11 March 2018

Berikut Adalah Kerugian Karena Sering mengeluh Saat Menjalankan Bisnis.

Bisnis, Mengeluh, Pesimis, Optimis, Gagal

Masih banyak pebisnis yang sering mengeluh ketika menjalankan bisnisnya, keluhan mereka sangat beragam, diantaranya adalah :
1. Mengeluh tidak memiliki modal yang cukup.
2. Mengeluh karena mengalami turunnya omset.
3. Mengeluh karena persaingan bisnis yang semakin berat.
dan masih banyak lagi keluhan-keluhan lain yang sering di ungkapkan oleh pebisnis ketika mereka menjalankan bisnis milik mereka sendiri.

Keadaan seperti ini tentu sangat merugikan, berikut adalah dampak dari menjalankan bisnis sambil mengeluh.


1. Turunnya semangat dan optimis.
Tantangan dalam bisnis yang hanya di keluhkan akan berdampak pada turunnya semangat dalam menjalankan bisnis untuk si pebisnis itu sendiri. Masalah yang hanya di keluhkan juga dapat menyebabkan semakin menurunkan keyakinan dan optimis dalam berbisnis bahkan pebisnis yang sangat menyukai mengeluh dapi pada berjuang akan kehilangan semangat dan optimis, padahal semangat dan optimis adalah modal utama untuk membuat bisnis dapat bertahan dan terus berjalan.

2. Semakin jauh dengan kesuksesan.
Sibuk mengeluh akan memunculkan bebagai pembenaran yang salah oleh diri sendiri, pembenaran yang salah yang di maksud adalah sebuah hasil analisa keliru yang di buat oleh diri terhadap apa yang di alami ketika menjalankan bisnis. Masalah yang sebenarnya bukan sebuah kendala besar akan menjadi terlihat sangat besar jika di besar-besarkan. Contoh : Seorang penjual mengatakan, menjual saat ini semakin susah dan sulit, padahal dia belum melakukan penjualan secara sempurna, hanya karena mengalami sedikit penolakan, lalu dia mengeluh seakan menjual sangat sulit, seakan dia telah lelah menawarkan ke semua orang dengan menggunakan semua cara. Hal ini tentu merugikan. Semakin seringnya mengeluh akan berakibat kesibukan yang seharusnya di gunakan untuk hal yang lebih produktif akan terbuang percuma sehingga kesuksesan yang sangat diharapkan akan semakin jauh.


3. Kehilangan kepercayaan Orang Lain.
Dalam bisnis, kehilangan uang banyak masih dapat dicari tapi jika kehilangan kepercayaan dalam bisnis sangat sulit untuk di dapatkan kembali. Orang yang sering mengeluh akan mengalaminya karena setiap keluhan yang di sampaikan kepada semua orang akan menjadi bumerang bagi dirinya. Pebisnis harus terlihat hebat dan tangguh oleh siapa saja terutama di hadapan kliennya, karena ini penting untuk membangun kepercayaan orang lain (TRUST).


Demikianlah artikel singkat tentang kerugian karena sering mengeluh ketika menjalamkan bisnis. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment