29 December 2018

Cara Mendidik Anak Di Jaman Now Untuk Sukses Masa Depannya

Anak, Orang Tua, Cara Mendidik Anak, Masa Depan Anak, Anak Sukses

Perkembangan jaman yang semakin maju telah banyak melahirkan pengusaha-pengusaha dan Entrepreneur muda yang sukses besar dalam bidangnya masing-masing. Penghasilan yang diperoleh oleh beberapa anak muda luar biasa dan hebat saat ini sudah tidak boleh lagi dianggap sebelah mata dan tak perlu diragukan lagi, gaya hidup dan penampilan mereka juga tak kalah hebohnya. Rumah mewah, mobil mewah, perhiasan, pakaian, aksesories pribadi hingga penghasilan yang sangat besar untuk ukuran anak muda dan bahkan semua itu mampu mengalahkan  apa yang di peroleh orang-orang dengan usia lebih tua dari mereka.

Kesuksesan yang di raih oleh para anak muda hebat ini tentu tidak di dapatkan dengan mudah, proses perjuangan dalam bekerjanya juga harus di acungkan jempol bahkan ada beberapa diantara mereka memiliki jiwa pebisnis yang mampu mengalahkan orang yang lebih tua dari mereka.

Di balik kesuksesan orang -orang muda yang sangat hebat ini tentu ada efek baik dan buruknya. Efek baiknya adalah orang muda yang sukses mampu menularkan jiwa Entrepreneurnya kepada anak-anak muda lainnya dan efek buruknya adalah gaya hidup yang glamor dari banyak orang muda yang telah meraih sukses besar ini sering di tuding sebagai penyebab terjadinya gerakan anak muda yang hidup dengan gaya yang sama seperti anak muda sukses tetapi tidak diiringi dengan duplikasi kerja kerasnya sehingga kegiatan positif untuk masa depan mereka tidak ada. 

Untuk mencegah terjadinya efek buruk yang lebih meluas peranan orang tua sangatlah penting, orang tua harus mampu menjadi penyeimbang agar polapikir anak-anaknya lebih benar. Mendidik anak-anak bukan dengan cara memasukkan mereka di sekolah terbaik saja tetapi perhatian dan komunikasi di rumah atau dalam keluarga harus juga terjalin dengan baik.

Orang tua harus mampu memposisikan diri kapan saatnya menjadi orang tua, kapan saatnya menjadi teman dan sahabat untuk anak-anaknya sendiri. Orang tua harus memberikan input yang baik lebih dominan kepada anak-anaknya dibandingkan informasi apapun yang dapat di peroleh oleh anak mereka oleh karena itu para orang tua juga harus lebih update dan lebih cerdas dari anak-anaknya sendiri.

Berikut adalah panduang yang tidak harus sama dalam menjadi penyeimbang untuk anak-anak di jaman Now.

1. Jangan mengekang dan jangan terlalu membebaskan anak.
Jangan terlalu mengekang anak tentu sangat baik, sebab terlalu di kekang akan timbul pemberontakan dari anak. Itu pasti. Jika belum silahkan saja di tunggu waktunya, pasti mereka yang di kekang akan melakukan itu. Terlalu mengekang anak juga memberi dampak buruk terhadap perkembangan mental mereka. Anak yang terlalu di kekang akan lebih banyak ketakutan untuk mengeluarkan pendapat dan keinginannya dan ini akan berbahaya. Kreatifitas anak akan muncul dan itu akan menjadi hal baik dan positif jika anak tidak terlalu di kekang tanpaalasan yang jelas.

2. Perhatikan semua kegiatan anak secara detil.
Memperhatikan semua kegiatan anak sepertinya sudah jarang lagi di lakukan oleh orang tua modern, alasannya banyak, ada yang beralasan karena sibuk, ada juga yang beralasan semakin besar anak maka anak harus di berikan privasi sehingga orang tua tak perlu lagi mengetahui semua kegiatan si anak secara detil. Apakah ini benar ?

Memperhatikan semua kegiatan anak yang di lakukan oleh orang tua sebetulnya mencegah terjadinya hal-hal yang tidak baik yang bisa di lakukan oleh anak-anak dan pada kegiatan inilah orang tua ikut memberikan masukan dan arahan agar kegiatan anak-anak yang selalu termonitor menjadi penentu masa depan anak-anak menjadi lebih baik. Misalkan saja : ketika anak mengidolakan seseorang yang sukses dari golongan seusia mereka maka orangtua dapat memberikan motivasi sederhana kepada anak mereka sambil menjabarkan beberapa pengetahuan dasar mengapa orang yang didolakan anaknya bisa menjadi orang sukses. Pananaman pemahaman sederhana itni tentu sangat penting dalam membuka wawasan anak untuk masa depan mereka dengan cara mencontoh idolanya dengan cara yang benar.

3. Berikan kepercayaan full tetapi tetap berikan aturan.
Memberikan kepercayaan kepada anak harus dengan aturan dan tidak 100% membebaskannya. Aturan-aturan dari orang tua harus disisipkan diantara kebebasan yang di berikan kepada anak-anak. Berikan mereka kepercayaan full tetapi tetap harus buat aturan khusus yang disepakati dan tidak akan dilanggar oleh anak. Aturan yang di buat oleh orang tua harus berupa proteksi melalui pemahan tentang akibat buruk ketika aturan yang di buat orang tua di langgar oleh anak.

4. Jalin komunikasi dan perhatian yang tulus.
Ini bagian paling penting, intensitas perhatian kepada anak harus Full setiap hari tanpa kecuali, lengah sedikit anak akan terjerumus dengan kesalahannya sendiri. Setiap hari lakukanlah komunikasi dua arah secara face to face dengan anak. Dengarkan semua kegiatannya dan perhatikan. Jika ada yang salah dari kegiatannya koreksi langsung dengan cara yang baik dan berikan alasan yang bijak agar anak mengerti.

Memperhatikan anak bukan sekedar menggugurkan kewajiban, sebab tindakan seperti ini akan merengnggangkan makna ikhlas dan tulus memperhatikan anak dengan segudang kegiatannya. Tulus dan ikhlas memperhatikan akan memicu jalinan kedekatan yang lebih erat antara anak dan orang tua. Jika ini terjadi maka anak akan mampu membentengi dirinya ketika mereka keluar dari rumah untuk menjalankan semua aktifitasnya.

Demikianlah cara mendidik anak di jaman modern sekarang ini yang sangat berdampak terhadap masa depan anak itu sendiri.
Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu, silahkan berkomentar pada kolom komentar di bawah jika pembaca setuju ataupun tidak dengan apa yang telah kami tulis dalam artikel singkat ini.

Terima Kasih
Depok Bisnis Info

0 komentar:

Post a comment