10 March 2019

Bisnis Tanpa Modal Bukan Berarti Pelit Dan Nggak Modal

Bisnis, Bisnis Tanpa Modal

Banyak orang yang salah kaprah dengan memaknakan bisnis tanpa Modal. Banyak orang berasumsi bahwa mereka bisa sukses tanpa mengeluarkan uang sepeserpun untuk sukses. Pemikiran seperti ini tentu salah. Yang di maksud dengan bisnis tanpa Modal bukan berarti kita sebagai pengusaha tak harus mengeluarkan uang sepeserpun saat berusaha atau berbisnis.

Walau judulnya Bisnis tanpa Modal berarti tetap harus ada sedikit uang yang harus di investasikan dalam usaha atau bisnis yang di maksud diantaranya adalah pengeluaran-pengeluaran minimal yang memang harus di siapkan tetapi tidak harus memaksakan diri berapa besar jumlahnya.

Bisnis tanpa modal yang maksudnya benar adalah bisnis yang dapat di jalankan oleh semua orang dengan bermodal kemauan dengan sedikit biaya operasional, tetapi tetap harus ada sedikit modal untuk memulainya dengan jumlah modal yang relatif dan dapat menyesuaikan.

Mengapa banyak orang yang salah mengartikan makna dari Bisnis tanpa Modal. Jawabannya simpel, mereka yang beranggapan salah tentang bisnis tanpa modal adalah orang-orang yang memang pelit dan takut beresiko saat menjalankan bisnis, padahal orang yang mau sukses harus berani mengambil resiko dan semakin besar resiko yang diambil berdasarkan pertimbangan untuk mencapai hasil yang lebih besar dari resikonya sendiri.

Walaupun misalnya kita hanya seorang Reseller dari sebuah produk milik orang lain tetap saja kita harus melakukan upaya promosi dengan budget yang paling minimal agar kegiatan penjualan dapat berjalan dengan sukses dan semua model dari upaya pemasaran atau marketing pasti membutuhkan Biaya yang besarnya dapat dipilih sesuai kemampuan.

Contoh yang lain, seorang karyawan yang bekerja dengan gaji 4.000.000 perbulan memerlukan biaya operasional setiap hari untuk transport dan makan ketika bekerja, jadi penghaslan yang mereka dapatkan setiap bulan bukan penghasilan bersih sebenarnya gaji yang diterima tersebut, penghasilan yang mereka dapatkan harus di kurangi dengan biaya transport dan biaya makan selama 1 bulan dan sisanya adalah pengahsila bersih yang di dapat setiap bulan. Ini adalah kerja yang notabene bukan bisnis. Juga harus mengeluarkan modal minimal.

Sekarang yang di maksud dengan bisnis dan usaha tanpa modal itu sebenarnya adalah bisnis dan usaha yang dapat di lakukan oleh siapa saja tanpa harus mengeluarkan modal yang besar, mereka tetap bisa menjalankan bisnis dan usaha tersebut dengan modal yang sesuai dengan kemampuan pribadi dalam pengembangannya.

Salah mengartikan bisnis tanpa modal akan berakibat salah menerapkan gaya berbisnis, karena semua kegiatan bisnis dan usaha tanpa mengeluarkan sedikit uang pasti akan membuat kecewa dan tidak akan mengahsilkan apapun. Selain itu anggapan yang salah dala memaknakan bisnis tanpa modal juga dapat mengurung seorang pebisnis dalam lingkaran bisnis yang tidak akan pernah berubah adan monoton, ya tetap begitu-begitu saja tanpa perubahan yang signifikan.

Prinsipnya sederhananya adalah kita harus mengeluarkan uang kecil untuk menghasilkan uang yang besar, itulah makna dari bisnis tanpa modal yang lebih benar untuk di artikan.

Jika kita berani mengklaim bahwa bisnis kita adalah bisnis tanpa modal, jangan-jnagan kita adalah termasuk salah satu pebisnis yang sering mengabaikan pembukuan keuangan sederhana dalam bisnis kita sendiri. Kita sering menganggap pengeluaran uang yang sedikit tidak pernah di perhitungkan sebagai modal yang di keluarkan dan tidak pernah di buat pembukuannya, tentu itu akan berbahaya dan akan membiasakan kita menjadi pebisnis yang sering mengabaikan pengeluaran kecil dan remeh sebagai modal.

Tentu itu sangat tidak baik dan berbahaya.
Bagaimana menurut kalian ?
Silahkan komen di bawah teman-teman.
Terima kasih Dan Salam Sukses Selalu.

0 komentar:

Post a comment