5 June 2017

Wawasan Bisnis Cara Memperkecil Tolakan Saat Menjual

Bisnis, Wawasan Bisnis, Tolakan, Tolakan Bisnis, Tolakan Menjual

Resiko paling besar yang harus di alami oleh seorang penjual adalah "Di Tolak". Saat berjualan atau berdagang apa saja, tolakan adalah bagian dari sebuah proses untuk bertemu dengan yang menerima, jadi jika di tolak lalu kita berhenti dan tidak lagi menawarkan kepada yang lain, maka peluang untuk bertemu dengan yang akan membeli tidak mungkin terjadi.

Saya banyak menulis tentang hukum rata-rata dalam menjual di dalam blog ini, hukum rata-rata dalam berdagang yang harus di jadikan patokan ketika berdagang adalah jika anda banyak menawarkan maka anda pasti akan banyak mengalami tolakan dan yang akan membeli pasti akan lebih banyak, sedikit menawarkan maka akan sedikit tolakannya dan yang membeli juga akan sedikit, tidak mau menawarkan maka yang menolak pasti tidak ada dan yang akan membeli sudah tentu juga tidak akan ada.


Berdasarkan hukum rata-rata tersebut kita mendapatkan kesimpulan bahwa dalam berdagang tidak akan mungkin terlepas dari tolakan, maka mulai saat ini justru anda harus menghasilkan lebih banyak orang yang menolak anda agar semakin cepat menemukan yang akan menerima.

Tolakan memang tidak dapat di cegah, tetapi tolakan saat menjual dapat di perkecil peluangnya, caranya adalah:

1. Kuasai Pengetahuan Produk yang Akan Anda Jual.
Pengetahuan produk adalah materi penting yang harus di kuasai saat berhadapan dengan konsumen, semua hal tentang produk seperti komposisi, manfaat, keunggulan dan perbedaan produk yang anda tawarkan dengan kompetitornya, semua itu harus anda kuasai dengan baik, semua ini tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi calon konsumen, jika konsumen memahami semua materi yang anda sampaikan, maka peluang untuk mereka tertarik dan menerima anda pasti akan lebih besar.

2. Cara Menawarkan Yang Tepat.
Mengahdapi konsumen saat menjual harus di sesuaikan dengan karakter dan kepribadian dari konsumen itu sendiri, pendekatan pribadi yang anda harus lakukan ketika menjual adalah bagian dari cara penawaran yang paling tepat, jangan samakan cara menjual produk yang anda lakukan kepada semua orang, sebab setiap orang memiliki sifat dan karakter yang berbeda, disinilah sebagai penjual anda harus fleksibel dan harus mampu membaca karakter dari calon konsumen yang sedang di hadapi.


Konsumen yang membeli kadang ada yang memang butuh dengan apa yang anda tawarkan, ada juga yang sekedar membeli untuk tujuan gaya hidup atau bahkan ada juga yang membeli karena gengsi, jika anda telah memahami hal ini, maka anda akan dapat masuk kepada mereka dengan melengkapi diri membawa strategi yang tepat dan cara menawarkan yang sesuai dengan karakter masing-masing, senjata yang di maksud adalah cara menawarkan yang fleksibel dan sesuai dengan karakter dari konsumen itu sendiri yang berbeda-beda.

3. Waktu Menawaran Yang Tepat.
Waktu yang tepat juga lebih berpeluang besar terjadinya pembelian, maka buatlah janji atau agenda untuk bertemu pada waktu yang paling tepat dengan calon konsumen anda. Waktu yang tepat saat menjual juga akan membuat calon konsumen lebih Fokus dengan apa yang anda tawarkan, sehingga keunggulan dan manfaat dari produk yang anda tawarkan akan mudah untuk di mengerti.

4. Jangan langsung Menyebut harga sebelum cerita manfaatnya.

Penjual yang sering di tolak karena mereka langsung masuk pada harga, padahal harga yang murah atau mahal harus ada pada bagian akhir dari sebuah penawaran, sebelum itu ceritakanlah panjang lebar tentang keunggulan dan manfaat dari produk yang anda tawarkan, tambahkan dengan demo atau mencoba secara langsung dari tester produk juga akan menambah nilai yang lebih baik. Setelah calon konsumen mengetahui keunggulan dan manfaat dari produk barulah anda ceritakan harga yang pantas dari semua manfaat yang telah anda ceritakan kepada calon konsumen tersebut.

5. Sabar dalam menjawab semua pertanyaan.
Sabar juga faktor penting untuk memperkecil tolakan, karakter dari calon konsumen yang lebih banyak bertanya sehingga terkesan detil dan cerewet, kadang sering menguji kesabaran anda sebagai penjual, kuncinya adalah bagaimanapun sikap dari calon konsumen yang sedang dihadapi jangan pernah mempengaruhi emosi anda, jawablah semua pertanyaan dengan tepat dan berikan solusi tepat dari pertanyaan itu.

Demikianlah artikel singkat tentang wawasan cara memperkecil tolakan saat menjual, semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua, terima kasih dan salam sukses selalu.

Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment