16 June 2017

Cara Membuat Acara Home Sharing Pada Bisnis MLM

Bisnis, Bisnis MLM, Home Sharing, Business Oportunity MLM

Home Sharing adalah pertemuan bisnis yang biasa di lakukan pada tempat sederhana seperti rumah atau stock kies (tempat belanja distributor MLM). Tujuan membuat Home Shharing dalam Bisnis MLM adalah untuk memperkenalkan peluang uusaha/Bisnis dari bisnis MLM itu sendiri, Home sharing biasanya harus di buat oleh semua Upline yang telah memiliki anggota cukup banyak, di buatnya home sharing juga bertujuan agar Upline lebih mudah untuk membantu semua downline yang di dalam jaringannya untuk lebih mudah memiliki anggota baru/Downline baru.

Seorang Upline yang telah memiliki downline cukup banyak biasanya akan mengalami kesulitan dalam mengatur jadwal untuk membantu semua Downline yang dimilikinya dalam prospek calon anggota dan pembinaan anggota yang telah bergabung, karena itulah Home Sharing di buat agar semua downline dapat terkonsentrasi pada sebuah tempat yang telah ditentukan untuk Home sharing.

Agar home sharing dapat optimal, maka diperlukan Kerja Team yang solid antara Upline dan semua Downline yang berada dalam jaringannya, sebab acara Home Sharing akan sukses bila semua Downline hadir untuk meramaikan acara Home Sharing tersebut.

Perlengkapan yang di butuhkan untuk membuat acara home sharing diantaranya adalah:

I.1. White Board + Spidol + Penghapus.
Peralatan ini adalah perlengkapan standar untuk presentasi di Bisnis MLM, sebab dalam acara Home Sharing pasti akan menerangkan banyak Market Plane atau strategi sukses, baik untuk maksud presentasi bisnis (Business Oportunity) maupun dalam acara pembinaan dan Demo Produk.

I.2. Slide Projector/Infocus.
Alat Ini juga penting dan harus ada, sebab ada beberapa materi dalam acara Home Sharring yang harus di terangkan melalui gambar atau Power Point. Jika Infocus mungkin terlalu mahal untuk di siapkan maka anda boleh menggantinya dengan slide projector, slide Projector selain lebih murah juga sangat efektif dalam menggantikan Infocus ketika presentasi, pembuat acara tinggal membuat beberapa Film slide yang sangat mudah untuk di pesan di berbagai tukang cetak foto di mana saja. Film slide yang akan di gunakan untuk presentasi menggunakan slide projector biasanya berupa Slide Rencana Pengembangan usaha (RPU) dan berbagai Film Slide Produk lengkap dengan kelebihannya. Slide Projector juga banyak di gunakan untuk menampilkan Film Slide beberapa Mitra atau Distributor yang telah berprestasi dengan peraihannya masing-masing.

I.3. Produk Contoh.
Dalam acara Home Sharing Produk contoh juga harus ada, tujuan di pajangnya produk adalah agar semua yang hadir dapat langsung mengetahui produk apa saja yang ada dalam perusahaan MLM yang sedang di jalankan.

Kadang ada beberapa calon downline yang sengaja diundang untuk hadir dalam acara Home sharing tertarik untuk bergabung menjadi anggota berawal dari produknya. 

I.4. Pembicara.
Acara home sharing adalah ajang untuk belajar menjadi seorang pembicara yang handal, maka usahakan setiap acara home sharing yang rutin di buat harus memiliki standar materi, tujuannya adalah agar semua yang hadir dapat belajar membawakan materi yang sama (duplikasi Prospek).

Tugas seorang uline dengan di bantu oleh leader adalah menyiapkan pembicara dan materi yang simpel/mudah untuk dipahami oleh semua orang yang datang pada acara Home Sharing tersebut, baik untuk mereka yang belum anggota maupun untuk mereka yang sudah menjadi anggota. Bagi calon anggota yang hadir penjelasan yang simpel akan mudah di mengerti, terutama penjelasan tentang profile Perusahaan, RPU (rencana Pengembangan Usaha Perusahaan), cara untuk bergabung dan tugas yang harus di kerjakan setelah bergabung. Sedangkan untuk yang telah bergabung penjelasan yang sama di setiap acara Home Sharing akan bermanfaat untuk duplikasi prospek dan duplikasi pembicara di setiap acara Home Sharing.

I.5. StarterKit.
Starterkit juga harus ada di setiap acara Home Sharing dan penjelasan tentang starterKit juga harus jelas di bawakan oleh pembicara. StarterKit biasanya berisi kelengkapan distributor standart diantaranya adalah RPU(Rencana Pengembangan Usaha/Market Plane, Brosure Produk, kaset/DVD penjelasan bisnis/produk dan lain-lain, semua tergatung dari perusahaan MLM yang membuatnya.

I.6. TDAF (Temporary Distributor Aplications Form)/Formulir Pendaftaran Sementara.
TDAF juga bagian penting yang harus ada pada acara Home Sharing, fungsinya adalah sebuah pengikat komitment antara calon Upline yang mengundang dengan calon downlinnya yang di undang, dengan adanya TDAF yang dilampiri Foto Copy KTP dari calon downline yang telah di prospek dalam acara home sharing akan lebih mudah untuk di Follow Up ataau bahkan mereka akan langsung bergabung di saat itu juga. TDAF dapat langsung diisi dengan melengkap data-data pribadi dari calon downline yang telah di prospek di acara tersebut.

I.7. Peralatan Sound System Ruangan Sederhana.
Peralatan ini juga penting dalam setiap acara Home Shaaring terutama jika acara Home sharing yang di buat pada Stock Kies (tempat belanja Distributor). Selain menambah semaraknya acara Home Sharing, sound system juga akan membantu memberikan kualitas suara yang cukup baik agar materi yang dibawakan pembicara lebih mudah di dengar oleh semua yang hadir dalam acara home sharing.

Setelah semua peralatan lengkap dan telah disiapkan dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah membuat susunan acara Home Sharing yang singkat dan tepat. Berikut adalah penjelasannya.

II.1. Opening oleh MC (Master Of Ceremony).
Seorang MC di acara Home Sharing harus pandai mengemas acara, oleh karena itu penting untuk memilih MC yang tepat dalam setiap acara Home Sharing, anda tidak perlu menyewa MC khusus dengan bayaran yang mahal, cukup dengan melihat dari beberapa downline yang berbakat lalu sedikit memberikan training singkat cara menjadi MC, saya rasa sudah sangat cukup.

Opening oleh MC cukup dengan membuka acara dengan Doa dan ucapan selamat datang kepada semua yang hadir baik anggota yang telah bergabung maupn calon anggota yang diundang.

Setelah itu barulah MC menampilkan pembicara pembuka.

II.2. Pembicara Pembuka.
Pembicara pembuka biasanya membawakan materi tentang company profile dan RPU dari perusahaan MLM yang di jalankan, penjelasannya sangat di sarankan menggunakan Infocus/slide projector. Waktu bicara untuk pembicara pembuka tidak perlu terlalu lama, maksimalnya hanya boleh 15 atau 20 menit saja.

II.3. Pembicara Produk/Demo Produk.
Setelah pembicara pembuka selesai, maka MC akan menampilkan pembicara berikutnya yaitu pembicara Produk, materi produk yang akan dibawakan oleh pembicara produk tidak harus semua produk yang ada dari perusahaan, cukup beberapa jenis saja, bila ada produk yang bisa di lakukan Demo, maka itu lebih baik, sebab dengan Demo, calon anggota akan lebih mengeri manfaat dan cara pemakaian dari produk.

Manfaat demo juga akan melatih atau membiasakan semua anggota atau distributor yang telah menjadi anggota menjadi pandai menjual dengan cara demo ke konsumen mereka masing-masing, tentu ini sangat baik dalam memaksimalkan personal sales dari setiap anggota/downline.

Waktu bicara yang diberikan untuk pembicara materi produk juga jangan terlalu lama, maksimal hanya 25 menit saja, tujuannya adalah agar calon prospek yang datang tidak bosan atau jenuh.

II.4. Pembicara Inti.
Pembicara ini membawakan materi inti dari acara home sharing, diantaranya adalah materi penjelasan tentang cara bergabung, tugas setelah bergabung, cara mengumpulkan poin/personal sale/TUPO dan sedikit perhitungan komisi dan jenjang karier dari RPU perusahaan MLM yang dijalankan.

Maksimal waktu yang di berikan untuk membahas materi ini maksimal hanya 30 menit.

II.5. Pembicara penutup/Closing.
Pembicara penutup lebih banyak membawakan materi tentang wawasan-wawasan penting seperti cerita motivasi untuk tujuan mengajak calon anggota lebih membuka diri mengapa mereka harus berbisnis. Materi membuka wawasan ini sangat banyak dan anda bisa dapatkan materi ini dari para leader dalam jaringan anda, inti dari materi pembuka wawasan adalah materi tersebut harus mampu membuat calon prospek tersentuh secara emosional dan akhirnya setuju untuk joint atau bergabung sebagai anggota/distributor.

Pembicara penutup harus pandai membuat closing yang sempurna, sebab kesuksesan acara home sharing sangat tergantung pada pembicara penutup. Maka setelah berhasil membuka wawasan kepada semua calon anggota dengan materi wawasan yang sangat menyentuh secara emotional, maka langsung di lanjutkan dengan menyodorkan TDAF kepa semua calon anggota yang hadir dalam acara Home sharing, cara membagikan TDAF yang benar setelah selesai closing bukan dengan di bagikan langsung tetapi lebih bagus di buat seakan calon prospek menjemput peluang untuk datang menghampiri pembicara penutup/pembicara closing.

Demikianlllah teman-teman pencinta bisnis MLM, cara membuat home sharing yang sangat bermanfaat dalam pengembangan bisnis MLM yang sedang anda jalankan sekarang, terutama dalam tujuan menambahkan jumlah downline dalam jaringan network MLM yang anda miliki dan juga dalam tujuan belajar menimba ilmu untuk tujuan penduplikasian.

Terima Kasih Semoga Bermanfaat dan semoga dapat menjadi inspirasi untuk kita semu, salam sukses selalu. Sampai Jumpa Dipuncak Kesuksesan.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment