2 June 2017

Tips Menjadi Pramuniaga Toko Yang Handal

Bisnis, Tips, Pramuniaga, Penjaga Toko

Pramuniaga (penjaga toko atau pelayan toko) adalah pekerjaan yang tidak mudah, penghasilan seorang pramuniaga kadang sangat tergantung dari omset penjualan yang di hasilkannya, walupun bukan pemilik toko, seorang pramuniaga sangat mempengaruhi omset dan pendapatan Toko setiap hari, saat ini banyak pemilik toko yang sangat mengandalkan pramuniaga yang bekerja pada toko mereka dalam urusan penjualan dan omset setiap hari.

Gaji yang diterima oleh pramuniaga terbilang cukup lumayan, ada beberapa owner yang memberikan gaji harian atau bulanan untuk pramuniaga pada toko mereka, semua tergantung kesepakatan awal saat lowongan pekerjaan sebagai pramuniaga di buka.


Banyak juga pemilik toko yang tidak segan-segan untuk memberikn komisi tambahan kepada pramuniaga toko yang bekerja pada mereka, komisi tambahan yang di berikan ini sudah tentu merupakan bonus tambahan berdasarkan etos kerja yang baik dari pramuniaga itu sendiri sehingga toko memiliki omset yang cukup lumayan.

Antara pemilik toko dengan pramuniaga yang bekerja sebenarnya merupakan hubungan simbiosis mutualisme yang sangat baik, jika kedua pihak dapat memahaminya. Pemilik toko yang memiliki orientasi bisnis yang hebat pasti akan memahami betul hak pramuniaga yang di pekerjakannya, dengan memberikan gaji yang layak kepada pramuniaga yang bekerja pada tokonya, sudah tentu akan meningkatkan etos kera dari pramuniaga yang bekerja pada toko tersebut.

Begitupun sebaliknya, seorang pramuniaga yang bekerja pada Toko milik majikannya harus berupaya semaksimal mungkin agar dagangan yang di pajang pada etalase toko laris terjual, setelah menerima tawaran gaji yang akan di berikan pemilik toko.

Agar bekerja sebagai pramuniaga semain menarik, Berikut Adalah Tips untuk menjadi pramuniaga Toko yang Handal.

1. Kuasai Informasi Produk Yang Di Jual Dengan Baik.
Produk yang di jual harus di kuasai dengan baik oleh pramuniaganya, hal ini menjadi sangat penting ketika melayani pembeli atau pengunjung yang sekedar bertanya tentang produk tersebut, daya tarik pembeli akan lebih besar jika semua pertanyaan yang di tanyakan oleh pembeli dapat di jawab dengan sempurna oleh seorang pramuniaga.


2. Miliki Kepribadian yang menarik.
Konsumen akan lebih menyukai untuk berkunjung pada sebuah toko, bukan hanya karena toko tersebut memiliki stok dagangan atau produk yang lengkap saja. Kepribadian yang menarik pramuniaga yang menjaga toko juga akkan menjadi kesan pertama yang menentukan suksesnya transaksi penjualan.

Kepri badian menarik seorang pramuniaga harus sempurna, semua itu di nilai oleh konsumen yang akan berinteraksi langsung dengan mereka. Jika anda suka berkeliling di dalam pusat perbelanjaan, cobalah perhatikan ketika anda melewati beberapa toko yang menawarkan dagangan mereka, pasti semua pramuniaga toko pada toko-toko tersebut memberikan salam yang hangat kepada semua orang yang lewat persis di depan toko mereka.

Langkah ini adalah bentuk sapaan yang merupakan salam pembuka agar toko mereka di kunjungi pembeli. Pramuniaga yang memiliki kepribadian yang hebat akan melakukan upaya salam pembuka seperti ini akan lebih sempurna, karena sikap dan mimik yang di miliki oleh pramuniaga yang memiliki kepribadian menarik akan terlihat berbeda, walaupun ucapan dan sapaan itu hanya dalam bentuk sapaan singkat seperti: "Mari ibu/bapak silahkan..!!"

Ada perbedaan yang sangat menyolok ketika salam pembuka yang di lakukan oleh pramuniaga yang memiliki kepribadian menarik dengan yang tidak, yang memiliki kepribadian menarik akan jauh lebih sempurna memberikan salam pembuka ini kepada pengunjung yang lewat di depan toko yang mereka jaga, salam yang mereka berikan lebih berisi sebuah ajakan berbobot melalui mimik, gerakan dan ucapan yang selaras, sedangkan pramuniaga yang kurang memiliki kepribadian menarik hanya akan terlihat seperti memberikan salam "basa-basi" dari mimik, gerakan dan ucapannya.


3. Ramah, Sabar Dan Cekatan.
Pembeli adalah raja, walaupun itu hanya sebuah slogan saja tapi keadaannya memang demikian, sangat banyak konsumen yang lebih menyukai untuk di layani bak raja ketika ingin berbelanja, posisi mereka ada pada top level yaitu berhak untuk memilih tempat belanja yang paling sempurna dalam segala hal.

Rahasia dari sikap konsumen yang hampir rata-rata sama ini, harus di jadikan patokan dalam bekerja sebagai pramuniaga khususnya saat memberikan pelayanan kepada konsumen atau pembeli. Keramahan, kesabaran dan cekatan saat melayani konsumen sangatlah disukai dan jika ini dapat di lakukan dengan sempurna maka pramuniaga toko itu juga yang akan mendapatkan manfaatnya.

4. Jangan Pernah Menilai Penampilan Konsumen Yang Berkunjung.
salah menilai dengan memprediksi kemampuan daya beli dari konsumen dari penampilannya sangat merukian diri sendiri sebagai seorang parmuniaga. Penampilan konsumen yang datang kadang banyak menipu seorang pramuniaga ketika melayani konsumen.

Sama ratakan sikap dalam melayani pembeli dan konsumen yang datang adalah cara tepat menjadi pramuniaga yang handal, jangan hanya telaten dan ramah kepada mereka yang terlihat perlente saja dan jangan pernah mengacuhkan konsumen dan pelanggan yang terlihat berpenampilan seperti orang kampung dan terlihat tidak berduit.

Saat ini sangat banyak orang kaya yang memiliki uang banyak untuk belanja dalam jumlah yang sangat banyak (ngeborong) dengan penampilan yang tidak disangka-sangka. Awaspada dan hati-hati adalah sikap yang lebih baik jika ingin sukses menjadi seorang pramuniaga dengan prestasi penjualan yang tinggi setiap hari.

3. Jadilah Seperti Artis.
Seorang pramuniaga harus seperti seorang artis, memiliki penampilan menarik dan rapih, mampu menghibur dan tetap entertain walau susana hati sedang tidak baik. Jangan terlihat ketika suasana hati anda sedang tidak enak saat bekerja sebagai pramuniaga, hal ini juga memberikan pengaruh yang sangat besar dalam melayani konsumen yang datang pada toko, saat bekerja sebagai parmuniaga lupakan dahulu semua masalah pribadi karena konsumen tidak mau tahu dengan semua masalah anda, mereka hanya ingin melihat anda menarik, ramah, sopan dan cekatan ketika melayani.

4. Jujur.
Pramuniaga jujur juga salah satu faktor penunjang penting untuk menjadi seorang pramuniaga toko yang hebat, selain akan memberikan efek di sayang oleh Boss pemilik toko, keujujuran yang dimiliki tersebut juga akan menjadi daya tarik tambahan ketika menghadapi konsumen yang datang.

Kadang saat konsumen berbelanja, banyak hal yang sering terjadi karena mereka asik berbelanja, seperti: tertinggalnya barang yang telah di beli atau tertinggalnya barang-barang pribadi milik konsumen, jika anda sebagai pramuniaga mengalami ini, maka jagalah kepercayaan konsumen anda dengan tetap menjadi pramuniaga yang jujur, sikap seperti ini akan menghasilkan nilai tambahan dari konsumen, mereka akan selalu menjadi langganan kadang dari banyak hal yang sangat sepele, salah satunya karena pramuniaga pada toko tempatnya belanja penah melakukan hal baik yang tidak akan pernah terlupakan (konsumen berkesan), yaitu JUJUR.

5. Mampu Bekerjasama (Team Work).
Pramuniaga yang handal juga mampu bekerja dengan baik secara bersama-sama, dalam sebuah toko kadang memiliki pramuniaga lebih dari satu, ketika satu teman pramuniaga sibuk melayani pembeli dan konsumen, maka pramuniaga yang lainnya siap untuk memberikan suport pelayanan, kekompakan ini penting dalam tujuan menjaga kualitas pelayanan yang cepat dan profesional. Hindari sikap saling mengandalkan ketika bekerja sebagai pelayan toko atau pramuniaga.

0 komentar:

Post a comment