28 June 2017

Pilih Mana Konsumtif Atau Produktif ?

Pola Hidup, Konsumtif, Produktif

Konsumtif atau Produktif adalah dua pilihan dalam hidup yang sangat menentukan masa depan, mengapa demikian ? Jawabannya sederhana karena kedua pilihan tersebut memiliki cara pandang terhadap masa depan yang sangat berbeda, Oleh karena itu sebelum memilih salah satu diantara keduanya, anda harus memahami betul apa pengertian dari Pola hidup Konsumtif dan Pola Hidup Produktif sebagai pilihan dalam menjalani kehidupan. Salah memilih karena kurangnya pemahaman dari pengertian Konsumtif dan Produktif akan sangat membahayakan masa depan siapapun yang akan memilih antara Konsumtif atau Produktif.


Berikut adalah penjelasan Konsumtif dan produktif yang sangat penting untuk di ketahui sebagai tujuan dari kehidupan dan masa depan.

1. Konsumtif.
Konsumtif adalah sebuah cara membelanjakan uang dari hasil jerih payah dalam bekerja atau berbisnis oleh seseorang untuk memuaskan semua keinginan akan barang, jasa dan kepuasan lainnya. Kehidupan seseorang yang Konsumtif bisa dikatakan sebagai prilaku yang tidak tepat dalam cara membelanjakan uang. Mereka lebih menyukai untuk membeli sesuatu bukan karena kebutuhan tetapi karena keinginan, apapun yang diinginkan maka ia akan berupaya untuk memilikinya dengan cara apa saja tanpa menghiraukan skala prioritas dalam belanja menggunakan uang pendapatannya.

Yang sangat disayangkan lagi, pola kehidupan seseorang yang cenderung konsumtif akan selalu mengalami break event point pendapatan, masudnya adalah berapapun pendapatan yang berhasil diperoleh selalu impas dengan pengeluaran, bahkan bisa terjadi kekurangan.

Orang yang memiliki pola hidup Konsumtif jarang berpikir untuk masa depan, kesenangan hari ini dan sekarang adalah prioritas utama bagi mereka, sedangkan esok hari dan masa depan "Gimana Nanti".

Pola hidup konsumtif akan semakin berbahaya jika tidak diiringi dengan keseimbangan dalam berusaha dan berbisnis untuk meningkatkan pendapatan, bahkan banyak diantara mereka yang Konsumtif lebih banyak memiliki alasan ketika mereka di tawarkan sebuah peluang usaha atau peluang bisnis yang dapat menyebabkan penghasilan mereka bertambah.


Simpelnya, ketika ditawari sebuah peluang usaha atau peluang bisnis, mereka akan mengatakan "Tidak memiliki Modal" padahal belum tentu mereka tidak memilikinya, dalam pikiran mereka berinvestasi menggunakan uang untuk berbisnis atau berusaha sangat beresiko, tetapi ketika dalam waktu yang bersamaan seseorang yang menjalani pola hidup Konsumtif ditawari untuk menggunakan uang mereka untuk liburn dan jalan-jalan bersama keluarga atau membeli beberapa barang yang sebenarnya tidak terlalu penting, mereka tidak akan berat untuk morogoh dalam-dalam kocek mereka sendiri.

Jika Pola hidup Konsumtif tidak dirubah segera, maka dampak berikutnya yang akan terjadi dalam kehidupan mereka yang menjalaninya adalah hidup mereka akan mengalami "besar pasak dari pada tiang" (Pengeluaran akan lebih besar dari pada pendapatan).

2. Produktif.
Produktif adalah seseorang yang memiliki pola hidup sebaliknya, mereka lebih fokus pada kegiatan untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik. Pola hidup Produktif yang dimiliki oleh seseorang akan selalu mendorongnya untuk rajin berusaha baik melalui pekerjaan yang dijalaninya setiap hari maupun melalui bisnis yang di kelolanya.

Orang yang memiliki pola hidup Produktif lebih menghargai uang pendapatan yang diperolehnya, mereka akan membelanjakan uang tersebut hanya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya saja, bukan berdasarkan keinginan yang berlebihan.

Pola hidup produktif lebih banyak dijalankan oleh orang-orang yang lebih banyak berpikir tentang masa depan dan sebuah perubahan hidup, mereka lebih banyak berpikir "Besok bagaimana ? " dan "Apa yang harus di kerjakan untuk Esok hari ?"


Seseorang yang menjalankan pola hidup Produktif lebih bersemangat ketika ditawari sebuah peluang, apa yang dipikirkannya adalah selalu tentang hasil dan pendapatan yang harus lebih baik dan mereka sadar bahwa masa depan pasti akan jauh lebih sulit untuk lebih baik jika tidak mulai di kerjakan dan dimulai segera. 

Sekarang, setelah kita mengetahui apa itu Konsumtif dan Produktif dalam kehidupan, semoga kita dapat memberikan pilihan yang benar sebagai pilihan pola hidup yang akan kita jalankan, setelah memilih pilihan yang tepat lalu berusahalah untuk diterapkan dalam kehidupan masing-masing, karena dengan memilih pilihan pola hidup yang tepat akan menjadi penentu masa depan seperti apa yang akan kita peroleh.

Terima Kasih, semoga bermanfaat dan salam sukses selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment