4 July 2018

Cara Menghindari Komplain Konsumen Dalam Bisnis

Bisnis, Komplain, Konsumen

Cara menghindari komplain dari konsumen terhadap bisnis yang kita miliki memang tidak 100% dapat di lakukan, tetapi minimal sebagai pebisnis yang profesional kita harus mampu menekan angka Komplain dari konsumen agar terbentuk Konsumen Loyal dalam bisnis yang kita miliki.

Berikut adalah cara menekan jumlah Komplain dari konsumen terhadap Bisnis milik kita.

1. Pemilihan produk.
Salah satu dari sekian banyak kasus Komplain pada sebuah bisnis 50% dari Produk yang di pasarkan oleh Bisnis itu sendiri. Kejujuran kalian sebagai pebisnis sangat di andalkan untuk menghindari Komplain dari Produk yang di jual. Jika kalian memilih produk yang biasa, maka katakanlah bahwa produk tersebut adalah produk biasa dengan harga yang sesuai dengan kualitasnya, jika Produk tersebut memiliki kualitas menengah dan Premium maka Promosikanlah dengan masing-masing kategori yang sesuai dengan kualitasnya itu juga.


Intinya adalah Hindari kebohongan-kebohongan saat kalian menjual produk jika kalian ingin terhindar dari banyak Komplain.

kalian hanya boleh menjual Produk biasa (Produk dengan kualitas biasa) dengan harga tinggi untuk alasan-alasan tertentu yang sesuai.

Produk yang murah tetapi harus di jual mahal apabila :

  • Produk tersebut jumlahnya terbatas dan sulit untuk mendapatkannya (langka).
  • Produk Harus melalui jalur distribusi yang cukup panjang dengan birokrasi yang sulit.
  • Produk Hanya dapat di Produksi atau di pesan dalam jumlah sedikit.
  • Produk di buat dari bahan baku yang langka.
  • Produk di buat menghabiskan biaya produksi murah tetapi pajaknya tinggi.
Sebagai pemilik bisnis, kalian juga harus menghindari kegiatan over klaim saat melakukan promosi dari sebuah produk, maka promosikanlah produk yang di jual sesuai dengan keadaannya.

Intinya adalah untuk mengurangi jumlah komplain yang di sebabkan dari produk yang telah di beli oleh konsumen yaitu kalian sebagai pebisnis harus profesional dan jujur dalam kegiatan penjualan, karena ini juga adalah konsep dan cara berbisnis Long Term.

2. Pelayanan.
Tepat dan Cepat dalam melayani semua konsumen juga dapat menekan angka komplain yang cukup tinggi. Jika bisnis kalian banyak di minati dan terjadi peningkatan jumlah konsumen maka sudah selayaknya mutu pelayanan harus segera di sesuaikan, jika tidak maka keadaan ini akan memicu munculnya komplain dari konsumen karena pelayanan yang tidak lagi sesuai.

3. After Sales Service.
After Sales Service adalah bentuk layanan yang sangat membantu melahirkan konsumen loyal karena konsumen loyal otomatis bertambah banyak jika semua konsumen merasakan keunggulan bisnis kalian di bandingkan kompetitor.

Pada Departemen ini harus di kelola dengan baik dan harus di tempatkan orang-orang dengan kinerja yang memuaskan, mereka yang berada dalam layanan ini akan menjadi penentu hasil dari sebuah kepuasan konsumen ketika membutuhkan layanan After sales.

4. Miliki Karakter Pebisnis Perfectionist.
Dengan memiliki karakter Perfectionist dalam menjalankan bisnis di harapkan kalian akan menjadi orang yang sangat teliti dalam melayani konsumen di semua Departemen yang ada dalam bisnis kalian sendiri.

Karakter Perfectionist juga harus di Duplikasikan kepada semua staf yang kalian miliki, karena akan sia-sia jika karakter ini hanya dimiliki oleh kalian saja sebagai owner.

Duplikasi gaya berbisnis Perfectionist kepada semua staf harus dengan cara yang tepat dan dapat dimengerti apa maksud dan tujuannya, sehingga karakter Perfectionis akan menjadi karakter dari semua Staf kalian di setiap Departement dalam bisnis kalian.

0 komentar:

Post a comment