25 January 2018

Cara Paling Tepat dalam menentukan Lokasi Usaha

Bisnis, Lokasi Usaha, Cara menentukan Lokasi Usaha

Cara yang paling mudah dan aman sebelum menentukan lokasi bisnis yang tepat untuk anda adalah dengan melakukan survei lebih dahulu di beberap titik lokasi yang telah ditentukan sebelumnya. Cara menentukan lokasi juga tidak boleh sembarangan tentunya, anda harus mendapatkan informasi yang akurat tentang lokasi target untuk usaha anda tersebut.

Mendapatkan tempat usaha yang tepat pada lokasi strategis dapat diperoleh dengan cara :
  1. Informasi lokasi dari teman, relasi atau teman komunitas bisnis serupa dengan anda. Kadang informasi yang mereka berikan akan lebih akurat, sehingga anda akan menemukan lokasi usaha yang sangat tepat. Informasi yang diberikan oleh beberapa teman tersebut biasanya juga berisi tentang informasi persaingan yang lebih sedikit pada lokasi yang di sarankan.
  2. Informasi dari warga sekitar. Informasi dari sumber ini lebih kearah pada informasi harga murah uang sewa tempat usaha dan informasi tentang tempat sewa yang masih kosong dan bisa ditempati. Informasi ini juga penting anda dapatkan jika dana untuk uang sewa tempat yang anda miliki tidak begitu besar.
  3. Langsung survei pada lokasi yang anda inginkan. Cara ini memang lebih bagus dari kedua cara lain di atas, sebab intuisi pebisnis anda akan bekerja secara langsung berdasarkan data dan fakta secara langsung melalui pengamatan yang anda lakukan sendiri. 
  4. Meneruskan sewa orang lain. cara ini juga baik, sebab pasti anda akan mendapatkan tempat dengan harga murah, bahkan jika jenis usaha anda dan penyewa sebelumnya sejenis, maka anda seperti tinggal meneruskan saja, lokasi yang telah di ketahui oleh orang banyak pasti akan lebih mudah berkembang, asalkan si penyewa sebelumnya tidak memiliki masalah dengan suplier dan konsumennya.
  5. Mencicil tempat usaha melalui bank. cara ini juga baik, dengan mencicil tempat usaha anda melalui Bank, maka anda kelak akan memiliki tempat tersebut selamanya. Jika pilihan anda untuk lokasi usaha anda dengan cara membeli dengan cara cicilan, maka anda harus perhatikan prospek kedepan dari lokasi atau tempat usaha anda yang akan anda beli tersebut. Informasi seperti ini bisa anda dapatkan dari ppemerintahan setempat baik dari tingkatan terendah hingga tingkatan yang paling tinggi pada wilayah tempat usaha anda itu.
  6. Informasi Media Offline dan Online.
Setelah anda memilih dan mendapatkan lokasi usaha yang tepat, maka mulailah untuk membenahi tempat tersebut agar ramai di kunjungi pembeli atau konsumen. Berikut adalah hal yang harus di lakukan.
  1. Benahi lahan parkir pada lokasi usaha anda, sebab lahan parkit yang luas, nyaman dan aman sangat mempengaruhi orang untuk mampir dan berlama-lama singgah pada lokasi usaha anda.
  2. Usahakan lakukan beberapa perubahan penting untuk tujuan : lokasi dapat dilihat dari sisi mana saja, lokasi terlihat menarik dari luar saat siang dan malam hari, lokasi harus terlihat bersih dan rapi, lokasi harus memiliki display atau ruang pajang yang memadai.
  3. Lokasi harus terlihat jelas dari kendaraan yang lalu lalang di lokasi usaha anda.
  4. Buat papan reklame atau nama toko dengan design menarik dan jelas pada lokasi usaha anda tersebut.
  5. Jangan lupa untuk memasukan lokasi usaha anda dalam Google Map.
Demikianlah teman-teman cara menentukan lokasi usaha yang tepat berikut dengan cara pembenahannya, semoga bermanfaat dan salam sukses selalu untuk kita semua.

0 komentar:

Post a comment