22 May 2017

Cara Menyelamatkan Omset Bisnis Offline Yang Kalah Saing Dengan Bisnis Online

Bisnis, Omset Bisnis, Omset Bisnis Offline, Omset Bisnis Online

Tidak perlu panik jika bisnis yang di kelola secara offline sepertinya kalah saing dengan bisnis yang dikelola secara Online. Kepanikan hanya akan semakin menurunnya kesemangatan dan etos kerja dalam aktifitas bisnis sehingga kerugian akan bertambah semakin besar. 

Perkembangan teknologi yang semakin pesat telah melahirkan cara berbisnis yang semakin cepat dan simpel, semua transaksi bisnis dapat di lakukan hanya dengan menggunakan Gadget yang terhubung dengan Internet.

Simpel, Lebih murah, mudah, cepat dan aman adalah beberapa alasan kuat sebagai penunjang semakin meningkatnya transaksi bisnis (jual/beli) melalui Internet. Belum lama ini kita di hebohkan oleh berita bentrokan antara pengemudi transportasi online dengan transportasi offline, hanya karena omset menurun drastis, pengemudi transportasi ofline langsung menuding pengemudi online sebagai biang keladinya.

Keluhan yang sama kini mulai dirasakan oleh para pebisnis yang masih menjual barang dagangannya secara Offline, mereka mulai mengeluh karena sepi pengunjung dan omset mengalami penurunan drastis karena penjual online semakin banyak, konsumen lebih menyukai belanja dari rumah melalui Internet.

Jika anda adalah salah satu pebisnis Offline dan mulai merasakan keadaan seperti ini, berikut ini adalah cara menyelamatkan bisnis offline yang kalah saing dengan bisnis online.

1. Mulailah Untuk Ikut Bersaing secara Online.
Omset yang menurun karena hanya mengandalkan penjualan secara online harus segera diantisipasi dengan menerapkan strategi ini, ikut bersaing secara online adalah solusi yang paling tepat untuk kembali merebut pasar sehingga omset dapat kembali normal.

Pelajari bagaimana cara menerapkan strategi ini atau jika anda ingin lebih mudah dan cepat melakukan penjualan secara online, bentuklah divisi baru dalam divisi marketing di bisnis anda dan pekerjakan karyawan yang terampil dalam pemasaran secara online.

2. Bergabung menjadi Suplier pada semua platform bisnis digital yang ada di Internet.
Cara ini juga harus diterapkan segera agar omset dan pendapatan dapat kembali pulih, dengan menjadi suplier pada semua platform bisnis digital yang ada diinternet seperti Lazada, Olx, TokoPedia, Elevania, Buka Lapak, dan lainnya akan membuka peluang baru yang lebih luas dalam pemasaran.

3. Menjual dengan harga bersaing.
Menjual dengan harga bersaing/murah juga harus di terapkan segera untuk tujuan antisipasi semakin menurunnya omset penjualan, menjual lebih murah atau minimal sama dengan harga yang ditawarkan secara Online akan memberikan manfaat besar dalam upaya mendapatkan perhatian dari pelanggan atau konsumen.

Menjual dengan harga murah pasti akan berakibat berkurangnya keuntungan yang di dapatkan, tapi untuk jangka panjang sangatlah menguntungkan,  bisnis yang kita jalankan akan lebih ramai dan tentu omset akan mengalami peningkatan.

4. Memanfaatkan Tempat Bisnis Offlien sebagai penunjang kepercayaan Konsumen Online.
Saat ini walaupun penjualan online semakin meningkat tajam, kepercayaan konsumen yang belum mencapai 100% pada transaksi online disebabkan karena banyaknya pebisnis online yang tidak memiliki tempat bisnis pada sebuah lokasi Offline.

Tempat bisnis yang telah di miliki sebelumnya akan semakin menjadikan bisnis kita lebih dipercaya oleh konsumen yang ingin belanja, tempat bisnis yang telah dimiliki sebelumnya pada sebuah lokasi akan semakin memperkuat penjualan melalui online, kadang konsumen yang telah menghubungi masih tetap menanyakan lokasi bisnis yang anda miliki sebelum bertransaksi.

Demikianlah artikel singkat tentang cara menyelamatkan omset bisnis offline yang kalah saing dengan bisnis online, semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.

Terima Kasih, salam sukses selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment