18 December 2018

Kapan saatnya yang paling tepat memiliki bisnis lebih dari satu


Memiliki bisnis lebih dari satu itu bagus banget. Logikanya semakin banyak bisnis yang di jalankan tentu pendapatannya juga akan lebih banyak. Memiliki bisnis lebih dari satu ada beberapa syarat yang harus di perhatikan diantaranya adalah :

  • Waktu yang tepat memulai bisnis baru
  • Kesiapan modal 
  • Etos Kerja yang lebih
  • Menghabiskan waktu yang efektif untuk pengembangan.
  • Siap Mental
Mari kita bahas satu persatu !

1. Waktu yang tepat.
Memulai bisnis baru adalah langkah yang sangat baik jika waktunya tepat. Mengapa harus tepat waktunya ?
Membuka bisnis baru tanpa persiapan hanya akan menambah resiko jika bisnis lama akan terbengkalai dan mengalami penurunan omset bahkan akan mengalami kebangkrutan, oleh karena itu sebelum memulai bisnis baru pastikan bisnis lama sudah terdupllikasi secara total dan dapat berjalan baik tanpa pengawasan 100%.

2. Kesiapan Modal.
Syarat berikutnya yang juga penting untuk memulai bisnis ke-2 adalah kesiapan modal. Efek buruk memulai bisnis ke-2 tanpa kesiapan modal khusus bisa menggangu perputaran uang bisnis sebelumnya, maka penting untuk mengatur keuangan dengan ketat jika modal membuka bisnis baru menggunakan uang berputar dari bisnis yang lama. Intinya adalah jangan samapai uang berputar di bisnis lama terganggu karena adanya bisnis baru.

Jika modal yang diperoleh untuk memulai bisnis ke-2 hasil meminjam, maka pengembalian uang tersebut juga harus berasal dari keuntungan bisnis sebelumnya.

3. Etos kerja yang lebih.
Memiliki bisnis lebih dari satu harus diiringi dengan kerja keras yang lebih besar karen jika tidak maka bisnis ke-2 tidak akan jalan dan mungkin bisnis lama juga akan mengalami penurunan omset dan bahkan bisa berakhir kebangkrutan. Ini masalah konsentrasi dan etos kerja sebenarnya.

Etos kerja lebih dalam pengawasan dan pengontrolan ketika memiliki bisnis lebih dari satu harus menjadi agenda paling penting, konsentrasinya sama seperti mengendarai mobil, kita harus mampu membuat mobil terus berjalan dengan baik sampai tujuan dengan cara mengemudikan mobil itu dengan benar, kapan saatnya berbelok, kapan saatnya mengoper gigi, kapan saatnya menginjak pedal gas atau rem dan kepiawaian lainnya.

Saya yakin dari ilustrasi mengemudi di atas semua teman-teman dapat memahaminya, seperti itulah gambaran memiliki bisnis lebih dari satu.

Etos kerja harus lebih baik, harus lebih fokus dan full konsentrasi ketika menjalani bisnis lebih dari satu.

4. Menghabiskan waktu yang efektif untuk mengembangkan.
Memiliki bisnis yang lebih dari satu saya ilustrasikan dengan memliki tanaman kesayangan yang juga lebih dari satu. Kita harus memperhatikan kedua tanaman tersebut dengan teliti, menyiramnya seimbang dan memupuk keduanya dengan baik.

Jika hanya satu tanaman saja yang di perhatikan maka bisa berakibat pohon yang lain mati, bisnis juga demikian jika memiliki bisnis yang lebih dari satu tidak berkeadilan dalam pengawasan dan pengembangannya maka ada kemungkinan kebangkrutan di salah satu bisni yang sedang di jalankan.

Memiliki bisnis lebih dari satu memiliki konsekwesi yaitu waktu harus di manfaatkan secara efektif dan tepat. Sebagai pemilik bisnis harus sadar bahwa waktu harus di manfaatkan sebenar-benarnya untuk mengelola bisnis yang lebih dari satu.

Kendala terbesar dari situasi ini adalah Sibuk, kelelahan dan jenuh, maka pandai-pandailah menghabiskan waktu untuk mengelola bisnis yang lebih dari satu dengan menyenagkan dan tidak terpaksa, ingat memiliki bisnis lebih dari satu memang melelahkan tapi jika semua bisnis berjalan dengan baik maka hasil yang di peroleh juga akan lebih besar.

Terimalah semua resiko dengan baik dan jangan mengeluh atas keputusan anda sendiri ketika mengalami situasi yang rumit dan melelahkan.

5. Siap mental.
Kesiapan mental juga menjadi syarat mutla untuk memiliki bisnis lebih dari satu. Pemilik bisnis lebih dari satu tentu akan lebih melelahkan, lebih beresiko, lebih sabat, lebih semangat dan lebih extra keraja keras lagi dari sebelumnya.

Rasa takut atau memiliki rasa khawatir yang berlebihan tentu akan berbahaya, siap mental dengan segala resiko harus di siapkan dengan baik dan cara yang termudah adalah yakin serta percaya pada kemampuan diri sendiri.

Kesiapan wawasan berbisnis atau ilmu pengembangan bisnis juga akan menunjang rasa percaya diri yang besar dengan ditambah kekuatan impian untuk menjadi orang yang lebih baik juga dapat meningkatkan kesiapan mental untuk menjalani bisnis yang lebih dari satu.

Demikianlah artikel singkat tentang kapan saat yang tepat memiliki bisnis lebih dari satu, semoga bermanfaat dan dapat menjadi tambahan ilmu buat kita semua, mohon maaf atas kekurangan dan sampai berjmpa di puncak kesuksesan.

Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment