18 May 2017

Cara Sukses Bisnis Berdagang Ketoprak

Bisnis, Ketoprak, Bisnis Ketoprak, Berdagang Ketoprak

Ketoprak adalah makanan lezat yang terdiri dari campuran lontong, tahu goreng, soun dan toge yang di beri bumbu kacang. Ketoprak termasuk makanan yang sangat cocok untuk sarapan pagi atau sebagai pengganti makan siang. Hanya dengan 10.000 IDR saja satu piring ketoprak dapat langsung dinikmati.

Semakin banyaknya penggemar ketoprak saat ini yang bermunculan dari semua kalangan dan golongan masyarakat, semakin menjadikan Bisnis Berdagang ketoprak semakin prospektif dan menjanjikan untung yang sangat besar. Selain itu, Ketoprak sebagai makanan tradisional Asli Indonesia juga sangat mudah untuk di pasarkan, bahkan saat ini sangat banyak pengusaha atau pebisnis yang tidak tanggung-tanggung menekuni bisnis berdagang Ketoprak.



Semakin banyaknya penggemar ketoprak telah menjadikan ketoprak sebagai salah satu bisnis sederhana yang banyak di jalankan oleh pebisnis dengan keterbatasan modal, modal yang paling besar saat akan memulai dagang ketoprak adalah membuat gerobak untuk berjualan ketoprak yang biasanya berlokasi di pinggir jalan yang ramai. Untuk membuat 1 buah gerobak dorong ketoprak biasanya pedagang ketoprak harus mengeluarkan uang antara 3-5 juta Rupiah, sedangkan bahan-bahan untuk persiapan berdagang setiap hari malah jauh lebih murah yaitu berkisar 150 Ribu hingga 300 Ribu perharinya, semua tergantung dari omset penjualan yang di dapat setiap hari.

Karena semakin banyaknya konsumen yang menggemari ketoprak menyebabkan persaingan bisnis ketoprak juga semakin ketat, beberapa pedagang Ketoprak mengantisipasi persaingan dengan berbagai strategi agar tetap dapat bersaing dan mendapatkan hasil penjualan yang maksimal setiap hari, berikut ini adalah beberapa cara sukses berdagang ketoprak yang banyak di terapkan para pedagang ketoprak.

1. Berdagang Ketoprak Pada Lokasi Strategis.
Lokasi yang sangat strategis saat berjualan ketoprak adalah di sebuah pinggir jalan yang sangat ramai, boleh juga berdagang mangkal pada sebuah pertokoan atau berdagang pada tempat yang berdekatan dengan lokasi yang ramai dikunjungi orang setiap hari, seperti pasar, parkiran pertokoan ramai atau tempat lainnya yang sangat ramai.



Lokasi strategis tempat berjualan tidak perlu yang mahal harga sewanya, karena jika terlalu mahal, maka keuntungan berdagang atau berjualan ketoprak akan habis hanya untuk membayar uang sewa tempat.

2. Tentukan Waktu Berjualan Yang Tepat.
Saat ini berdagang ketoprak tidak harus siang hari saja, malam hari juga sangat mungkin untuk berdagang ketoprak dan ternyata di malam hari omset penjualan ketoprak malah lebih besar, sebab banyak konsumen yang lebih menyukai makanan sederhana yang cepat penyajiannya dan tetap membuat kenyang, Ketoprak sangat cocok menjadi salah satu makanan dengan kriteria tersebut.

Selain berdagang di malam hari, siang hari juga boleh dijadikan pilihan tepat untuk berdagang ketoprak, asalkan waktu memulai berdagangnya jangan terlalu siang, sebab puncak omset paling tinggi ketika berjualan ketoprak di siang hari saat waktu sarapan yaitu di pagi hari antara jam 7 sampai dengan jam 10 pagi.

Antara jam 11 hingga sore hari, puncak keraimaian berdagang ketoprak adalah saat datangnya waktu makan siang (antara jam 12.00 s/d 13.00).

Berdagang ketoprak juga boleh di lakukan 24 jam, jika ingin menerapkan waktu berdagang seperti ini, harus di buat pembagian waktu berdagang yang tepat, misalkan dengan membagi waktu berdagang menjadi 2 shift, yaitu shift pagi hingga sore hari dan shift sore hari hingga pagi.

Untuk berdagang 24 jam diperlukan tempat permanen yang lebih nyaman, sebab itu sangat diperlukan untuk menciptakan suasana nyaman dan aman berdagang selain itu tempat permanen juga dapat menjadi daya tarik tambahan, tempat yang terlihat nyaman akan lebih banyak menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen dan pelanggan untuk datang.

3. Rasa Ketoprak Yang Dijual harus Khas Ketoprak dan Lezat.
Ini adalah syarat mutlak kesuksesan berdagang ketoprak. Sama saja dengan bisnis kuliner lainnya, rasa yang khas dan lezat akan membuat pelanggan selalu kembali lagi untuk membeli (Repeat Order), sedangkan jika tidak, maka pelanggan tidak akan kembali lagi untuk membeli. Keadaan ini tentunya sangat menentukan omset penjualan setiap hari.

Berinovasi dengan menambahkan telur goreng dalam racikan ketoprak juga boleh di lakukan, dengan menambahkan telur tentu akan semakin menjadikan ketoprak yang akan di santap lebih menggugah selera makan siapapun yang akan menyantapnya.

Demikianlah artikel singkat tentang cara sukses berdagang ketoprak, semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.

Salam Sukses Selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment