20 January 2018

Penyebab Turunnya Omset Bisnis Dan Cara Mengatasinya

Bisnis, Omset, Omset turun, Penyebab Omset Turun

Bisnis mengalami turun omset adalah hal yang biasa terjadi, maka jangan panik bila anda mengalaminya, evaluasi adalah langkah yang paling tepat untuk mengembalikan omset yang sedang mengalami penurunan. 

Cara evaluasi yang paling simpel adalah berfikir, berfikir keras mengapa omset bisa mengalami penurunan, jangan berhenti untuk terus berfikir hingga penyebab omset turun ditemukan.

Turunnya omset dapat disebabkan banyak hal sebagai pemicunya diantaranya adalah :
  1. Pelayanan kurang memuaskan.
  2. Harga jual yang tidak kompetitif.
  3. Produk yang dijual kurang berkualitas.
  4. Langkah promosi yang semakin berkurang.
  5. Stok produk yang kurang lengkap.
  6. Kalah bersaing dengan bisnis yang sama.
  7. Gaya berbisnis yang monoton dan cenderung hanya cari aman sehingga takut beresiko.
  8. Banyak hutang.
  9. Banyak piutang tidak tertagih
  10. Kesulitan keuangan.
  11. Konsentrasi berbisnis mengalami penurunan ( kurang semangat, kurang bergairah, bosan dan sikap lainnya yang dapat mempengaruhi suasana berbisnis mengalami penurunan).
Setiap orang yang mengalami penurunan omset memiliki penyebab yang berbeda, sebabnya pasti ada, contoh diatas bisa di gunakan sebagai bahan untuk evaluasi dalam menganalisa penyebab turunnya omset dalam bisnis yang anda miliki.

Setelah menemukan penyebab turunnya omset maka hal yang harus di lakukan adalah membetulkan kembali penyebab turunnya omset dengan segera, mengapa harus segera ? 

Karena jika dibiarkan terlalu lama maka bisnis anda akan semakin tenggelam dan sulit untuk memiliki omset kembali normal.

Turunnya omset ada juga di sebabkan oleh faktor external, faktor external adalah penyebab turunnya omset yang di sebabkan oleh faktor lain diluar cara anda mengelola bisnis dan usaha anda sendiri.

Berikut adalah beberapa faktor external penyebab turunnya omset.
  1. Lokasi bisnis anda terganggu oleh proyek pembangunan atau perluasan jalan sehingga akses menuju lokasi bisnis sulit di jangkau, konsumen susah parkir dan contoh lainnya.
  2. Bencana alam dan musibah lainnya.
  3. Dolar naik dan harga modal naik sehingga memicu kenaikan harga jual.
  4. Tahun ajaran baru sekolah.
  5. Menjelang bulan puasa, lebaran dan hari raya lainnya.
Intinya adalah ketika anda mengalami penurunan omset dengan penyebab apapun, maka anda harus terus lebih baik lagi dalam mengembangkan bisnis anda tersebut, tambahkan aktifitas dua kali lipat atau bahkan lebih, jangan hanya fokus pada masalah sehingga mengganggu action yang maksimal, atau fokus hanya terus memikirkan masalah tanpa mencari solusi dan jalan keluarnya.

Semua masalah bisa di atasi, kuncinya anda harus yakin dan terus berupaya dengan lebih baik untuk segera memulai kembali bisnis anda dengan semangat yang sama seperti saat anda memulai bisnis anda tersebut.

Terima Kasih, semoga bermanfaat dan salam sukses selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment