24 April 2018

Begini Cara Membuat Penawaran Bisnis Yang Paling Tepat


Bisnis, Penawaran, Penawaran Bisnis

Penawaran adalah sebuah tindakan menawarkan produk atau jasa kepada calon Klien yang bertujuan terjadinya transaksi bisnis sesuai keinginan anda sebagai pemilik / Owner. Penawaran biasa diminta langsung oleh calon klien kepada anda sebagai pemilik bisnis yang di butuhkan oleh klien itu sendiri. Penawaran akan diminta oleh calon klien ketika bisnis milik anda menjadi salah satu kandidat pilihan untuk memenuhi kebutuhan mereka akan barang dan jasa. Berikut adalah langkah yang paling tepat dalam membuat sebuah penawaran.

1. Jadikan bisnis anda mudah ditemukan oleh calon klien.
Bisnis yang hebat adalah bisnis yang mudah ditemukan oleh calon klien baik secara online maupun offline. Bisnis anda harus berada pada lokasi strategis dan mudah dilihat oleh siapa saja dan memiliki akses jalan yang mudah. Syarat ini adalah mutlak bila anda menginginkan bisnis milik anda menjadi salah satu kanndidat untuk di pilih oleh pelanggan secara offline. Sedangkan secara Online bisnis anda harus mudah ditemukan menggunakan keyword atau kata kunci yang berhubungan dengan kebutuhan calon klien. Misalkan saja, anda memiliki bisnis jasa pasang CCTV, maka ketika calon mencari bisnis anda melalui Google maka bisnis anda harus tampil di halaman pertama dari hasil pencarian search engine milik Google.

Semakin mudah bisnis anda dicari oleh orang banyak, maka anda akan memiliki peluang menjadi bagian dari pilihan calon klien yang membutuhkan barang atau jasa yang anda miliki dalam bisnis anda tersebut. Semakin mudah ditemukannya sebuah bisnis juga akan berpeluang untuk dimintai penawaran oleh konsumen.

2. Tingkatkan Performa Bisnis.
Sebuah bisnis yang terlihat profesional dan berpengalaman biasanya akan menjadi kandidat terbaik. Target ini harus anda capai agar konsumen yangg sangat banyak diluar sana menjatuhkan piluhannya kepada bisnis yang anda miliki. Semakin banyak yang mengetahu bahwa anda profesional dan berpengalaman maka peluang mengeluarkan surat penawaran akan lebih banyak.

Lalu bagaimana jika bisnis anda sendiri baru di mulai ? apakah tetap bisa bersaing ?
Tentu saja bisa !!

Caranya sederhana, awalilah bisnis anda dengan penampilan yang terlihat profesional dan meyakinkan, saya yakin anda mampu membuat tujuan ini tercapai walaupun tanpa saya tuliskan secara detil bagaimana caranya agar bisnis anda terlihat profesional.

3. Layanan Survei ke Klien atau Klien Visit Ke Tempat Bisnis Anda.
Layanan Survei ke Klien atau Klien Visit ke tempat bisnis anda bertujuan menjalin kepercayaan satu sama lain. Survei dan Visit juga bertujuan membahas semua kebutuhan klien menggunakan keahlian anda secara profesional. Maka layanan ini juga harus ada agar terjadi permintaan penawaran oleh klien.

4.Buatlah penawaran yang sesuai kebutuhan dengan harga yang masuk akal.
Penawaran yang benar adalah penawaran yang detil dan jelas terhadap kebutuhan calon klien. lalu bagaimana dengan harga dalam surat penawaran ?

Kita harus memahami bahwa sekarang ini calon klien akan mencarai perbandingan harga untuk mendapatkan harga terbaik dari kebutuhan barang dan jasa. Ketika anda diminta untuk membuat surat penawaran janganlah terlalu besar mengambil keuntungan di saat awal, sebab jika harga dalam surat penawaran yang anda buat tidak umum maka calon klien akan mengabaikan anda. Untuk itu penting di ketahui berapa harga jual di pasaran dari barang dan jasa yang akan anda tawarkan dan lakukan hitungan yang tepat.

Demikianlah yang dapat kami bagikan kepada anda, bagaimana cara membuat penawaran yang paling tepat agar calon klien memilih anda ditengah persaingan bisnis saat ini yang semakin ketat.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Salam Sukses selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment