18 June 2018

5 Hal Penyebab Kehilangan Relasi Atau Klien Dalam Bisnis

Bisnis, Relasi Bisnis, Klien Bisnis, Cutomer Satisfaction

Relasi dan Klien dalam bisnis sangat menentukan omset dan pendapatan dari bisnis itu sendiri, oleh karena itu mereka harus di rawat dan di jaga agar dengan baik agar kerja sama dan kesepakatan terus terjalin dengan baik.

Ketergantungan bisnis terhadap Relasi dan Klien tentu sangat besar dan sebuah bisnis akan dikatakan berjalan apabila Relasi atau Klien melakukan Pesanan Berulang (Repeat Order). Satu hal yang harus di ketahui oleh semua pebisnis ketika mengembangkan bisnisnya adalah mencari Relasi atau Klien baru jauh lebih mudah di bandingkan dengan menjaga Relasi atau Klien Lama. 

Berikut adalah 5 Hal Penyebab Seorang Pebisnis Kehilangan Relasi atau Klien.

1. Pelayanan Kurang Memuaskan.
Penyebab utama yang paling besar dan sering terjadi adalah karena pelayanan yang di berikan kurang memuaskan. Relasi atau Klien akan memutuskan hubungan ketika apa yang mereka butuhkan tidak terpenuhi dengan sempurna. 

2. Kenyataan Diluar Ekspektasi.
Sangat penting mewujudkan apa keinginan dari Relasi atau Klien ketika berbisnis, seorang pebisnis harus memperhatikan kualitas segala hal yang telah di janjikannya kepada Relasi atau Klien dengan sempurna. Kenyataan yang sangat jauh dari Ekspektasi Relasi atau Klien akan menyebabkan seorang pebisnis kehilangan Relasi atau Kliennya. 

3. Hit And Run.
Hit and Run adalah sebuah gaya berbisnis yang masih sangat banyak di anut oleh pebisnis instan. Mereka hanya mengambil keuntungan sesaat tanpa berpikir untuk jangka panjang. Biasanya pebisnis yang menjalankan cara berbisnis semacam ini hanya memberikan janji - janji palsu belaka sedang kenyataannya jauh dari yang di janjikan.

4. No Suport System.
Pebisnis yang sering kehilangan Relasi/Klien biasanya tidak sama sekali memiliki Suport System terhadap Relasi atau Klien yang mereka miliki sehingga ketika terjadi keluhan karena pelayanan, kualitas jasa atau Produk atau jaminan dan garansi dari beberapa Relasi atau Klien mereka tidak ada penanganan terpadu, ini sangat terlihat tidak profesional dan akibatnya akan terjadi pemutusan hubungan sepihak dari relasi atau klien tersebut.

5. No Konsisten Follow Up.
Sebuah bisnis dalam bidang pengadaan barang dan jasa harus memiliki sebuah divisi yang khusus menangani layanan Costumer Satisfaction. Kepuasan Relasi atau Klien harus di ketahui secara detil. Ini akan sangat berguna untuk sebuah evalusi dari kekurangan dan kelebihan dari produk yang di miliki. 

Untuk menghasilkan data yang Valid tentang kekurangan dan kelebihan dari produk yang di pasarkan harus ditangani dengan baik dan profesional. Kedekatan yang terus terjalin seperti ini menjadi kegiatan Follow Up yang sangat baik, langkah Follow Up memungkinkan Relasi atau Klien kembali melakukan pembelian dan pemesanan kebutuhan mereka.

Sebaliknya jika langkah ini tidak di lakukan maka kemungkinan kita kehilangan Relasi atau Klien sangat besar.

Demikianlah artikel singkat mengenai 5 Hal Penyebab kehilangan relasi atau klien dalam bisnis, semoga bermanfaat untuk kita semua.
Terima Kasih Dan Salam Sukses Selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment