1 October 2018

Cara Memulai Bisnis Konveksi Dengan Modal Kecil

Bisnis, Bisnis Konveksi, Bisnis Modal Kecil

Bisnis Konveksi adalah bisnis yang sangat menjanjikan dan peluang meraih omset yang sangat besar sangat mungkin untuk di ciptakan. Bisnis konveksi saat ini peluangnya masih sangat besar hal ini dapat di buktikan dengan semakin banyaknya pabrik besar yang berdiri di beberapa daerah di Indonesia.

Peluang yang sangat besar tentu di sebabkan oleh pasar yang masih sangat luas dari bisnis ini. Peluang pasar dalam negeri dan luar negeri dari bisnis konveksi tentu di sebabkan oleh kebutuhan hampir semua orang yang terkait dengan bisnis ini yaitu pakaian.

Memulai bisnis konveksi tidak harus muluk-muluk, bisnis ini dapat di mulai dengan modal yang seadanya, karena bagian penting dari bisnis konveksi bukan pada modal awal yang harus besar. Dengan modal yang minim bisnis ini juga mungkin untuk segera di mulai yang penting langkah memulainya harus di iringi dengan tekad dan keyakinan yang besar.

Berikut adalah beberapa hal yang harus di persiapkan sebelaum memulai bisnis konveksi.

1. Tempat Dan Lokasi Bisnis Konveksi.
Bisnis, Bisnis Konveksi, Bisnis Modal Kecil

Tempat untuk memulai bisnis konveksi tidak harus seperti pabrik konveksi besar pada umumnya, tempat untuk memulai bisnis konveksi ini bisa di mulai di mana saja, tidak harus berada pada lokasi yang strategis yang penting lokasinya dapat di jangkau dengan mudah (lokasi dapat di jangkau kendaraan).

Lokasi untuk memulai bisnis konveksi bisa berupa lahan kososng yang di sewa tahunan dengan biaya yang murah, lalu dirikanlah bangunan semi permanen dan atur sedemikian rupa agar lahan tersebut menjadi setara pabrik konveksi. Langkah ini tentu akan menghemat biaya modal di awal yang penting bukan tempatnya yang harus modern tetapi kualitas hasil produksi yang harus menonjol.


Lokasi konveksi harus memiliki :

  • Ruangan Kantor Admin.
  • Ruang Display.
  • Ruang Produksi.
  • Ruang Quality Control
  • Ruang Gudang
Semua ruangan tersebut diatas dapat di buat pada lokasi yang telah di pilih dan ruangan-ruangan tersebut juga tidah harus besar dan modern, sesuaikan saja dengan modal yang ada.


2. Mesin Jahit dan mesin pendukung produksi lainnya.
Mesin jahit tentu harus ada dan lengkap ditambah lagi mesin-mesin lain yang sangat di perlukan dalam memulai bisnis konveksi seperti mesin obras dan mesin potong bahan, untuk mesin kita dapat memulainya dengan mesin-mesin second yang masih bagus dan bekerja dengan baik jika modal yang ada terbatas, tetapi jika modalnya cukup boleh menyiapkan mesin-mesin baru untuk memulai bisnis konveksi.

3. Tenaga Ahli (Penjahit).
Bisnis, Bisnis Konveksi, Bisnis Modal KecilHal paling penting yang menjadi jantung pergerakan bisnis konveksi adalah tenaga ahli penjahit, mereka harus di persiapkan jauh hari sebelum bisnis konveksi di mulai. Tenaga ahli menjahit atau penjahit sangat mudah di temukan dengan melakukan seleksi yang harus ketat, keutamaan yang memiliki pengalamanlah yang akan di pekerjakan dalam pabrik konveksi yang akan di buka.

Ada beberapa penilaian yang harus di perhatikan katika memilih tenaga penjahit yang akan di pekerjakan yaitu :

  • Memiliki Keahlian dan keterampilan menjahit.
  • Memiliki karakter dan sifat mau bekerja keras dan jujur.
  • Cekatan, Teliti dan rapih dalam bekerja.
4. Marketing dan Management.
Bagian penting yang juga harus di miliki untuk memulai bisnis konveksi adalah tenaga marketing dan management. Jika anda mampu mempekerjakan karyawan dalam divisi ini silahkan, tetapi jika belum, maka lakukanlah dan tanganilah semua pekerjaan ini secara langsung. Selain dapat menghemat biaya dan modal awal, menangani dua divisi ini sendiri juga akan memberikan sensasi tersendiri dalam berusaha, anda akan sangat menikmati proses awal ini dan anda akan lebih mudah mengatur bisnis konveksi milik anda sendiri untuk di bawa kearah mana sejak awal.

5. Kelengkapan Administrasi.
Kelengkapan administrasi seperti akte pendirian perusahaan konveksi (CV atau PT) dan semua kelengkapan penunjang lainnya juga harus di persiapkan di awal, tujuannya agar usaha konveksi yang di buat memiliki kelengkapan legalitas yang lengkap sehingga bisnis konveskai yang baru di mulai dapat masuk ke semua peluang yang ada baik peluang dari berbagai perusahaan besar atau tender-tender konveksi lainnya.

6. Kelengkapan Strategi Pengambangan Bisnis Konveksi.
Salah satu contoh menguasai strategi pengembangan bisnis konveksi bagaimana cara menguasai pasar dengan langkah promosi yang tepat dan masih banyak lagi strategi lainnya yang dapat di terapkan dalam memulai bisnis konveksi, misalnya saja selalu berusaha untuk mencari peluang melalui informasi update dari sumber mana saja.

Kepandaian membaca peluang pasti akan memicu omset yang besar, misalnya menjual dengan harga murah dan tetap berkualitas sehingga strategi ini akan menjadi iklan dari konsumen yang merasa puas dengan harga murah yang di berikan.

Mengambil keuntungan sedikit dari jumlah quantity, ini juga langkah strategi yang harus di miliki ketika memulai bisnis konveksi tujuannya agar bisnis konveksi yang baru di buka cepat di kenal luas.

Selanjutnya menguasai pemasaran lokal, luar kota dan global, langkah termudah untuk mencapai strategi ini adalah penguasaan internet marketing, kita dapat melakukan langkah ini sendiri agar menghemat biaya atau mempekerjakan karyawan khusus untuk menangani divisi ini.

Berikut adalah peluang omset dari bisnis konveksi.
  • Bekerja sama dalam hal produksi dari pabrik-abrik besar.
  • Mengikuti tender dengan memberikan harga lebih miring dan tetap berkualitas.
  • Memanfaatkan peluang dari setiap moment dan even (misalnya Pilkada, Asian Games Dan Pilpres).
Demikianlah cara memulai bisnis konveksi dengan modal kecil semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.
Terima Kasih dan salam sukses selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment