personal yang erat kaitannya dengan bisnis percetakan, seperti :
  • Membuat kartu nama untuk pribadi atau untuk usaha dan bisnis.
  • Membuat undangan pesta pernikahan atau khitanan.
  • Membuat Sablon Surat Yasin untuk kerabat yang meninggal dunia.
  • Memmbuat spanduk toko dan warung.
  • Membuat Brosure.
  • Membuat piagam.
  • Membuat Piala atau Tropy
  • Dan lain-lain.
Sebenarnya masih sangat banyak keperluan masyarakat yang erat hubungannya dengan bisnis percetakan, kuncinya adalah kita harus mendapatkan order dari setiap kebutuhan tersebut.

Agar tujuan ini dapat tercapai, upaya pemasaran secara pribadi harus di lakukan dengan maksimal. Order akan datang jika kita banyak melakukan sebab, walaupun sebab yang di lakukan hanya sebuah jalinan pertemanan baik secara offline atau melalui petemanan secara digital (online).

Berikut Hal-hal yang harus di bangun secara personal dalam bisnis percetakan dengan modal minim.
  1. Semua orang harus tahu bahwa Anda memiliki bisnis percetakan.
  2. Pesan promosi secara lisan harus sampai kepada semua orang yang kita kenal, walaupun hanya sebatas sebuah komitmen sederhana melalui ucapan kecil seperti "Jika perlu cetak mencetak tolong hubungi saya saja" kalimat ini sangat efektif sebagai pengikat dan pengingat ketika yang mendengarkannya membutuhkan percetakan. Saat itu terjadi maka kemungkinan besar mereka akan menghubungi anda.
  3. Jadilah pebisnis yang mudah untuk di hubungi ketika di butuhkan. Kunci sukses dalam berbisnis percetakan adalah anda harus mudah dihubungi kapan saja dan dimana saja, alat komunikasi harus menjadi penghubung utama antara anda dengan konsumen yang akan memesan, maka jangan selalu berganti nomer ketika berbisnis percetakan.
  4. Tetap komitmen dan konsisten dengan bisnis percetakan yang anda jalankan, salah satu yang menyebabkan datangnya order adalah anda selalu komitmen dan konsisten dalam bisnis percetakan yang di jalankan sehingga semua orang menyaksikan kelebihan anda ini.
  5. Layani semua jenis order, baik order besar maupun kecil.
  6. Membangun kesan positif melalui hasil pekerjaan, hasil pekerjaan percetakan sangat menentukan repeat order, ketika konsumen puas dengan hasil pekerjaan anda maka nilai plus akan langsung anda dapatkan dari mereka, maka jagalah kepercayaan konsumen melalui hasil dan kualitas dari pekerjaan yang telah di kerjakan. (Tepat waktu dan sempurna).
  7. Bekerja sama dengan percetakan besar. Kerjasama ini penting sebab keterbatasan modal untuk membeli peralatan cetak digital kadang menjadi kendala bagi pebisnis percetakan tanpa modal, melalu kerjasama ini diharapkan pekerjaan tetap dapat dikerjakan dan keuntungan dari hasil pekerjaan tetap dapat diperoleh.
II. Mendapat Order sebagai pihak ke-3.
Banyak order yang bisa di dapat dengan cara membangun relasi dengan banyak pihak dan menjadikan diri anda sebagai pihak ke-3, apakah pihak ke-3 itu ? 
Pihak ketiga adalah seseorang baik perorangan maupun organisasi yang tidak terlibat langsung dengan transaksi pada sebuah tender atau penunjukan langsung dari sebuah pekerjaan percetakan.

Kadang pemenang tender atau PL (penunjukan Langsung) dari sebuah proek banyak yang menggunakan pihak ke-3 dalam proses pengerjaan dan realisasi.

Untuk menjadi pihak ke-3 tentu anda harus banyak memiliki relasi "orang dalam" dan kumpulkan sebanyak-banyaknya informasi dari setiap pekerjaan yang berhubungan dengan percetakan.

Pemenang tender sering lebih memilih untuk melempar kembali setelah mendapatkan proyek kepada pihak ke-3 setelah melakukan analisa berbagai pertimbangan efisiensi, maka disinilah peluang untuk anda dapat muncul. Jika peranan anda sebagai pihak ke-3 dapat menguntungkan untuk usaha percetakan anda, maka tidak salah jika anda menjadi pihak ke-3 dalam pekerjaan tersebut.

III. Membangun Network Melalui Internet.
Banyak cara sederhana untuk mendapatkan order melalui internet, sekali lagi kemauan sangat menentukan hasil yang maksimal melalui cara ini. Sosial media, berbagai Platform bisnis digital gratis hingga membuat website sendiri yang di buat secara sederhana tentu akan sangat efektif dalam membantu bisnis percetakan anda dalam menjangkau konsumen yang lebih luas atau upaya menjangkau konsumen di sekitar lokasi anda dengan optimal.

Sama seperti membangun relasi secara offline, membangun jaringan dan network melalui pertemanan secara online sangat membantu dalam proses pengenalan dan promosi, Yang penting, apapun aktifitas yang anda lakukan saat online harus mewakili bisnis percetakan yang sedang di kembangkan.

Demikianlah cara sukses berbisnis percetakan yang dapat kami tuliskan untuk anda, semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.

Terima Kasih.
Salam Sukses Selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment