5 June 2017

Wawasan Cara Menjangkau Pasar Yang Lebih Luas Dalam Bisnis Perdagangan

Bisnis, Wawasan Bisnis, Persaingan Bisnis, Bisnis Perdagangan, Berdagang

Berbisnis apapun bentuknya pasti ada produk yang di pasarkan, dan konsumen adalah sasarannya yang dituju. Bertemunya seorang penjual dengan pembeli sama seperti "Jodoh", penyebab yang dapat mempertemukan keduanya adalah karena ikhtiar dan usaha masing-masing.

Konsumen saat membutuhkan sesuatu, maka dia akan berusaha untuk mencari apa yang dibutuhkannya itu melalui apa saja dan dengan cara apa saja, begitu juga penjual, mereka akan terus menawarkan kepada siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Usaha dan Ikhtiar yang di lakukan keduanya inilah akhirnya yang mempertemukan keduanya, konsumen menemukan apa yang di carinya dan penjual menemukan siapa yang akan dilayaninya.

Hal ini terus akan terjadi kepada siapa saja yang selalu berusaha untuk mendapatkan apa yang di inginkan, baik yang mencari untuk kebutuhan mereka (Konsumen) ataupun mereka yang menyediakan semua kebutuhan pembeli (Penjual).

Di tengah persaingan Bisnis yang sangat ketat saat ini, terutama persaingan dalam Bisnis Berdagang, sangat banyak pedagang yang mulai mengeluh karena omset mereka selalu mengalami penurunan, padahal upaya yang telah di lakukan menurut mereka tidak ada yang berubah apalagi berkurang, lalu apa yang terjadi ?

Jawabannya adalah PERSAINGAN. Persaingan Bisnis memang terlihat kejam, keadaan ini adalah suatu hal wajar yang memang harus terjadi, di tengah sulitnya ekonomi seperti sekarang semua orang yang ingin berubah hidup untuk lebih baik pasti akan memilih bisnis yang paling simpel untuk di kerjakan seperti berdagang.

cara berdagang yang sangat mudah untuk di lakukan, menjadi alasan untuk semua orang akhirnya terjun di bisnis yang paling mudah ini (Berdagang), Jenis barang/produk yang sama banyak di jual pada lokasi yang berdekatan, bahkan persaingan mereka semakin ketat karena berdagang pada lokasi yang bersebelahan dan tidak lagi berjauhan.

Selain itu, persaingan menjadi semakin ketat di karenakan pembeli yang datang juga semakin berkurang, penyebabnya juga tidak jelas. Hal ini semakin menambah terpuruknya para pedagang karena masalah mereka bukan hanya pada persaingan saja tetai juga omset penjualan yang semakin menurun karena langkanya pembeli yang datang.

Salah juga bila leadaan seperti ini hanya kita jadikan keluhan terutama untuk para pedagang, sebuah strategi yang diharapkan dapat menjadi solusi harus segera di terapkan. Solusi yang paling tepat saat keadaan seperti ini adalah pedagang harus menjangkau pasar yang lebih luas, dengan membuka pasar yang lebih luas maka kemungkinan omset akan kembali stabil pasti akan mungkin terjadi.

Selain berdagang pada lokasi yang sudah ada, pedagang juga harus mulai memanfaatkan teknologi yang agak kekinian, misalnya dengan menjadi pedagang Online dari semua produk/dagangan yang dijualnya.

Cara menjadi pedagang online juga sebenarnnya sangat mudah, melalui media sosial saja para pedagang dapat menjajakan dagangannya dengan mudah, apalagi jika di tambahkan dengan mencoba untuk membuat website sederhana sendiri lalu setelah jadi di optimasi melalui iklan Google (Adwords) maka hasilnya pasti akan lebih baik.

Selain itu pada pedagang juga dapat memanfaatkan bebagai PlatForm bisnis digital yang sangat banyak di Internet, mereka semua pasti akan senang hati untuk membantu menyediakan space untuk para pedagang, sema langkah ini tentunya sangat mudah jika para pedagang berusaha untuk banyak menggali informasi agar mereka lebih memahami dan mengerti manfaat besar dari Internet Marketing, tidak ada yang sulit jika masih memiliki kemauan untuk belajar, semua kembali pada diri masing-masing.

Keadaan yang semakin sulit akan semakin menyulitkan jika kita hanya selalu mengeluh tanpa berusaha, tetapi keadaan yang sangat sulit sekalipun akan berangsur membaik ketika kita selalu bergerak dan berusaha untuk selalu berinovasi dan kreatif untuk mencari solusi, semua kembali pada diri masing-masing.

Jika boleh saya memberikan gambaran untuk semua teman-teman pedagang, sebenarnya zaman itu tidak akan pernah ada yang mudah, dahulu dan sekarang sama saja, mereka yang berhasil memenangkan persaingan adalah orang-orang dinamis/tidak monoton, mengikuti setipa perkembangan di setiap zaman adalah cara yng paling tepat untuk dapat bertahan dan itu harus kita jadikan patokan dasar untuk maju dan semakin berkembang.

Demikianlah artikel singkat tentang wawasan cara menjangkau pasar yang lebih luas dalam bisnis perdagangan, semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.

Terima Kasih, tetap semangat dan salam sukses selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment