15 June 2017

Tips Belanja Konsumen Cerdas Keperluan Lebaran

Bisnis, Tips Belanja, Cara Belanja Cerdas, Belanja Lebaran

Lebaran sebentar lagi akan datang, semua persiapan menyambut datangnya lebaran telah mulai dipersipkan oleh semua orang yang akan merayakannya, dari mulai keperluan merenovasi rumah, belanja segala keperluan pulang kampung hingga belanja beli baju baru.

Datangnya THR (Tunjangan Hari Raya) disaat menjelang Lebaran seakan menambah serunya belanja segala keperluan Lebaran, Hampir setiap pusat perbelanjaan di padati pengunjung menjelang lebaran, puncaknya keramaian orang berbelanja di setiap tempat belanja sampai hari puasa terakhir atau malam Takbiran.

Untuk menambah keseruan berbelanja untuk keperluan Lebaran, berikut adalah Tips Belanja Konsumen Cerdas Keperluan Lebaran yang mungkin bermanfaat untuk Anda.

1. Buatlah List Kebutuhan dengan Rinci Sebelum Mulai Belanja.
Membuat List bertujuan agar semua kebutuhan tidak terlewatkan, List belanja yang di buat sebelumnya juga sangat bermanfaat dalam mencegah belanja yang tidak terlalu boros, selain itu membuat List keperluan yang akan di beli juga sangat bermanfaat dalam menentukan prioritas kebutuhan, mana yang lebih penting dan mana yang tidak penting. Membuat List sebelum mulai belanja kebutuhan lebaran juga bertujuan membuat belanja lebihh terarah dan tepat sasaran.

2. Pilih Lokasi/Tempat Belanja Yang Sesuai Kemampuan Keuangan.
Setiap Lokasi tempat belanja pasti memiliki Harga yang berbeda, langkah memilih tempat belanja yang tepat tentu sangat baik agar keadaan keuangan anda dapat memenuhi semua keperluan Lebaran dan tidak harus "Nombok".

Cara menentukan tempat belanja yang paling mudah adalah dengan mengukur kemampuan keuangan yang anda miliki, jika menurut anda sendiri kemampuan anda berlebih maka silahkan saja bebas menentukan tempat belanja sesuka anda, tetapi jika keuangan terbatas, cobalah untuk lebih bijak dalam memilih tempat belanja yang tepat.

3. Memilih Waktu Berbelanja Yang Tepat.
Berbagai tempat belanja yang sangat banyak ada di kota anda pasti akan memberikan discount besar-besaran menjelang hari lebaran, terutama pada malam Takbiran, semua barang dagangan yang di jual akan di bandrol dengan harga lebih murah dari hari biasa.

Sangat berbeda ketika anda belanja pada hari-hari yang masih jauh dengan hari lebaran, semua yang di jual para pedagang pasti masih dengan bandrol harga standart atau harga normal, maka jika anda mau bersabar sedikit dan mau berdesak-desakan sedikit belanja di malam Takbiran, maka anda akan mendapatkan harga yang paling bagus.

Dibalik kelebihan berbelanja di malam Takbiran tentu ada juga kerugiannya, barang-barang yang di jual pada malam Takbiran adalah lebih banyak barang sisa pilihan orang yang telah belanja sebelumnya, tapi jika anda mau bersabar dan teliti kemungkinan untuk mendapatkan barang yang bagus dan murah masih sangat mungkin.

4. Gunakan Metode Belanja Dengan Cara Mencicil Sejak Jauh Hari.
Strategi in tentu sangat luar biasa, sebab dengan mencicil jauh-jauh hari sebelumnya maka anda akan mendapatkan harga yang Normal (harga biasa di luar hari raya lebaran), mencicil belanja kebutuhan juga akan lebih hemat, cara ini juga akan membuat uang THR tetap utuh untuk dapat di gunakan dalam keperluan yang lain saat lebaran dan setelah lebaran, sebab kebutuhan untuk lebaran telah di penuhi sebelumnya dari jauh-jauh hari.

Berbeda jika anda selalu terbiasa belanja sekaligus menjelang lebaran, maka tanpa disaradi uang THR akan cepat habis dan mengalir deras bagaikan air, bahkan akhirnya malah harus mengorek lagi sisa tabungan atau sumber uang yang lain.

5. Hindari Belanja Dengan kartu kredit.
Kartu kredit memang bisa di pakai belanja, tapi ingat kartu kredit bukanlah uang nganggur atau uang hadiah, ketika Kartu Kredit di pakai, maka harus di bayar. Jadi kartu kredit sebenarnya adalah sebuah kemudahan yang di sediakan oleh Bank dalam melakukan pembayaran.

Jika keuangan anda pas-pasan lebih baik lupakanlah belanja dengan kartu kredit, apalagi jika setelah kartu kredit habis terpakai anda hanya berniat membayar dengan minimal payment dari total tagihan, jika ini di lakukan maka anda akan celaka, sebab setelah lebaran selesai anda akan sibuk mencari uang untuk membayar cicilan yang tidak akan pernah selesai.

Perlu anda ketahui kartu kredit itu akan mengambil charge sebesar 5% ketika anda belanja, maka jika ditambahkan dengan harga barang yang akan di beli pasti menjadi lebih mahal jika menggunakan Kartu Kredit.

Lebih bijaklah menggunakan Kartu Kredit, jika anda memiliki uang kontan dan keadaan keuangan belum cukup maka tngguhkan dahulu untuk belanja menggunakan kartu kredit.

Hal lain jika anda memang memiliki keuangan yang cukup, maka kartu kredit tentu sangat penting dan sangat membantu sebagai alat pembayaran yang cepat dan simpel, sehingga anda tidak perlu membawa uang cash terlalu banyak saat belanja kebutuhan lebaran, hal ini demi keamanan dan setelah Kartu Kredit di pakai di pakai langsung bayar dan lunasi tanpa harus repot.

6. Memanfaatkan Discount Dan Promo.
Strategi memanfaatkan Discount dan Promo saat belanja kebutuhan Lebaran juga harus menjadi pilihan, dengan memanfaatkan Discount dan promo maka anda akan mendaptkan harga yang jauh lebih murah dengan kualitas yang bagus. Seperti contoh, di sebuah Mall pasti akan banyak harga barang obral dengan kualitas yang sangat bagus dan bermerk dengan discount hingga 70%, ini dapat anda manfaatkan atau anda juga dapat manfaatkan cara belanja promo pada stand pakaian atau kebutuhan Lebaran lainnya seperti "Buy one Get One" atau berbagai promo dan Discount lainnya.

7. Buat Pilihan Belanja Yang tepat Antara Merk atau Kualitas.
Saat lebaran, barang bermerk dengan prestige yang tinggi pasti akan memiliki harga selangit, tetapi jika anda seorang konsumen yang cerdas maka anda dapat memilih berdasarkan keinginan dan kemampuan, mau tetap memakai barang bermerk yang harganya mahal dan bergengsi atau lebih memilih barang tidak bermerk tetapi tetap memiliki kualitas dan kekinian (Modis). Kedua pilihan ini pasti sangat mempengaruhi kocek yang harus di keluarkan, antara merk terkenal dan merk tidak terkenal pasti akan memiliki harga yang sangat berbeda, Semua kembali pada keinginan diri sendiri.

Demikianlah Artikel singkat tentang Tips Belanja Konsumen Cerdas Keperluan Lebaran. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua, Terima Kasih dan Salam Sukses Selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment