21 January 2018

Beberapa Persiapan Penting Untuk Memulai Bisnis Kuliner

Bisnis Kuliner

Saat ini bisnis kuliner sangat baik untuk di kembangkan, karena bisnis kuliner adalah bisnis yang berhubungan dengan kebutuhan utama yaitu "Makan". Punya uang atau tidak semua orang pasti akan menyisihkan uang dari penghasilan mereka untuk memenuhi kebutuhan pokok yang tidak bisa di abaikan ini.

Walaupun bisnis kuliner adalah bisnis yang selalu ramai dan banyak di cari oleh pencinta dan pemburu makanan enak, tetap saja cara mengelola bisnis ini tidak boleh sembarangan, salah perhitungan atau tanpa persiapan yang matang kemungkinan gulung tikar bisa saja terjadi.

Untuk mencegah hal tersebut maka ada beberapa persiapan penting yang harus di lakukan agar tujuan membuka bisnis kuliner menguntungkan dan tidak rugi, diantaranya adalah :
  1. Makanan yang di sajikan harus enak, menarik dan inovatif.
  2. Harga terjangkau atau sesuai dengan target konsumen yang ingin dicapai.
  3. Pelayanan cepat, profesional dan ramah.
  4. Tempat yang nyaman, mudah di jangkau dan memiliki parkir yang luas.
Syarat di atas adalah mutlak harus di miliki sebab jika tidak, maka bisnis kuliner tidak akan berkembang.

Bagaimana dengan membuka makanan secara Franchise ?
Memulai bisnis kuliner dengan membeli merk dagang sangat di bolehkan, tapi ingat langkah ini juga harus hati-hati, waralaba ada yang musiman dan ada yang lebih bersifat long term oriented. Keduanya berbeda, biasanya waralaba atau Franchise temporery waralaba kuliner yang belum tentu di sukai oleh konsumen dalam waktu panjang, mengapa demikian ? sebab makanan atau minuman yang di jual bukan makanan utama, mereka lebih menjurus pada jajanan atau cemilan saja, sehingga pembeli dapat cepat bosan dan tidak membeli lagi.

Sedangkan Frachise yang akan lebih bersifat longterm bisnis adalah waralaba yang memiliki masakan atau makanan  utama dengan variasi yang spesial.

Berikut adalah cara memilih Bisnis makanan dengan sistem Franchise yang benar.
  1. Pilih Franchise atau waralaba yang memiliki kredibilitas.
  2. Pilih Franchise yang sudah tahan uji dan masih berjalan dengan sehat hingga saat ini.
  3. Pilih Franchise dengan usia perjalanan bisnis yang matang, yaitu waralaba yang berusia diatas 5 tahun.
  4. Jangan hanya tertarik dengan harga Franchise yang mahal atau murah saja, telitilah sebelum membeli dan lakukan beberapa pengamatan yang teliti di setiap cabang Franchise atau waralaba tersebut.
Membuka bisnis kuliner memang tidak harus pada tempat yang mahal dan strategis, dimana saja bisnis unik ini dapat di jalankan dan akan menghasilkan, intinya adalah anda harus berfikir panjang dan membuat perencanaan yang matang dari mulai pemilihan tempat, makanan dan kosep bisnis kuliner itu sendiri.

Demikianlah penjelasan singkat  tentang bisnis kuliner yang dapat penulis bagikan semoga bermanfaat untuk kita semua.
Terima Kasih, salam sukses selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment