21 May 2017

Cara Update Bisnis Yang Di Kelola Secara Tradisional Menjadi Lebih Modern

Bisnis, Update Bisnis, Cara Update Bisnis, Bisnis Tradisional, Bisnis Modern, Pengelolaan Bisnis

Salah satu alasan kalahnya bisnis yang kita miliki dengan pesaing atau semakin menurunnya omset (pendapatan) mungkin disebabkan oleh cara pengelolaan bisnis yang sudah usang (masih dikelola secara tradisional) dan kurang update, oleh karena itu tidak ada salahnya bila kita melakukan beberapa perubahan besar yang lebih modern di semua bagian dalam bisnis tersebut agar omset dapat meningkat dan lebih baik, dengan melakukan beberapa perubahan strategi yang lebih modern diharapkan bisnis yang kita kelola tersebut dapat kembali bersaing dengan baik.

Berikut Adalah Cara Update Bisnis Yang Biasanya Di Kelola Secara Tradisional Menjadi Lebih Modern.

1. Update Lokasi Atau Tempat Bisnis.
Salah satu penyebab semakin menurunnya omset yang dapat berimbas pada bangkrutnya usaha atau bisnis adalah bisnis terlihat monoton tanpa perkembangan yang berarti, hal ini bisa di sebabkan karena lokasi tempat bisnis milik kita yang kurang Representatif.

Saat ini, apapun bisnis yang kita jalankan, lokasi Representatif sangat menentukan masa depan bisnis yang di jalankan, walaupun bisnis kita merupakan bisnis yang terlihat remeh (kecil), tetapi jika di kelola dengan cara berfikir yang lebih besar, maka bisnis remeh tersebut akan menjadi Bisnis yang sangat besar.

Teman-teman mungkin masih ingat, saya pernah menulis artikel tentang bisnis Bakpau masuk PIM (Pondok Indah Mall), ini adalah salah satu contoh Implementasi dari sebuah gebrakan Bisnis dengan modal keberanian yang sangat luar biasa, seperti yang kita ketahui bakpau biasanya di jual oleh abang-abang dengan menggunakan sepeda di pinggir jalan, tetapi dengan cara berfikir modern dan luas, seorang pebisnis bakpau berani melakukan hal yang berbeda dengan membuka penjualan di Mall besar yang notabene biaya uang sewa tempatnya saja sudah mahal.

Kita juga boleh menerapkan strategi ini pada bisnis milik kita saat ini, relokasi bisnis ke tempat yang lebih modern tentu merupakan strategi hebat yang dapat membuat banyak kemungkinan baru sehingga melahirkan peluang besar untuk menjadi bisnis yang unik sehingga akan menjadi daya tarik tersendiri.

2. Update Design Dan Tampilan Pada Lokasi Bisnis.
Strategi ke-2 yang bertujuan untuk membawa perubahan besar untuk masa depan dalam bisnis kita adalah merubah tampilan dan Design pada lokasi bisnis yang kita jalankan. Mungkin kejenuhan kita untuk mengelola bisnis yang telah lama berjalan dengan omset yang tidak pernah lebih baik akan hilang ketika lokasi bisnis di renovasi agar tampilannya lebih menarik dan terlihat modern.

Untuk melakukan langkah ini sudah pasti memerlukan modal tambahan, tetapi jangan khawatir investasi yang anda lakukan dalam menerapkan strategi ini akan sepadan dengan hasil yang akan diperoleh.

Kita harus banyak belajar dari bisnis warung kopi yang buka 24 jam, coba perhatikan ada sebagian pedagang kopi yang masih membuka bisnisnya dengan cara tradisional, baik lokasi berjualannya ataupun dari segi tampilan warung tempat mereka berjualan. Omset tetap mereka dapatkan, tetapi bisa di pastikan sulit untuk berkembang menjadi sebuah bisnis yang besar, berbeda dengan mereka yang lebih melihat peluang untuk jangka panjang telah banyak melakukan perubahan cara berdagang dengn gaya yang lebih modern, para pedagang kopi (pebisnis warung kopi) dengan wawasan bisnis yang lebih modern telah banyak melakukan perubahan tampilan dan design pada lokasi tempat mereka berjualan kopi.

Warung mereka di sulap lebih rapi dan modern dengan berbagai ornamen menarik yang lebih terlihat seperti resto dan cafe dengan tempat duduk dan meja pelanggan yang lebih tertata dan sangat membuat nyaman ketika datang untuk minum kopi atau memesan makanan seperti mie instan rebus, bubur ayam, bubur kacang hijau dan roti bakar yang biasanya memang tersedia pada tempat minum kopi seperti ini.

Untuk wilayah kota Depok, warung kopi modern sangat mudah ditemukan di sepanjang JL. Raya Kemang Kalibaru Cilodong, masuk dari JL. raden Saleh lalu terus kedalam, anda akan banyak menemukan warung kopi dengan design dan tampilan yang lebih modern dan berbeda dari warung kopi biasanya.

Strategi ini tentu dapat juga di terapkan pada bisnis kita yang berbeda, intinya strategi merubah design dan tampilan dari tempat bisnis milik kita bertujuan untuk menjadikan bisnis kita lebih menarik dan terlihat modern, selain itu strategi ini juga dapat membuat gairah baru dan nuansa baru yang dapat mendongkrak omset penjualan menjadi lebih baik.

3. Update Produk Yang Di Pasarkan Dengan Melakukan Langkah Inovasi.
Produk yang monoton tanpa adanya perubahan dalam jangka waktu yang lama juga dapat menimbulkan kejenuhan dan rasa bosan dari pelanggan setia. Langkah antisipasi sebelum hal ini terjadi adalah dengan melakukan Update pada produk yang dijual.

Perubahan pada produk tentu harus sesuai dengan perkembangan zaman atau bahasa modernnya adalah produk yang update. Hal yang juga penting untuk diingat adalah produk yang sangat diminati saat ini bukan hanya karena kualitasnya saja, tetapi harus unik dan mengandung nilai inovasi yang tinggi.

4. Update Cara Promosi dan Cara Pemasaran.
Omset yang menurun juga bisa disebabkan oleh gaya promosi dan pemasaran yang monoton dan tidak pernah di Update. Mangikuti perkembangan jaman adalah salah satu update cara promosi dan pemasaran yang sangat penting untuk segera diterapkan.

Sebagai pebisnis memiliki karakter dan ideologi tinggi memang harus, tapi kadang memiliki karakter dan ideologi bisnis berdasarkan cara pandang diri sendiri sering menjadi bumerang yang membahayakan, kita akan terbentuk sebagai pebisnis yang kaku dan tidak pernah peduli dengan perkembangan pasar yaang seharusnya dapat di manfaatkan sebagai momentum untuk berkembang lebih hebat.

Berani mencoba hal-hal baru dan berani melakukan berbagai terobosan baru serta menerapkan strategi yang update sesuai perkembangan jaman terutama dalam cara promosi dan pemasaran adalah salah satu cara modern untuk melahirkan  omset dan pendapatan yang lebih besar.

Sebagai contoh, jika sebelumnya anda belum pernah melakukan langkah promosi dan pemasaran melalui internet, maka sekaranglah saatnya untuk melakukannya.

Demikianlah Artikel singkat tentang cara update bisnis yang di kelola secara tradisional menjadi lebih modern, semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.

Terima Kasih, Salam Sukses Selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment